08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Innovation distinguishes between a leader and a follower.” Inovasi adalah pembeda antara seorang pemimpin dan pengikut, demikianlah salah satu kata-kata yang termasyhur dari Steve Jobs. Istilah inovasi sendiri berasal dari bahasa Latin ‘in’ dan ‘novare’ yang artinya ‘untuk membuat baru’

Apa arti inovasi bagi Anda? Bagi seorang businessman, manajer, desainer, administrator, siswa, pengajar, atau peran-peran lain, inovasi memiliki definisi masing-masing dan mereka punya contoh favorit tentang inovasi.

Ya, setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang arti inovasi, walaupun tentu saja ada ‘titik temu’. Inovasi adalah terkait dengan cara baru, kolaborasi, efisiensi, dampak sosial, implementasi, dan berbagai kemajuan positif. Tapi, Anda tidak perlu membuat sesuatu yang 100% baru untuk menjadi inovatif.

Kali ini kita akan memfokuskan pentingnya inovasi dalam kinerja tim. Jika Anda seorang business owner, manager, atau posisi pemimpin lainnya, pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar tim bisa lebih inovatif?

 

Target yang spesifik

Mengapa target spesifik itu penting? Contohnya adalah seperti ini. Orang-orang yang bermain catur setiap hari di pos ronda di desa-desa. Apakah mereka akan menjadi seorang pemain catur dengan skill luar biasa, walau telah melakukannya selama bertahun-tahun? Tidak, karena permainan mereka tidak disertai target yang spesifik. Anda bisa mengambil contoh yang lain, atau bahkan melakukan eksperimen sendiri, ketika Anda punya target spesifik bersama tim kerja, untuk melakukan suatu project. Sebulan kemudian, cek hasil kerja tim Anda. Apakah ada peningkatan performa dalam tim Anda?  

 

Keberanian mengambil risiko

Risiko selalu ada dalam banyak aspek. Bisa saja menghindari risiko untuk satu hal di hari ini karena ingin bermain aman dan tidak merugikan orang lain. “Mengapa harus susah-susah?” sebagian orang mungkin akan berpikir begitu. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan bertemu dengan risiko baru, di lain hari. Untuk menjadi inovatif, setelah memiliki target yang spesifik, beranikan diri untuk mengambil risiko.

 

Reward & Punishment

Menurut Anda, tim mana yang akan lebih berhasil: yang diberi ‘motivasi’ dan target sangat besar sekaligus ancaman hukuman (punishment) kalau gagal, atau yang diberi kebebasan sekaligus apresiasi dan reward dalam kinerjanya?

Tidak sedikit budaya organisasi yang mana hukuman untuk kegagalan lebih besar daripada hadiah untuk keberhasilan. Tapi kita bisa melihat contoh lain pada tim olahraga. Pada umumnya tim yang membawa beban, akan bermain tegang, tidak kreatif, dan tidak total. Berbeda dengan tim yang bertanding tanpa beban mental.

Khususnya tentang apresiasi, di sini kita pun bisa menerapkan prinsip yang adil di lingkungan kerja: siapa yang diberi apresiasi positif dan karena apa ia mendapatkannya. Dengan begitu, individu dalam tim akan lebih inovatif dalam menjalankan perannya.

 

Layanan Operation, Innovation and Strategic

Di era yang semakin dinamis ini, para pemimpin perusahaan sering menemui masalah dalam membuat keputusan strategis yang berdampak signifikan. Sementara itu, pemimipin perusahaan pun perlu berinovasi sesuai dengan standar operasi yang diperlukan.

Kami, pelatihan bisnis Akeyodia memberikan layanan operation, innovation and strategic untuk berkolaborasi dengan klien, mendukung pelaksanaan visi strategis untuk mencapai nilai-nilai yang siap diimplementasikan.

 

Hubungi marketing kami di nomor 08112652244 untuk info lebih lanjut.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp