08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Media sosial menyediakan aplikasi yang menjawab kebutuhan masyarakat, mulai dari pesan cepat hingga situs jejaring sosial yang menawarkan pengguna untuk  berinteraksi, berhubungan, dan berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi tersebut dapat Anda gunakan untuk mengedarkan informasi online tentang pengalaman pengguna dalam menggunakan suatu produk atau merk.

Dalam konteks bisnis, sebenarnya jika Anda mampu menggunakan media sosial dengan benar, maka akan mengarahkan Anda kepada pencapaian profit. Jadi dapat dikatakan bahwa media sosial sebenarnya berpotensi untuk membantu pelaku UMKM dan wirausahawan dalam memasarkan produknya.

Perlunya Sosialisasi

Sosialisasi strategi digital marketing terkait pemanfaatan media sosial penting dilakukan karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen. Melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya, pelaku UMKM dapat meningkatkan keunggulan dan nilai jual dari produk atau jasa yang ia tawarkan.

Perubahan perilaku pemasaran dari leaflet, koran, brosur, dan media cetak lainnya ke pemasaran berbasis digital menjadi harapan bagi UMKM untuk mengembangkannya dan menjadikannya sebagai pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing karena biaya yang murah dan tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap secara langsung mampu meraih konsumen. Semakin luas jejaring sosial, dan semakin menarik produk yang Anda tawarkan, maka semakin banyak konsumen akan melirik produk-produk Anda.

Apa Kendala yang Muncul?

Menurut Stockdale, Ahmed, dan Scheepers (2012) business value dari penggunaan media sosial bagi UMKM, adalah terciptanya saluran pemasaran yang berkelanjutan, Kenaikan pendapatan jangka pendek dan penjualan jangka panjang, Penurunan biaya advertising hingga 70%, Reduksi dalam biaya pemasaran secara keseluruhan, Terciptanya competitive advantage, Kemudahan promosi lintas platform media sosial, Peningkatan popularitas merek dan produk, dan Pengenalan organisasi atau perusahaan ke masyarakat yang lebih mudah.

Namun, tidak semua program yang bagus dapat berjalan begitu saja tanpa ada kendala. Kendala terkait pemanfaatan media sosial yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi serta kurangnya pemahaman tentang cara-cara pemanfaatan media sosial yang baik, tidak sabar ingin segera mendapat hasil, serta kurangnya pemahaman untuk menciptakan “postingan” yang menarik.

Maka perlu untuk diselenggarakan pelatihan guna membangun kesadaran dan pemahaman mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengelola akun media sosial. Pelaku UMKM diharapkan mampu menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal yang baru, berlaku profesional, dan sabar menunggu hasil sambil terus berkreasi. Dalam hal digital marketing dengan menggunakan media sosial, pelaku UMKM sebaiknya melakukan beberapa langkah awal berikut :

#1. Membuat akun media sosial untuk usaha (usahakan terpisah dari akun pribadi)

#2. Membuat nama akun sederhana, mudah diingat, jelas tentang usahanya

#3. Posting secara berkala dan rutin, dengan menyesuaikan situasi yang terjadi dan postingan berkaitan dengan usaha;

#4. Jawab segala pertanyaan yang ditanyakan oleh follower untuk menandakan bahwa akun Anda aktif.

 

Jangan ragu untuk memulai langkah-langkah di atas ya? atau bisa diskusikan kepada kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210.

 Menumbuhkan Kesadaran tentang Manfaat Media Sosial bagi Pelaku UMKM Menumbuhkan Kesadaran tentang Manfaat Media Sosial bagi Pelaku UMKM Menumbuhkan Kesadaran tentang Manfaat Media Sosial bagi Pelaku UMKM

Dokumentasi SEMINAR SERIES : MARKETING TRANSFORMATION yang diselenggarakan pada Rabu, 3 Juli 2019 – di Grand Dafam Hotel, Yogyakarta



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp