08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Proses perencanaan sumber daya manusia di perusahaan menjadi poin yang perlu diperhatikan karena menentukan bagaimana perusahaan berkembang. Perencanaan tersebut perlu dilakukan dengan optimal dan teliti. Karena meskipun sudah disiapkan sebaik mungkin, dalam prosesnya tentu akan ada evaluasi guna menentukan langkah apa yang paling efektif.

Di sinilah HRD memiliki peran besar untuk memastikan pengalokasian sumber daya sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses perencanaan sumber daya manusia memang dilakukan guna merencanakan masa depan perusahaan. Selain itu, perencanaan juga menjadi strategi untuk mempertahankan karyawan yang berprestasi.

 

Proses Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya manusia dilakukan secara sistematis guna memaksimalkan aset perusahaan yaitu sumber daya manusia. Proses perencanaan sumber daya manusia memiliki tujuan memastikan pekerja dan tenaga kerja berjalan dengan baik. Secara umum, perencanaan sumber daya manusia terbagi menjadi empat proses:

 

#1. Kondisi Tenaga Kerja Saat Ini

Proses perencanaan sumber daya manusia yang pertama adalah mengumpulkan data tentang kondisi tenaga kerja saat ini. Penilaiannya dapat melihat dari berbagai aspek, seperti usia, jabatan, kemampuan, bakat, kinerja, kompetensi, kualifikasi, pengalaman, dan lainnya.

 

#2. Mencocokkan Hasil Penilaian

Proses perencanaan sumber daya manusia selanjutnya setelah melakukan penilaian adalah melakukan wawancara. Setiap karyawan dapat melakukan wawancara dengan manager tim. Manager tim nantinya akan memahami mengenai tantangan dari sisi karyawan dan kualifikasi apa yang perlu dimiliki oleh karyawan.

 

#3. Kebutuhan di Masa Depan

Proses perencanaan sumber daya manusia yang ketiga adalah memahami bagaimana kebutuhan sumber daya manusia di masa depan. Proses ini menganalisa kebutuhan tenaga kerja di masa yang akan datang.

Beberapa variabel yang perlu diperhatikan dalam perencanaan ini adalah pengurangan atau penambahan karyawan, kenaikan dan promosi jabatan, mutas karyawan, lowongan yang akan dibuka, divisi yang ditambahkan atau justru dihilangkan, dan lain sebagainya.

 

#4. Memperkirakan Kebutuhan

Proses perencanaan sumber daya manusia yang keempat adalah menyocokkan karyawan yang ada sekarang dengan perkiraan pekerjaan di masa mendatang. Di sini diperlukan strategi yang objektif dalam memperkirakan kebutuhan perusahaan.

 

#5. Strategi dan Implementasi

Proses perencanaan sumber daya manusia yang kelima adalah strategi dan implementasi berdasarkan perkiraan permintaan sumber daya manusia yang dibuat. Strategi harus memberikan solusi untuk masalah kekurangan sumber daya manusia di perusahaan. Tim HR dapat melakukan rekrutmen atau melalui outsourcing, dan bisa menentukan kebijakan yang tepat.

 

Apa yang Memengaruhi Perencanaan Sumber Daya Manusia?

Sebenarnya ada faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan dan dipertimbangan dalam proses perencanaan sumber daya manusia:

-. Change: Mampu fleksibel artinya ketika perusahaan mengalami perubahan, HR juga mampu memenuhi kebutuhan perusahaan.

-. Growth: HR perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain misalnya kebutuhan perusahaan dan pertumbuhan finansial perusahaan karena setiap perusahaan berbeda dalam tingkat pertumbuhannya.

-. Technology: HR memahami bahwa teknologi yang dapat membantu operasional perusahaan juga semakin berkembang. Pertimbangkan bahwa sumber daya manusia yang dimiliki perlu selalu menambah keilmuannya.

Proses perencanaan sumber daya manusia yang disusun dengan baik akan sangat membantu HR dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di perusahaan. Dalam pelaksanaannya, tentu akan ada perbaikan dan kesesuaian yang perlu dilakukan. Anda perlu jeli dalam memahami setiap hambatan dan peluang yang muncul.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis