08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Keterampilan Bisa Menjadi Ide Peluang Usaha

 

Usaha berdasarkan keterampilan atau keahlian merupakan usaha yang dibuat berdasarkan kemampuan yang Anda miliki. Misalnya kemampuan memainkan alat musik, kemampuan menjahit, kemampuan berbahasa asing, melukis dan lain sebagainya. Dengan keterampilan atau keahlian khusus yang Anda miliki tersebut, Anda dapat membuka usaha yang menguntungkan.

Banyak hal yang dapat dilakukan jika Anda memiliki keterampilan atau keahlian yang baik. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga nyaris tidak ada, yang penting Anda memiliki kemampuan yang mumpuni dan dapat mengajar dengan baik, maka Anda dapat langsung membuka usaha jenis ini.

Memiliki usaha bukanlah sekedar memiliki pekerjaan lain melainkan betul-betul sebuah gaya hidup yang berbeda. Sebagai pemilik usaha pemula, Anda akan memiliki sedikit waktu untuk diri sendiri. Jika Anda mau berkorban, maka Anda bisa melihat beberapa keuntungan dan kerugian dari memiliki usaha dengan mengandalkan keterampilan sendiri.

 

Modal dalam Mengembangkan Usaha

Seluruh usaha yang dibangun membutuhkan modal, bisa berupa uang, sumber daya manusia, tenaga, waktu dll. Uang dapat Anda gunakan untuk membeli barang yang akan diperjualbelikan dan untuk biaya operasional sehari-hari. Jika Anda merasa tidak memiliki salah satu dari dua hal tersebut, maka jalan keluar dari situasi tersebut adalah dengan cara mencari partner atau rekan usaha.

Anda dapat mencari rekan usaha yang memiliki keterampilan atau keahlian. Sebaliknya juga jika Anda hanya memiliki keterampilan atau keahlian tetapi tidak memiliki modal, maka Anda dapat mengajak orang lain (keluarga, saudara atau teman) untuk bergabung dengan Anda di dalam usaha tersebut. Usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih secara bersama disebut sebagai perusahaan kemitraan (partnership), yang di Indonesia biasa disebut sebagai Firma atau CV. Jika Anda ingin memulai bisnis selain dengan partnership, maka ada juga Business Opportunity (BO) yang dapat Anda pilih.

 

Apa yang dimaksud Business Opportunity?

Business Opportunity (BO) atau Peluang Usaha merupakan usaha yang biasanya menjual produk dan jasa ke customer, namun usaha tersebut memberikan peluang bagi orang lain untuk mengembangkannya. Pemilik merek BO biasanya hanya menyiapkan prosuk atau jasa yang dapat Anda jual. Namun biasanya tidak membantu Anda dalam hal pemasaran.

Sehingga Anda harus mandiri dalam operasionalnya. BO sangat baik untuk Anda yang ingin mulai belajar memiliki usaha sendiri, namun memiliki keterbatasan ide dan pengalaman usaha. Minimal Anda dapat mulai belajar tentang cara menjual sebuah produk, ide produk atau jasa yang dijual serta menerapkan strategi pemasaran.

Apapun yang Anda lakukan di dunia ini pasti ada resikonya. Begitupun di dalam dunia usaha dan bisnis. Faktor resiko dalam dunia usaha tidak dapat dihilangkan, tetapi dapat diperkecil kemungkinan terjadinya. Misalnya, apabila barang atau jasa yang Anda jual ternyata kurang begitu laku, maka Anda harus lebih giat dalam melakukan usaha pemasaran barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Anda ingin melaksanakan pelatihan untuk memulai usaha? Langsung saja diskusikan dengan Akeyodia di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210.

 

Seminar Kewirausahaan : Mengembangkan Keterampilan Diri Seminar Kewirausahaan : Mengembangkan Keterampilan Diri Seminar Kewirausahaan : Mengembangkan Keterampilan Diri Seminar Kewirausahaan : Mengembangkan Keterampilan Diri

Dokumentasi Seminar Series Profit Booster Bersama Keluarga Gama Mandiri (KGM) – Sabtu, 24 Agustus 2019 di Grand Dafam Rohan Yogyakarta.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp