08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Sebelum membahas Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons), kita bahas terlebih dahulu peringatan hari lansia di Indonesia. Tahukah Anda jika 29 Mei 1996 ditetapkan sebagai Hari Lanjut Usia Nasional oleh presiden RI Soeharto? Tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Lansia Nasional untuk menghormati Dr. KRT Radjiman Wediodiningrat. Sebab beliau dapat memimpin sidang pertama BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) ketika di usia lanjut. Hari Lanjut Usia Nasional yang ditetapkan di Indonesia pada 29 Mei juga sebagai tindak lanjut sidang umum PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) yang menetapkan Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons) pada 1 Oktober.

 

Sejarah Lahirnya Hari Lanjut Usia Internasional

Adanya hari peringatan untuk mereka yang berusia lanjut didasari karena adanya Vienna International Plat of Action on Aging. Keputusan tersebut ditetapkan pada tahun 1982 di Wina (resolusi no. 37/1982). Selanjutnya Sidang Umum PBB pada 14 desember 1990 berdasarkan resolusi no. 45/106, menetapkan tanggal 1 Oktober menjadi Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons). Adanya keputusan tersebut akhirnya menelorkan kesepakatan yang turut mengundang semua negara yang belum menetapkan dan melaksanakan hari lansia.

 

Pelayanan Untuk Para Lanjut Usia

Setiap negara perlu memiliki peraturan dan undang-undang untuk memfasilitasi para lansia. Tahun ini, Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons) masih diperingati dalam keadaan pandemi.

Adanya pandemi bukan sekedar menjadi resiko kematian dan penyakit, namun sudah menyentuh kesejahteraan para lansia. Untuk memperingati Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons), hendaknya dilakukan pelatihan dan training yang sesuai. Pelatihan atau training dapat diadakan secara individu, oleh lembaga, maupun komunitas. Tujuannya agar di Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons) para lanjut usia tetap berdikari dan mandiri. Lalu apa saja pelatihan atau training yang sesuai untuk para lanjut usia di hari Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons)?

 

#1. Training Pemahaman Asupan Gizi

Training ini dapat diikuti orang lanjut usia atau keluarga. Mengapa orang disekitarnya juga perlu mengikuti? Sebab semua orang perlu memperhatikan kesehatan orang lanjut usia. Contoh mudahnya, terkadang mereka tidak minum karena merasa tidak haus. Padahal asupan cairan diperlukan untuk tubuh mereka. Orang disekitarnya dapat menjadi alarm dan pengingat bagi para lanjut usia. Di Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons), Anda dapat mengajak ahli gizi atau dokter untuk menambah ilmu tentang cara merawat para lanjut usia.

 

#2. Training Tentang Aktivitas Fisik

Training ini juga dapat diikuti orang lanjut usia atau keluarga. Meski adanya pandemi membuat aktivitas di luar rumah menjadi terbatas, tetapi bukan alasan untuk tetap melakukan aktivitas fisik rutin di rumah. Lansia akan merasa senang jika orang di sekitarnya juga antusias menemaninya beraktivitas.

Di Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons), Anda dapat mengundang trainer yoga, gym, atau lainnya untuk latihan jasmani secara virtual.

 

#3. Training Tentang Pengembangan Diri

Selain membutuhkan istirahat yang berkualitas, persediaan obat-serta vitamin yang cukup, interaksi sosial, dan perhatian dari keluarga. Para lanjut usia juga membutuhkan semangat dan motivasi karena merasa usianya bertambah dan kebutuhan religinya juga turut bertambah. Anda dapat mengundang coach, ustadz, atau trainer untuk memberikan pengembangan diri. Harapannya para lanjut usia tetap memiliki rasa optimis dan semangat untuk tetap sehat, seiring dengan bertambahnya kebutuhan religius mereka.

Di peringatan Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons) ini, mari kita bersama-sama memuliakan para lanjut usia. Mungkin dia adalah orang tua Anda, kakek-nenek Anda, saudara Anda, tetangga Anda, dan lainnya. Mereka memiliki hak untuk tetap sehat, hidup dengan nyaman, dan optimis. Adanya kita saat ini tentu ada andil besar dari mereka.  Perkuat hubungan Anda, lindungi, dan hargai para lansia.

Training Terbaik Untuk Lansia di International Day of Older Persons

Selamat memperingati

Hari Lanjut Usia Internasional (International Day of Older Persons),

Terkadang kita sibuk menjadi dewasa, hingga lupa bahwa orang yang Anda sayangi menjadi tua.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis