08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Seiring perkembangan teknologi, tren pekerjaan pun berubah. Sebelumnya, mindset kita tentang bekerja adalah pasti harus ke kantor. Tapi hari ini semuanya sudah berbeda. Bahkan kita bisa bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah? Bagaimana pendapat Anda? Apakah ini terdengar menyenangkan? Bagi banyak profesional modern, bekerja dari rumah adalah suatu jenis kemewahan yang disediakan oleh perusahaan masing-masing. Tetapi lingkungan mana yang benar-benar memungkinkan kita untuk menjadi lebih produktif: kantor atau rumah?

Di kantor, rekan kerja Anda sering kali menjadi tantangan besar untuk Anda yang ingin menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya sederhana. Mereka mungkin mampir ke meja Anda, mengajak Anda mengobrol basa-basi, minta bantuan, juga mengundang Anda makan siang.

Kehidupan sosial pertemanan di tempat kerja jelas menyenangkan, tetapi mereka bisa menjadi tantangan jika Anda mudah terganggu. Ingin menjadi lebih produktif saat bekerja dari rumah, ini tipsnya yang bisa Anda terapkan.

 

Mulai lebih awal

Saat bekerja di kantor, Anda melakukan perjalanan di pagi hari. Itu dapat membantu Anda bangun lebih awal dan merasa siap untuk beraktivitas. Saat Anda sampai di ruang kerja, maka kesibukan pun berjalan sedemikian rupa. Namun saat di rumah, situasinya bisa lebih menantang untuk sekadar lepas dari bantal dan memegang komputer Anda.

Percaya atau tidak, salah satu cara untuk bekerja dari rumah secara produktif adalah dengan menyelami daftar pekerjaan Anda segera, setelah Anda bangun. Tidak menunda-nundanya. Memulai aktivitas pertama di pagi hari bisa menjadi kunci untuk membuat kemajuan secara bertahap sepanjang hari.

 

Berpura-pura seperti Anda pergi ke kantor

Ketika bekerja dari rumah, lakukan semua hal yang biasa Anda lakukan saat bekerja ke kantor: Atur alarm Anda, seduh kopi di pagi hari, dan kenakan pakaian yang bagus. Ya, dengan berpura-pura akan bekerja di kantor, Anda sepenuhnya siap untuk hari itu. Karena jika tidak, Anda mungkin menemukan diri Anda kembali ke tempat tidur. 

    Apa lagi setelah itu? Mulai dari atur jadwal harian Anda seperti di kantor, memilih ruang kerja khusus, bekerja saat Anda paling bisa berkonsentrasi, sampai membatasi diri dari akses media sosial. Akan kita bahas di artikel berikutnya.

Saat bekerja dari rumah, Anda adalah manajer pribadi Anda sendiri. Tanpa hal-hal seperti jadwal khusus untuk memulai dan mengakhiri hari, Anda bisa cepat kehilangan fokus atau kelelahan. Kadang, beberapa project akan memakan waktu lebih lama dari yang Anda bayangkan. Untuk alasan itu, Anda perlu Berkomitmen untuk melakukan lebih banyak dan lebih disiplin.

Agar aktivitas tetap berjalan sesuai jadwal, pilah-pilah apa saja yang akan Anda lakukan dan kapan waktunya dalam sepanjang hari. Jika Anda memiliki kalender online, buat acara pribadi dan pengingat yang memberi tahu Anda kapan harus memulai tugas baru.

 

Batasi akses media sosial

Media sosial dirancang untuk memudahkan Anda menjelajah dengan cepat. Namun, di saat harus bekerja, kemudahan ini dapat merusak produktivitas Anda. Untuk menangkal gangguan akibat penggunaan media sosial Anda selama jam kerja, coba logout dari setiap akun. Ini cukup menjamin bahwa Anda tidak akan tergoda untuk mengambil terlalu banyak mencuri waktu di siang hari.

 

Bekerja saat Anda paling bisa berkonsentrasi

Motivasi Anda secara alami bisa mengalami pasang surut dan mengalir sepanjang hari. Namun, ketika Anda bekerja dari rumah, semakin penting untuk mengetahui kapan pasang surut itu terjadi dan rencanakan jadwal Anda.

Untuk memanfaatkan jam-jam paling produktif Anda, simpan tugas-tugas sulit Anda ketika Anda tahu Anda akan berada pada konsentrasi terbaik. Tetap hargai dan perhatikan keberhasilan kecil, karena itu dapat membantu Anda membangun momentum untuk proyek yang lebih berat yang menunggu Anda nanti.

 

Pilih ruang kerja khusus

Hanya karena Anda tidak bekerja di kantor, bukan berarti Anda tidak punya ruang kerja khusus. Daripada bekerja di kamar Anda atau di sofa ruang tamu, sediakan ruangan khusus di rumah Anda untuk bekerja. Tempat khusus untuk bekerja di rumah itu bisa berupa ruang khusus di lantai 2 yang berisi meja dan kursi, atau bahkan kedai kopi lokal. Apapun itu, tempat yang secara konsisten menjadi tempat Anda yang paling mendukung untuk berkonsentrasi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp