08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Negosiasi merupakan proses dimana dua atau tiga pihak dengan kebutuhan yang berbeda mendiskusikan suatu masalah untuk menemukan solusi bersama. Dalam bisnis, negosiasi dapat menunjang keberhasilan bisnis. Karena melalui negosiasi, pebisnis membangun hubungan yang lebih baik dan menawarkan solusi jangka panjang yang memuaskan semua pihak. Para pebisnis dituntut untuk memiliki teknik negosiasi yang baik guna menghadapi interaksi informal dan transaksi formal. Lalu apa sajakah Teknik Negosiasi Bisnis yang perlu dikuasai?

 

#1. Perumusan Tujuan

Teknik Negosiasi Bisnis yang pertama adalah mempersiapkan perumusan tujuan negosiasi. Tujuan negosiasi dapat diketahui melalui analisa situasi dan memahami apa yang dibutuhkan melalui negosiasi. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan konsesi yang akan diminta dari pihak lain dan mengetahui apa yang akan dilakukan jika kesepakatan tidak tercapai.

 

#2. Membangun Hubungan

Teknik Negosiasi Bisnis selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah menjaga integritas personal dan membangun hubungan yang solid. Pada negosiasi bisnis, hal yang perlu diperhatikan adalah mengenal pihak lain dan membantu mereka untuk merasa nyaman. Membangun hubungan diperlukan guna memahami alasan mengapa mereka sangat penting dalam bisnis.

 

#3. Memiliki Kesabaran

Memiliki sikap sabar masuk dalam Teknik Negosiasi Bisnis. Mengapa? Karena proses negosiasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai win-win solution. Bahkan untuk proses negosiasi bisnis internasional, waktu yang dibutuhkan sangatlah panjang dan melelahkan.

 

#4. Mampu Mengkomunikaskan Ide

Negosiator harus menguasai Teknik Negosiasi Bisnis terkait mampu menyampaikan ide dengan sopan, singkat, padat, dan dapat memberikan penjelasan yang lengkap

 

#5. Mampu Menempatkan Diri

Sebagai negosiator, Anda perlu memiliki Teknik Negosiasi Bisnis yang berhubungan dengan empati. Anda perlu untuk berempati dengan sudut pandang pihak lain tanpa harus mengorbankan posisi negosiator. Sebagai negosiator, Anda perlu bersikap terbuka dan berusaha memahami permasalahan dari sudut pandang pihak lain.

 

#6. Mampu Menjelaskan Posisi

Teknik Negosiasi Bisnis selanjutnya adalah, sebagai negosiator Anda harus bisa menjelaskan posisinya atau sudut pandang secara jelas dan komprehensif.

 

#7. Mampu Mendengarkan Secara Aktif

Dalam Teknik Negosiasi Bisnis, cara mencapai komunikasi yang baik adalah dengan banyak mendengar secara aktif. Seorang negosiator perlu belajar untuk mendengarkan tidak hanya dengan telinga melainkan juga dengan mata. Sebab akan ada banyak pesan melalui komunikasi nonverbal dibandingkan dengan komunikasi verbal.

 

#8. Memiliki Kemampuan Bertanya

Teknik Negosiasi Bisnis selanjutnya adalah memiliki kemampuan yang baik dalam bertanya. Negosiator perlu memberikan banyak pertanyaan kepada pihak lain. Negosiator perlu banyak bertanya atau memberikan pertanyaan secara terbuka guna memperoleh informasi yang terukur.

 

#9. Menyiapkan Alternatif Terbaik

Dalam Teknik Negosiasi Bisnis, perlu Anda jeli dalam menyiapkan alternatif terbaik. Sebab adakalanya semua pihak tidak mendapatkan apa yang diinginkan. Karena itu, negosiator perlu menyiapkan alternatif terbaik jika keinginan dan tujuannya tidak tercapai. Selain menyiapkan alternatif terbaik, negosiator juga harus memikirkan jika negosiasi yang dilakukan mengalami kegagalan.

 

#10. Menyesuaikan Strategi Pihak Lain

Anda perlu menyesuaikan strategi pihak lain dalam Teknik Negosiasi Bisnis. Hambatan bagi tercapainya negosiasi adalah kurangnya rasa percaya, adanya perbedaan budaya, dan perbedaan kekuatan selama proses negosiasi. Dalam komunikasi bisnis, penting bagi kedua belah pihak untuk tidak membuat asumsi tentang sesuatu guna menghindari stereotipe.

Tipe negosiator dalam Teknik Negosiasi Bisnis adalah tipe asertif. Negosiator bertipe asertif umumnya menggunakan gaya komunikasi asertif selama proses negosiasi. Yang dimaksud dengan gaya komunikasi asertif adalah gaya komunikasi yang ditandai dengan kemampuan mendengarkan dan melihat sudut pandang orang lain dengan penuh rasa hormat serta menjunjung etika komunikasi bisnis. Itulah sepuluh Teknik Negosiasi Bisnis, semoga bermanfaat.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Silakan hubungi kami untuk Anda yang memiliki komunitas dan ingin menyelenggarakan webinar free dengan Akeyodia.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp