08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

UMKM atau Usaha mikro, kecil, dan menengah sebenarnya memiliki peran yang cukup penting. Salah satunya karena mampu menyerap tenaga kerja di sekitarnya dan sebagai sarana untuk meratakan perekonomian. Sehingga upaya mengembangkan sektor UMKM dapat menjadi upaya yang realistis untuk mengoptimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) di negara ini.

Apa ciri sebuah UMKM yang unggul? UMKM yang unggul tentu dapat cepat tanggap dan mampu untuk menyesuaikan terhadap peluang atau perubahan pasar yang tidak terduga. Karena UMKM merupakan pemain penting dalam pengembangan perekonomian lokal dan pemberdayaan masyarakat. Maka tentu saja penting untuk mengembangkan pemahaman dan konsep wirausaha yang tangguh dan inovatif.

Pemberdayaan UMKM harus terus dilakukan secara terstruktur dan berkelanjutan, dengan memaksimalkan potensi, memupuk jiwa optimisme, dan  perencanaan sesuai tujuan usaha.

 

Menjadi UMKM Tangguh

Sektor UMKM seharusnya bertahan dari krisis ekonomi yang terjadi. Tetapi pada kenyataannya, UMKM masih mengalami berbagai hambatan untuk dapat bertahan dan sukses. Ini menjadi tanda bahwa sebenarnya UMKM masih membutuhkan dukungan yang besar dari berbagai pihak. Untuk itu banyak pelatihan bagi para UMKM sebagai upaya untuk mengembangkan UMKM agar berhasil dan memberi dampak positif dalam perubahan kondisi ekonomi.

Kenyataannya, dampak dari merebaknya pandemi amat terasa dirasakan oleh semua UMKM. Dapat diperkirakan seberapa besar persoalan yang diakibatkan oleh pandemi yang terjadi di dunia saat ini.

Tentu saja masalah ini tidak dapat begitu saja dibebankan kepada pemerintah. Perlu ada kesadaran di semua pihak agar semangat perekonomian kembali bangkit.

Pembatasan yang diberlakukan tentu saja membuat tingkat daya beli masyarakat menurun. Kita dituntut untuk mampu melihat masalah yang terjadi ini dengan bijak.

UMKM diharapkan dapat menjawab tantangan serta memiliki mental tangguh menghadapi semua perubahan. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan atau webinar tentang peningkatan jiwa wirausaha.

 

Peningkatan Jiwa Wirausaha

Dengan adanya kegiatan peningkatan jiwa wirausaha, diharapkan pemikiran serta tindakan UMKM semakin terarah dan terencana. Tentu tujuan akhirnya adalah UMKM dapat mandiri dan bertahan di tengah situasi sulit sekalipun.

Kegiatan peningkatan jiwa wirausaha memiliki dampak positif bagi pribadi pelaku usaha. UMKM didorong untuk mampu berinovasi dan bekerja secara lebih efektif dan efisien.

Mengapa UMKM didorong untuk mampu berinovasi? Karena melalui inovasi akan muncul sesuatu yang baru. Sesuatu tersebut dapat berbentuk produk baru, cara pemasaran yang baru, maupun sistem distribusi baru.

 

Para pelaku UMKM diharapkan dapat menumbuhkan tiga hal ini dalam dirinya, yaitu:

#1. Mampu Menentukan Visi

Seorang pelaku usaha perlu memiliki pandangan yang jelas tentang masa depan yang akan dilakuinya. Mereka harus dapat melihat sebuah peluang bisnis yang bisa jadi peluang tersebut tidak dapat dilihat oleh orang lain. Sebagai pelaku usaha, Anda perlu memiliki keahlian melihat vision for future dalam hidup dan bisnis Anda.

 

#2. Mampu Menjadi Inovator

Sebagai pelaku usaha, Anda harus dapat menciptakan dan menemukan metode baru. Entah itu metode untuk menggapai mimpi, menggapai visi yang luar biasa, atau membuat produk yang menjawab permasalahan masyarakat.

 

#3. Mampu Menghadapi Risiko

Sebagai pelaku usaha Anda dituntut untuk menjadi seorang entrepreneur sejati. Artinya Anda adalah seorang pemimpin dan pemilik usaha yang memiliki semangat dalam menghadapi segala tantangan. Anda perlu kemampuan untuk menghadapi segala tantangan dan risiko yang akan terjadi, sekaligus selalu berani maju ke depan.

Semua menganggap masa ini adalah masa krisis, namun tentu bukan sebuah alasan bagi Anda untuk bersemangat membangun usaha. Gunakan masa krisis sebagai tantangan untuk mengasah sisi inovasi dan kreativitas Anda.

Melihat dinamika yang terjadi, tentu saja semangat dan mental kewirausahaan perlu ditanamkan. Sebab kedepannya tentu tantangan akan jauh lebih besar. Jadikan saat ini sebagai titik balik dan momentum untuk membangun mental yang lebih tangguh dan kompetitif.

 

Event Akeyodia

Berikut adalah dokumentasi kegiatan Webinar Series bersama Rumah Kreatif Sleman dengan Tema: Meningkatkan Jiwa Berwirausaha yang Tangguh dan Adaptif. Kegiatan Webinar Series bersama Rumah Kreatif Sleman dilaksanakan selama tiga hari. Yaitu pada Senin, 26 Juli 2021 – Rabu, 28 Juli 2021 – dan – Jumat, 30 Juli 2021 setiap pukul 09.00 WIB sampai selesai. Rumah Kreatif Sleman sendiri berada di bawah naungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman.

 

Jika Anda ingin bekerja sama dengan Akeyodia untuk menyelenggarakan webinar bisnis, silakan hubungi kami di 08112652244 atau 08112652210

umkm umkm umkm umkm umkm umkm




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp