08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Dalam perusahaan Anda, mulai dari bagian manager, administrasi, keuangan, humas, marketing, sales, hingga devisi lain pasti memiliki peranan penting masing-masing. Semua memiliki tanggung jawab yang berbeda meskipun tujuannya sama, yaitu memajukan perusahaan dan memastikan kegiatan perusahaan berjalan lancar. Untuk Anda yang memiliki tangung jawab lebih besar atas kinerja semua tim, misalnya seorang manager. Tentu Anda harus mampu mengarahkan serta mengawasi tim agar dapat bekerjasama hingga mencapai target yang telah di tentukan.

Apakah semua manager mengetahui tugasnya? Sayangnya belum semua manager memahami dengan detail tugasnya. Agar manager dalam perusahaan bekerja dengan lancar dan optimal, Anda dapat memberikan pelatihan atau training tentang managerial skill.

Mengapa perlu melakukan pelatihan atau training untuk manager? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu menjawab bagaimana Anda mengangkat supervisor atau manager selama ini. Di angkat menjadi pemimpin langsung karena dilihat dari lamanya bekerja atau berdasarkan kinerja selama periode tertentu atau ada tantangan khusus?

Jawaban Anda tentu akan mempengaruhi bagaimana kualitas manager yang Anda pilih. Jika Anda merasa manager Anda belum optimal kemampuannya, Anda dapat melaksanakan pelatihan atau training. Tujuannya agar mereka memahami managerial skill yang diajarkan dalam pelatihan atau training untuk diterapkan dalam pekerjaannya. Apa saja yang managerial skill yang perlu mereka pahami?

 

1. Materi Tentang Perencanaan

Seorang manager harus tahu, apa pun yang ingin diraih, tentu memerlukan perencanaan sebelum melangkah. Bukan hanya rencana asal saja namun runtut, solutif, mungkin untuk dijalankan, dan yang terpenting tujuan serta omset perusahaan tercapai.

 

2. Materi Tentang Pengorganisasian

Sorang manager harus dapat mengatur proses tugas, wewenang dan tanggung jawab setiap individu yang disebut sebagai fungsi Pengorganisasian dalam manajemen. Bukan sekedar mengatur orang, namun sampai mengatur sumber daya lain termasuk mesin, uang, waktu, dan relasi. Sebagai Manager Anda diharapkan mampu membuat desain sistem yang bisa mempermudah pekerjaan tim.

 

3. Materi Tentang Memahami Tim

Manager juga memiliki tugas memahami proses perekrutan kandidat yang memenuhi syarat di perusahaan untuk memenuhi posisi tertentu. Tujuannya agar manager mendapatkan personel yang tepat, untuk pekerjaan yang tepat, dalam waktu yang tepat, dan dengan cara yang benar. Manager perlu memahami tentang kepribadian individu, kerja tim, komunikasi, dan mengukur kemampuan timnya.

 

4. Materi Tentang Kepemimpinan

Seorang manager dituntut untuk dapat direct and guiding. Artinya selain mengatur dan mengontrol. Seorang manager juga harus dapat membimbing dan memimpin timnya.

 

5. Materi Tentang Motivasi

Karena manager merupakan cermin untuk timnya, maka manager diharapkan dapat memberikan inspirasi, dorongan, dan semangat bagi timnya. Diharapkan jika sorang manager mampu memotivasi, maka tim akan lebih bersemangat menjalankan pekerjaan sesuai yang di harapkan perusahaan. Manager harus tahu kapan dia memberi kepercayaan dan kekuatan kepada timnya untuk melakukan tugasnya. Dan kapan harus membangun percaya diri timnya.

 

6. Materi Tentang Mengelola Sumber Daya

Mungkin ada yang merasa bahwa tugas ini bukan tugas seorang manager, namun coba kita analisis. Ketika seorang manager memahami bagaimana mengalokasikan dan menempatkan fasilitas agar mempermudah karyawan bekerja, menjadi lebih rapi, dan nyaman, maka karyawan pun lebih bersemangat dalam bekerja.

 

7. Materi Tentang Memahami Pengawasan

Seorang manager perlu memahami bagaimana cara memastikan tugas yang diberikan sudah seberapa jauh diselesaikan, apakah sudah mendekati target atau justru menjauhi target. Semua hal harus dalam pengawasan manager, karena manager adalah leader.

 

8. Materi Tentang Cara Mengevaluasi

Ketika seorang manager sudah melakukan pengawasan dengan pengumpulan data dan pengukuran kemajuan program. Seorang manager juga diharapkan dapat melakukan evaluasi apakah timnya benar-benar menjalankan tugasnya  dan apa yang ditargetkan sudah terwujud atau belum.

 

9. Materi Tentang Kemampuan Berkomunikasi

Seorang manager harus dapat penyampaian informasi dengan baik. Bukan hanya kepada orang-orang yang jabatannya di atas Anda, tetapi juga orang-orang yang jabatannya di bawah Anda dan juga orang-orang yang setara jabatannya baik di dalam perusahaan, maupun di luar perusahaan.

 

10. Materi Tentang Kemampuan Berdiplomasi

Seorang manager harus dapat penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan yang berkaitan dengan tugas kepada pejabat yang lebih tinggi. Sebagai manager Anda harus mampu memberikan laporan kepada atasan dan menjadi jembatan kepada tim agar memahami tugas selanjutnya.

Berikut adalah materi-materi yang perlu dipahami seorang manager dalam sebuah pelatihan atau training. Jika Anda ingin melaksanakan pelatihan atau training, Anda dapat mengubungi Tim Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210.

 

Materi-Training-Untuk-Manager-Agar-Bisnis-Maju-2




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp