08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Banyak yang mencoba keberuntungannya dibidang bisnis. Mereka beranggapan bahwa bidang tersebut dapat memberikan para pebisnis keuntungan yang besar. Tetapi hal yang sedikit mereka lewatkan adalah, untuk mencapainya dibutuhkan upaya ekstra dan konsisten. Hal ini membuat sedikit demi sedikit dari mereka mulai mundur sebelum membangun bisnis. Banyak alasan yang mereka sampaikan, mulai dari modal yang besar, perjuangan yang melelahkan, hasil yang belum pasti, dan lainnya.

Mengapa Menyerah?

Mengapa Anda menyerah sebelum berjuang? Padahal banyak pebisnis sukses juga memulai bisnisnya dengan kerja keras dan keterbatasan modal. Pasti di awalnya mereka juga akan menghadapi risiko ketika membangun bisnis. Ketika Anda sudah yakin ingin membangun bisnis, maka mulailah membuka pikiran Anda untuk memahami ilmu-ilmunya. Berikut adalah beberapa cara membangun bisnis yang dapat membantu Anda jika ingin memulainya dari nol.

#1. Apakah Anda Sudah Yakin?

Menjadi pebisnis sukses adalah impian banyak orang, namun hanya sedikit yang mampu hidup dan menjalani mimpi tersebut. Mereka beralasan bahwa membangun, merintis, dan mengelola bisnis tidak mudah. Banyak hal penting yang perlu dipersiapkan.

Cara membangun bisnis yang pertama tentu meyakinkan hati sebelum memutuskan pilihan bisnis yang ingin dijalankan. Apabila masih ragu, Anda akan mudah jatuh karena keadaan dan dapat berhenti di tengah jalan.

#2. Apa Model Bisnisnya?

Ketika Anda sudah yakin akan memulai bisnis, cara membangun bisnis selanjutnya adalah menentukan model bisnis yang akan Anda jalankan. Anda dapat belajar dan mulai mencari tren bisnis yang sedang berkembang.

#3. Dapatkah Anda Berpikir Luas?

Cara membangun bisnis yang juga cukup vital adalah memahami bagaimana Anda berpikir selama ini. Menjadi pebisnis menuntut Anda mampu berpikir luas dan kreatif. Contoh mudahnya adalah munculnya bisnis transportasi online. Hal tersebut muncul sebagai jawaban atas permasalahan masyarakat urban. Anda yang paling tahu, apakah Anda mampu berpikir kreatif dan menjadikan ide tersebut menghasilkan.

#4. Apakah Sudah Menyiapkan Visi, Misi, dan Value yang Akan Dianut?

Cara membangun bisnis selanjutnya adalah menyiapkan visi, misi, dan value sebagai dasar utama bisnis Anda. Mulailah membuat rencana bisnis yang memuat visi, mencerminkan misi, berdasarkan value, memiliki fleksibilitas serta inovasi bisnis di dalamnya.

#5. Apakah Memiliki Catatan dan Terorganisir?

Cara membangun bisnis kelima adalah membiasakan diri untuk lebih terorganisir. Ketika Anda mampu mengorganisir diri, Anda akan lebih mudah untuk mengorganisir elemen-elemen bisnis yang Anda bangun.

Anda dapat memulainya dengan berlatih membuat catatan tentang hal penting yang diperlukan dalam bisnis. Misalnya masukan dari orang sekitar, tren yang Anda pelajari, saran dari pebisnis lain, dan tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha. Dengan begitu, suatu ketika Anda dapat mewariskan perusahaan sekaligus mewariskan pengalaman.

#6. Apakah Anda Mampu Fokus?

Dalam membangun bisnis, Anda perlu mengkokohkan satu bisnis dulu sebelum membuat bisnis selanjutnya. Pastikan bahwa bisnis Anda sudah stabil, mulai dari segi modal, segi operasional, segi SDM, segi marketing, dan lainnya. Jadi kunci atau cara membangun bisnis yang baik adalah fokus dan menjalankannya sampai tuntas.

#7. Apakah Anda Siap Menghadapi Hal-Hal Besar Kedepannya?

Sudah dijelaskan diawal jika keyakinan dan keberanian diperlukan untuk terjun menjadi pebisnis. Apakah cukup iyu? Nyatanya Anda perlu kemampuan analisis dan kesiapan diri menghadapi hal-hal besar dimasa depan. Anda perlu memahami bahwa cara membangun bisnis tentu dengan menyadari bahwa semua hal besar yang terjadi adalah bagian dari proses belajar. Terbukalah terhadap masukan dan nasihat dari konsumen atau pebisnis lain. Kemudian lakukan evaluasi terhadap bisnis dan diri Anda.

#8. Apakah Anda Menyukai Hal yang Anda lakukan?

Setiap bisnis ada pasang dan surutnya. Ketika bisnis sedang berjalan lancar, jangan terlena dan cepat puas. Gunakan momentum tersebut untuk mengakselerasi bisnis. Dan ketika Anda menjalani bisnis sesuai dengan passion, meski banyak hal yang terjadi, Anda akan lebih rileks. Cara membangun bisnis yang baik yaitu ketika Anda tahu apa yang Anda sukai dan mampu mengembangkannya menjadi hal yang layak dipasaran.

#9. Apakah Anda Menguasainya?

Cara membangun bisnis berkaitan dengan hal yang Anda dikuasai. Namun ketika berbicara fokus bisnis, tentu membicarakan juga tentang keuntungan. Apakah hal yang Anda sukai dan kuasai memberikan keuntungan? Dari sini Anda dapat lebih memahami potensi diri, sehingga dapat diterapkan ke dalam fokus bisnis Anda.

#10. Apakah Anda Mengenali Target Pasar Anda?

Saat ini banyak yang memulai sebuah bisnis secara online, dan bahkan mendirikan perusahaan startup yang berbasis digital. Menjadi pebisnis sukses harus mampu menganalisis target pasar. Meski produk berkualitas, namun pasar kurang tepat, tentu Anda akan mengalami kesulitan dalam penjualan produk.

Itulah sepuluh dasar cara membangun bisnis dan menjadi pengusaha mulai dari nol. Meskipun tentu masih ada faktor eksternal lain seperti modal usaha dan lainnya. Ketika modal hasil patungan, Anda perlu mengatur semuanya secara jelas agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Hubungi nomor tim Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210 jika Anda ingin menyelenggarakan pelatihan untuk perusahaan Anda.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis