08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sahabat bisnis di manapun Anda berada, apakah Anda sudah menerapkan etika bisnis dan tanggung jawab sosial? Ini bukan tentang bisnis apa yang Anda jalankan dan seberapa besar skala bisnis Anda sampai hari ini. Barangkali Anda pun memiliki niatan untuk menjalankan misi sosial di dalam bisnis Anda, tapi sedikit terbentur dengan keadaan.

  • “Bagaimana mau berpikir tentang tanggung jawab sosial, urusan dengan diri sendiri saja belum beres?”
  • “Sepertinya saya sudah berusaha dengan maksimal, kok belum juga terwujud apa yang saya inginkan?”
  • Atau justru begini “Usaha saya mendapat omset besar, tapi kenapa ada yang terasa kurang dalam hidup saya ya?”
  • “Saya sudah mendapatkan hal-hal yang diimpikan banyak orang, namun saya belum tahu apa yang sebenarnya saya cari dalam hidup ini. Bagaimana solusinya ya?”

 

Di antara beberapa pertanyaan di atas, mana yang sempat terlintas di benak Anda? Apapun problem yang mengganjal di pikiran Anda saat ini, percaya atau tidak, solusinya sudah ada pada diri Anda sendiri. Luangkan waktu Anda untuk mengevaluasi segala aspek bisnis Anda. Siapa tahu kali ini menjadi titik balik dalam bisnis Anda. Jangan biarkan beban pikiran saat ini menghalangi kemajuan Anda.

 

Ingat kembali pada saat Anda memulai

Ingat-ingat kembali pada saat Anda memulai untuk berbisnis. Apa motivasi Anda? Apa yang menjadi cita-cita Anda? Siapa saja yang ingin Anda bantu dengan produk/jasa Anda? Ketika sudah clear dengan semua itu, ke mana Anda akan membawa langkah dan strategi bisnis Anda setelah ini?

Jika Anda merasa ada yang kurang dalam hidup Anda, jangan-jangan itu karena ada hak orang lain yang belum Anda berikan. Atau barangkali ada aspek operasional bisnis Anda yang mengganggu lingkungan. Idealnya, entrepreneur tidak hanya mementingkan diri sendiri, tapi juga memberikan kontribusi positif pada lingkungannya.

Seperti apa contoh langkah konkret yang bisa dilakukan untuk memastikan etika bisnis dan tanggung jawab sosial telah berjalan dengan baik dalam operasional bisnis Anda sehari-hari? Sebenarnya ada banyak sekali contohnya. Ini bisa terkait dengan model bisnis Anda, siapa tim Anda, dan ke mana Anda membelanjakan keuntungan usaha Anda.  

 

Coba cek beberapa hal berikut

Etika bisnis dan tanggung jawab sosial memang sudah banyak dikaji dan dianalisis secara formal di berbagai forum. Pada praktiknya, apa yang bisa dilakukan? Coba cek beberapa hal berikut;

  • Jika Anda memproduksi produk, apakah prosesnya tidak mencemari lingkungan?
  • Apakah Anda mengalokasikan anggaran untuk CSR?
  • Apakah bisnis Anda mampu memberdayakan orang-orang yang berkebutuhan khusus?

 

Adakah misi khusus yang ingin Anda laksanakan? (Misal memperkenalkan budaya batik lokal daerah Anda ke level internasional, memberi akses pendidikan ke anak-anak pedalaman, dsb)

Inilah momen Anda. jadikan ini sebagai titik balik dalam bisnis Anda. Jadikan bisnis Anda lebih bermakna bagi lebih banyak orang. Anda pun lebih bahagia dan lebih tenang karena banyak orang yang mendoakan.

 

Untuk tips-tips dan strategi bisnis yang efektif lainnya, kami siap memberikan layanan pendampingan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Hubungi marketing kami di nomor 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp