08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Beberapa waktu lalu viral berita tentang pengalaman wawancara seorang fresh graduate. Fresh graduate tersebut berasal dari salah satu universitas ternama. Sehingga dia merasa tidak nyaman ketika sebuah perusahaan menawarkan gaji hanya dikisaran 8 juta rupiah. Bagaimana menurut Anda?

Sebenarnya meminta nominal tertentu untuk gaji adalah hal wajar. Beberapa perusahaan besar berani membayar belasan juta rupiah per bulan untuk fresh graduate yang bekerja di perusahaannya. Tetapi tentu saja dengan persyaratan yang tidak ringan. Mereka berani memberikan gaji tinggi sebab tahu ada potensi dan keuntungan besar yang dapat diperoleh dari fresh graduate tersebut.

Sebagai fresh graduate, disamping perlu memiliki prestasi akademik serta berwawasan luas, Anda juga perlu memiliki attitude yang baik dan leadership yang memadai. Lalu apa saja kemampuan yang dibutuhkan fresh graduate agar dapat meminta gaji tinggi?

 

#1. Leadership

Anda berada di zaman yang berubah begitu cepat, perubahan arah yang tidak menentu, permasalahan yang semakin komplek dan sulit diduga. Di zaman ini, kematangan leadership tentu saja mutlak diperlukan. Tujuannya tentu saja agar dapat “menaklukan” perubahan. Anda dituntut untuk memiliki kemampuan memimpin diri sendiri serta sekaligus memahami orang lain dan mempengaruhinya. Sebagai seorang pemimpin, Anda juga diharapkan memiliki pandangan yang visioner dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hal-hal tersebut adalah tanda utama jika Anda sebagai fresh graduate memiliki kematangan leadership.

 

#2. Analytical Thinking & Growth Mindset

Sebagai fresh graduate, Anda perlu memiliki kemampuan memahami permasalahan rumit sekaligus dapat mencari solusi yang diperlukan dalam dunia bisnis. Hanya karyawan yang memiliki Analytical thinking cerdas saja yang mampu melakukan hal tersebut secara konsisten.

Perusahaan bersedia memberikan gaji yang tinggi kepada fresh graduate ketika perusahaan tahu potensi dan kemampuannya terus bertumbuh dan berkembang. Potensi dan kemampuan tersebut meliputi perkembangan mindset, keahlian, serta perilaku dalam waktu yang cepat. Hal tersebut dapat menjadi indikasi bahwa meskipun Anda fresh graduate, Anda diperlukan untuk pertubuhan bisnis yang signifikan.

 

#3. Communication Skill

Agar pekerjaan Anda lancar, kemampuan mengkomunikasikan ide dan gagasan perlu Anda kembangkan. Berlatihlah tentang ilmu negoasiasi, presentasi, sampai tentang mempengaruhi orang lain. Sebab banyak perusahaan mencari karyawan yang memiliki keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal yang baik.

 

#4. Teamwork

Fresh Graduate tentu memiliki kecerdasarn yang tidak diragukan, namun terkadang banyak fresh graduate yang masih individualis. Akan lebih baik jika fresh graduate dengan nilai IPK tinggi tersebut juga memiliki memiliki semangat untuk berkolaborasi. Diharapkan para fresh graduate bermental “to give” yang berarti senang membantu orang, memberi dukungan seseorang, dan mampu bekerjasama dengan banyak orang. Perusahaan mencari karyawan yang mampu bekerja secara fleksibel. Apa artinya? Artinya dalam bekerja Anda dapat bekerja secara mandiri ataupun bekerja secara tim.

 

#5. Time Management

Kemampuan manajemen waktu penting untuk dimiliki oleh fresh graduate. Sebab ketika Anda bekerja, Anda akan dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline. Dan tentu saja pekerjaan tersebut tidak hanya satu. Anda perlu pandai dalam melakukan manajemen waktu dan membuat prioritas.

Sebagai fresh graduate, mana yang sudah Anda miliki dan menjadi kekuatan bagi Anda? Anda juga perlu mengembangkan keterampilan analisis. Keterampilan dalam menganalisis tren yang sedang terjadi saat ini tentu bukan hal mudah jika Anda tidak melatihnya. Dalam dunia kerja Anda juga akan diuji di suatu masa di mana Anda perlu membuat keputusan secara logis di hadapan rekan kerja atau bahkan atasan Anda. Sudah siapkah Anda menghadapi hal tersebut?

Jika Anda ingin menjadi fresh graduate yang berharga dan bernilai tinggi, jangan lupa untuk terus mengembangkan kemampuan diri.

 

Event Akeyodia

Berikut adalah dokumentasi kegiatan WORK BASED ACADEMY BATCH #3 FAKULTAS PETERNAKAN UGM – yang mengusung tema“Leadership and Communication”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 27 Juli 2021, pukul 09.00 – 10.30 WIB.
Jika Anda ingin bekerja sama dengan Akeyodia, hubungi kami di 08112652244 atau 08112652210




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp