08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Ingin mendaftarkan usaha Anda sebagai UMKM? Simak panduan lengkap syarat daftar UMKM online terbaru. Pelajari dokumen dan langkah mudahnya di sini!

Selamat! Anda telah memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan menjadi seorang pengusaha. Ini adalah langkah berani yang patut diacungi jempol. Namun, perjalanan wirausaha tidak selalu mudah. Ada banyak hal yang perlu diurus, salah satunya adalah legalitas usaha.

Bagi Anda pemilik bisnis berskala mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pemerintah Indonesia telah menyediakan kemudahan pendaftaran secara online. Ini tentunya menghemat waktu dan tenaga Anda. Namun, sebelum mendaftar, pastikan Anda memahami syarat daftar UMKM online dan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

UMKM: Definisi dan Kategorinya

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai syarat daftar UMKM online, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu mengenai definisi dan kategori UMKM. Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UMKM adalah usaha yang dijalankan oleh perorangan maupun badan usaha dengan modal usaha dan aset tertentu.

Kategori UMKM sendiri dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan modal usaha dan kekayaan bersih. Kategorinya adalah:

  • Usaha Mikro: Memiliki modal usaha paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, dan memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta.
  • Usaha Kecil: Memiliki modal usaha lebih dari Rp50 juta sampai dengan paling banyak Rp500 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, dan memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp300 juta sampai dengan paling banyak Rp2,5 miliar.
  • Usaha Menengah: Memiliki modal usaha lebih dari Rp500 juta sampai dengan paling banyak Rp10 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, dan memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp2,5 miliar sampai dengan paling banyak Rp50 miliar.

 

Keuntungan Mendaftarkan UMKM secara Online

Mendaftarkan UMKM Anda secara online memiliki banyak keuntungan. Selain menghemat waktu dan tenaga, proses pendaftaran online juga menawarkan beberapa kelebihan, seperti:

  • Lebih cepat dan mudah: Pendaftaran online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama Anda memiliki perangkat elektronik dengan koneksi internet.
  • Transparan: Sistem online memungkinkan Anda untuk memantau status pendaftaran secara langsung.
  • Efisien: Tidak perlu bolak-balik ke kantor pemerintahan untuk mengurus dokumen.
  • Minim risiko kehilangan dokumen: Semua dokumen disimpan secara digital sehingga meminimalisir risiko kehilangan.

 

Syarat Daftar UMKM Online: Yang Harus Anda Persiapkan

Setelah memahami definisi UMKM dan keuntungan pendaftaran online, kini saatnya kita bahas mengenai syarat daftar UMKM online. Persyaratan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, namun secara umum, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:

  • Warga Negara Indonesia (WNI): Bukti kepemilikan ini dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Memiliki usaha mikro: Pastikan usaha Anda sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah terkait modal usaha dan hasil penjualan tahunan.
  • Tidak sedang menjadi pegawai BUMN/BUMD, PNS, dan TNI/POLRI: Syarat ini khusus untuk kepemilikan usaha perorangan.
  • Alamat email dan nomor telepon aktif: Kedua data ini diperlukan untuk proses verifikasi dan nantinya akan menjadi sarana komunikasi resmi.
  • Nomor Induk Berusaha (NIB) (optional): Meskipun tidak wajib, kepemilikan NIB akan memudahkan Anda dalam proses pendaftaran perizinan berusaha lainnya. NIB bisa diperoleh secara online melalui laman OSS https://ui-login.oss.go.id/.
  • Scan KTP dan Kartu Keluarga (KK): Kedua dokumen ini diperlukan untuk melengkapi data diri Anda.
  • Scan foto usaha: Siapkan foto usaha yang relevan untuk memberikan gambaran mengenai bisnis Anda.
  • Surat Keterangan Usaha (optional): Dokumen ini diperlukan jika KTP Anda berbeda dengan domisili usaha.

 

Panduan Langkah- demi-Langkah Daftar UMKM Online

Setelah melengkapi semua syarat daftar UMKM online, Anda bisa langsung menuju laman pendaftaran online. Pendaftaran saat ini dilakukan melalui Online Single Submission (OSS). Berikut adalah langkah-demi langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Akses laman OSS https://ui-login.oss.go.id/.
  2. Klik tombol “Daftar”.
  3. Pilih jenis usaha Anda, apakah “Perorangan” atau “Non Perorangan”.”
  4. Isi data diri Anda dengan lengkap dan benar.
  5. Pilih skala usaha “Mikro”.
  6. Pilih bidang usaha yang sesuai dengan bisnis Anda.
  1. Unggah scan KTP dan KK Anda.
  2. Unggah scan foto usaha Anda.
  3. Jika memiliki Surat Keterangan Usaha, unggah scan dokumen tersebut.
  4. Baca dan setujui pernyataan yang tercantum.
  5. Klik tombol “Kirim”.
  6. Tunggu proses verifikasi oleh sistem OSS.
  7. Jika verifikasi berhasil, Anda akan menerima NIB melalui email dan SMS.

Tips Sukses Mendaftar UMKM Online

Berikut adalah beberapa tips agar proses pendaftaran UMKM online Anda berjalan lancar:

  • Siapkan semua dokumen yang diperlukan sebelum memulai proses pendaftaran.
  • Pastikan data diri Anda yang dimasukkan lengkap dan benar.
  • Pilih bidang usaha yang sesuai dengan bisnis Anda.
  • Unggah foto dan dokumen yang jelas dan mudah dibaca.
  • Jika mengalami kendala, jangan ragu untuk menghubungi layanan bantuan OSS.

Mendaftarkan UMKM online adalah langkah penting untuk mendapatkan legalitas usaha dan membuka akses terhadap berbagai manfaat yang ditawarkan pemerintah. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mendaftarkan UMKM Anda dengan mudah dan cepat. Ingatlah untuk selalu mengecek informasi terbaru mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran UMKM online di laman resmi OSS.

FAQ

Q: Apakah pendaftaran UMKM online gratis?

A: Ya, pendaftaran UMKM online tidak dipungut biaya.

Q: Berapa lama proses verifikasi NIB?

A: Proses verifikasi NIB biasanya memakan waktu 1-3 hari kerja.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika NIB saya ditolak?

A: Jika NIB Anda ditolak, Anda akan menerima notifikasi yang berisi alasan penolakan. Anda dapat merevisi data Anda dan mengajukan kembali pendaftaran.

Tingkatkan Kapasitas UMKM Anda dengan Pelatihan Komprehensif bersama Akeyodia

Sebagai pengusaha UMKM, Anda tentu ingin membawa bisnis Anda ke level selanjutnya. Di era digital ini, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan.

Akeyodia hadir untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut dengan menawarkan jasa pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaanmu. Kami memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi para pemilik UMKM, dan kami berkomitmen untuk memberikan pelatihan yang tepat dan praktis untuk membantu Anda berkembang. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis untuk mendapatkan manfaatnya.


pelatihan pikiran bawah sadar

Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?




WhatsApp