08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sales. Sales merupakan salah satu bagian dari sebuah perusahaan yang kegiatannya adalah menjual serta berkewajiban untuk menawarkan jasa atau produk. Tim sales biasanya akan menghadapi pelanggan secara langsung, sebab mereka datang ke lokasi pembeli, menghubungi memalui telepon, atau bertemu saat kegiatan (basar, stand, dll).

Sales terkadang juga harus melakukan pendekatan yang berbeda pada setiap konsumen, maka kemampuan memahami sikap konsumen juga perlu dilatih. Agar penjualan Anda sukses, Anda perlu  memahami beberapa tahap berikut :

 

APPROACH (PENDEKATAN PADA PELANGGAN)

Pada tahap ini, pendekatan kepada calon konsumen memerlukan persiapan yang baik. Hal yang wajib Anda ketahui tentang mereka adalah :

-. Siapa calon konsumen Anda?

-. Apakah kebutuhannya?

-. Jika dia tiba-tiba berganti kebutuhan, apa yang dapat Anda tawarkan selanjutnya?

 

SELLING (MENJUAL PRODUK)

Dalam proses menjual, juga harus bisa memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan bekal product knowledge dan komunikasi yang efektif, diharapkan sales bisa menarik perhatian para pembeli dan mempertahankan para pembeli (loyal customers).

 

PRESENTATION (PENYAJIAN)

Seorang sales harus dapat menyampaikan manfaat dan tujuan dari pengunaan produk yang ditawarkan sehingga bisa memuaskan kebutuhan konsumen. Komunikasi merupakan sarana penting untuk bisa mengetahui kebutuhan pelanggan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah :

-. Bahasa yang baik dan sopan

-. Sampaikan dengan jelas dan tepat (tidak berbelit-belit)

-. Memberikan manfaat dan kelebihan produk.

 

CLOSING THE SALE

Transaksi penjualan terjadi karena penjual memperoleh persetujuan dari calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Langkah ini merupakan tahap keberhasilan sales dalam mempengaruhi serta meyakinkan calon konsumen. Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan bisa berupa statement order dan tanda terima pembayaran.

 

AFTER SALES SERVICE

Sebagai seorang sales, Anda tentu saja memiliki data siapa saja yang pernah melakukan transaksi dengan Anda. Anda perlu melakukan beberapa hal setelah penjualan berhasil, yaitu Pelayanan Purna Jual (After Sales Service). Hal yang dapat dilakukan adalah :

-. Berilah ucapan terimakasih atas pembelian suatu produk atau jasa Anda.

-. Memberikan kenang-kenangan atau souvenir.

-. Berikan informasi secara berkala agar mereka juga mengingat tentang Anda

Dari hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, dapat Anda ketahui bahwa jam terbang dan banyaknya kemampuan yang dimiliki sales dapat mempengaruhi seseorang untuk membeli produk atau jasa Anda.

Kemampuan sales dan marketing perlu dilatih, seperti pada kegiatan berikut ini. Ini adalah dokumentasi kegiatan In House Training – Be a Great Sales : “ How to Achieve your Target” – CV PAYUNG ASLI di THE SUNAN HOTEL – 4 JANUARI 2014.

 “Mendapatkan pencerahan dalam penyelesaian masalah dengan metode yang unik, membantu mengenal diri sendiri dan orang lain dengan mudah, sehingga dapat meningkatkan kemampuan penjualan” (Testimoni dari salah satu peserta IHT)

Info lebih lanjut tentang In House Training, diskusikan dengan kami ditelepon / WA ke nomor 08112652244 / 08112652210.

 

Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses Rahasia Mudah Menjadi Sales Sukses



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp