08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Tentu Anda sudah tahu tentang seberapa banyak upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan negara. Upaya-upaya yang dilakukan mulai dari meningkatkan pembangunan nasional, meningkatkan kualitas SDM, memberikan kesempatan perusahaan swasta berkembang, mendorong peningkatan industri kecil dan rumah tangga, hingga membuka kesempatan berinvestasi.

 

Bagaimana Jika Kita Wirausahawan?

Lalu jika Anda sebagai wirausahawan, bagaimana cara wirausaha agar mampu meningkatkan pendapatan negara? Sebelum masuk pada pembahasan, maka akan dibahas terlebih dahulu tentang apa kewirausahaan dan apa saja jenis kewirausahaan itu.

Kewirausahaan merupakan sebuah aktivitas yang ada kaitannya dengan SDM, SDA, modal, dan menghasilkan keuntungan. Kesuksesan seorang wirausahawan juga ditentukan oleh pengambilan risiko ketika berada di tengah dinamika pasar.

Seorang wirausahawan harus bisa menghasilkan produk atau jasa yang kompetitif dan dapat bersaing di pasaran. Hal ini tentu memerlukan dukungan pemerintah mulai dengan adanya pelatihan, pinjaman modal, kemudahan izin usaha, dan fasilitas penunjang lainnya.

Ketika terdapat dukungan dari pemerintah seperti yang sudah disebutkan, ditambah dengan kemampuan wirausahawan individu yang baik, maka akan memunculkan pengusaha-pengusaha yang sukses.

Seorang pengusaha memang dikenal sebagai inovator sekaligus pembawa ide-ide baru di pasar. Namun saat ini Anda seorang wirausahawan yang seperti apa? Yuk kenali jenisnya:

 

#1. Kewirausahaan Kecil dan Menengah

Anda sudah bisa dikatakan seorang pengusaha ketika memiliki toko kelontong, salon kecantikan, travel, konsultan, jasa pertukangan, dan lainnya. Pada bagian ini, Anda merupakan wirausahawan yang bergerak dari bisnis rumahan yang memanfaatkan sumber daya terdekat yang Anda miliki. Keuntungan yang didapatkan bisa untuk menghidupi keluarga dan terkadang modalnya juga bekerjasama dengan keluarga.

 

#2. Kewirausahaan Startup

Para start-up memulai bisnis dengan visi untuk mengubah dunia dengan inovasinya. Start-up banyak menarik minat investor dan membuat para investor start-up karena merasa pemikirannya menjanjikan dan out of the box. Kebanyakan start-up memerlukan modal yang besar sehingga membutuhkan modal ventura.

 

#3. Kewirausahaan Skala Perusahaan

Siklus perusahaan yang berskala besar lebih ketat lagi, mereka menciptakan inovasi produk demi loyalitas customer. Kompetisi tersebut menggunakan teknologi sebagai tolak ukur dalam memenangkan persaingan. Ketika mereka menghasilkan produk yang inovatif dan dipasarkan lebih luas, maka akan menarik banyak pengguna baru.

 

#4. Kewirausahaan Layanan Sosial

Jenis pada kewirausahaan ini berfokus pada pelayanan sosial guna menyejahterakan kebutuhan masyarakat. Mereka berfokus pada peningkatan sisi kemanusiaan dan memberdayakan masyarakat. Misalnya rumah amal, pusat karantina hewan, dan lain sebagainya.

Lalu apakah mereka yang bergerak dibidang kewirausahaan tersebut mampu meningkatkan pendapatan negara? Jawabannya sudah pasti bisa. Mereka yang didukung oleh pemberdayaan yang dilakukan pemerintah usahanya akan berkembang.

Ketika usaha mereka berkembang karena pelatihan, pinjaman modal, dan dukungan sistem dari pemerintah seperti fasilitas ekspor-impor, maka pajak yang mereka bayarkan kepada negara juga akan meningkat. Namun jangan lengah begitu saja, sebagai pengusaha Anda perlu tetap menabung hasil keuntungan usaha Anda dan selalu mencatat setiap pemasukan usaha.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis