08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Apa maksud dari tanggung jawab sebagai seorang pemilik bisnis? Ketika Anda membuka bisnis, tentu tujuannya adalah mendapatkan suatu keuntungan berupa keuntungan finansial. Namun dibalik itu, dalam melaksanakan bisnis tentu tidak terlepas dari tanggung jawab yang luas. Tanggung jawab itu meliputi tanggungjawab kepada pelanggan, investor, karyawannya, dan tanggung jawab sosial kepada lingkungan.

Dalam usaha Anda mengembangkan bisnis, memang terikat oleh suatu tanggung jawab yang tidak sedikit. Apakah Anda sudah memahami tanggung jawab sebagai seorang pemilik bisnis? Jika belum, simak penjelasan berikut:

 

#1. Tanggung Jawab Anda pada Konsumen

Tanggung jawab Anda sebagai seorang pemilik bisnis yang pertama adalah kepada konsumen. Hubungan Anda dengan konsumen sangat erat dan saling bergantung satu sama lain. Ketika konsumen memberikan sejumlah uang saat transaksi, maka Anda wajib memberikan konsumen produk yang aman, berkualitas, dan sesuai spesifikasi.

Dari sini, konsumen memiliki hak untuk mendapatkan informasi sejelas mungkin mengenai produk yang dia terima. Informasi tersebut dapat Anda sampaikan saat beriklan, saat pameran, atau ditampilkan pada web Anda.

 

#2. Tanggung Jawab Anda pada Karyawan

Tanggung jawab Anda sebagai seorang pemilik bisnis yang kedua adalah kepada karyawan. Bagaimana hubungan tanggung jawab pemilik bisnis kepada para karyawan dalam timnya? Tentu saja tanggung jawab tersebut terkait jaminan kesejahteraan karyawan. Karyawan berhak atas gaji dari pekerjaan yang telah mereka lakukan. Pemilik bisnis juga bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan peningkatan kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia).

Setelah purna tugas, pemilik bisnis hendaknya memikirkan juga tentang jaminan hari tua mereka dengan sistem persiapan masa pensiun.

 

#3. Tanggung Jawab Anda pada Investor

Tanggung jawab Anda sebagai seorang pemilik bisnis yang ketiga adalah kepada investor. Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda memiliki tanggung jawab besar kepada para investornya. Tanggung jawab tersebut terkait sejumlah modal usaha yang dipercayakan dan ditanamkan kepada Anda. Anda wajib membuat laporan keuangan dan menyampaikannya secara rutin. Laporan keuangan yang Anda buat harus sesuai kondisi, jujur, dan transparan.

 

#4. Tanggung Jawab Anda Pada Lingkungan

Tanggung jawab Anda sebagai seorang pemilik bisnis yang keempat adalah kepada lingkungan. Dalam melakukan bisnis, sedikit atau banyak pasti akan menimbulkan dampak pada lingkungan masyarakat maupun ekosistem di sekitarnya. Sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki tanggung jawab untuk meminimalisir dampak negatif yang terjadi, atau bahkan memberikan kompensasi atas dampak negatif yang timbul.

Contoh sederhana jika Anda pemilik perusahaan adalah perekrutan karyawan atau pekerja yang berasal dari lingkungan sekitar sesuai kompetensi. Anda juga dapat membantu peningkatan sarana serta prasarana di sekitar perusahaan Anda. Misalnya membangun jalan, membantu memasang penerangan jalan, dll.

Lebih jauh lagi, perusaaan Anda dapat memasang alat penghisap asap zat-zat beracun guna meminimalkan polusi udara atau membuat tempat penampungan limbah.

Sebagai pemilik bisnis, baik skala besar maupun skala kecil, Anda perlu memperhatikan serta memenuhi segala tanggung jawab penuh kesadaran. Jadi tidak hanya meraup keuntungan, tetapi juga memberikan manfaat bagi sekitar dan orang lain. Tanggung jawab Anda sebagai seorang pemilik bisnis tentu juga didasari karena keinginan Anda menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, dan kesadaran Anda sebagai makhluk Tuhan.

Anda dapat menghubungi nomor 08112652244 / 08112652210, jika Anda tertarik mengadakan in house training serta seminar bersama Akeyodia.

Simak juga pembelajaran: MUDA BAHAGIA, TUA HARUS APA? – VLOG 36




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis