08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berkembang sesuai dengan tantangan zaman. Jika dahulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Literasi sudah dimaknai sebagai kemampuan kognitif seseorang untuk bisa memecahkan masalah.

Merujuk ke definisi literasi, pantaslah apabila seorang pengusaha dituntut untuk memiliki kemampuan literasi yang baik. Terlebih lagi pengusaha yang sedang merintis UMKM, tingkat literasi yang dimiliki merupakan kunci untuk bisa berkembang dan berdaya beda. Ada ada 3 jenis literasi yang harus dikuasai untuk menunjang skill Anda sebagai seorang pengusaha :

 

 

#1. Literasi Digital


Jenis literasi pertama yang harus dikuasai saat ini adalah literasi digital. Di era yang serba modern dan saling terhubung ini, semua mengandalkan ragam platform digital untuk berkembang. Literasi digital dapat dimaknai sebagai kemampuan untuk memahami, mengakses, menggunakan, dan menyebarluaskan informasi dari dan melalui piranti komputer.

Inilah kesempatan yang dapat Anda gunakan, dengan memanfaatkan internet untuk mengembangkan UMKM. Coba saja perhatikan ragam eCommerce yang bermunculan seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, JD.id, dan lain sebagainya. Mereka adalah platform digital yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk, bahkan hingga ke pelosok nusantara.

Coba lihat berapa banyak penjual makanan yang omzetnya naik semenjak mereka bergabung ke GO-FOOD atau pun GrabFood. Padahal mereka tidak merubah produknya, tidak menambah menu, tidak pula menciptakan menu inovatif. Hal yang mereka lakukan hanyalah menempatkan produk terbaik mereka di dua platform digital yang paling banyak digunakan oleh konsumen. Ini lah manfaat nyata yang didapatkan ketika Anda menguasai literasi digital.

 

#2. Literasi Data

Literasi data adalah kemampuan untuk membaca, menganalisa, dan membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang diperoleh. Informasi ini pun bisa dikumpulkan dari berbagai sumber. Data menjadi hal penting dalam menjalankan bisnis, sebab data merupakan pijakan dasar dalam mengambil keputusan.

Kemampuan untuk mengolah data adalah hal penting yang harus dikuasai oleh pengusaha UMKM. Data yang Anda peroleh di lapangan dapat diolah menjadi informasi atau insights yang bisa menjadi input untuk pengambilan keputusan bisnis.

Cerdas dalam pengolahan data akan berujung pada peningkatan performa penjualan. Namun, salah dalam pengambilan dan pengolahan data justru bisa membuat bisnis Anda akan sulit berkembang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencari orang yang ahli dalam mengolah data, atau pun mengandalkan tools dan teknologi tertentu.

Selain bermanfaat untuk pengambilan keputusan bisnis, data juga bisa menjadi penguat alasan konsumen untuk percaya dengan bisnis Anda. Di era keterbukaan informasi, transparansi menjadi salah satu kekuatan bisnis yang tidak bisa diremehkan. Saat ini semua orang mencari informasi apa pun di internet, sehingga mereka juga mungkin mendapatkan informasi yang salah. Jadi, apabila Anda memiliki data yang relevan dengan bisnis Anda, jangan ragu untuk dipublikasikan. Misalnya, data kepuasan pelanggan, total konsumen yang sudah Anda layani, dan khasiat produk Anda. Tampilkan data-data yang sekiranya bisa membuat konsumen percaya dengan bisnis Anda.

 

 

#3. Literasi Humaniora

Pada literasi humaniora, sumber daya manusia jadi fokus utama. Apabila sebelumnya Anda menekankan pentingnya penguasaan teknologi, bukan berarti Anda mengerdilkan aspek sumber daya manusia. Teknologi hanyalah alat untuk mempermudah kehidupan manusia. Teknologi bukanlah sebuah kepastian yang harus diandalkan terus menerus.

Dalam bisnis, contohnya adalah dalam layanan pelanggan. Interaksi antar manusia dan manusia yang baik adalah dasar yang kuat untuk membangun kepercayaan konsumen. Bila UMKM Anda ingin berdaya saing, maka gunakan teknologi untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan manusia, bukan sebaliknya.

Teknologi harus dipakai untuk menunjang kebutuhan umat manusia. Artinya, apa pun teknologi yang Anda gunakan, seharusnya yang bisa memanusiakan customer. Dengan demikian, penggunaan teknologi tidak akan mengkerdilkan kemampuan manusia.

 

Lalu Mengapa Pengusaha UMKM Harus Menguasai Literasi Baru?

Bahkan sebelum pandemi corona datang, sebenarnya perekonomian Indonesia terus berkembang. Terbukti dari munculnya berbagai UMKM yang bergerak di bermacam bidang industri. Tentu ini adalah hal yang baik bagi ekonomi makro. Namun, di sisi lain, Anda sebagai pelaku usaha mau tidak mau harus bersaing dengan banyak pemain. Sehingga, jalan satu-satunya adalah membuat UMKM Anda unik dan menonjol dibanding para competitor sekitar Anda.

Selain dari sisi kompetitor, Anda harus paham jika konsumen sekarang sudah jauh lebih cerdas dari 10 tahun lalu. Lama bisnis berjalan atau apa pun brand yang Anda miliki, sudah tidak lagi menjadi faktor penentu bagi konsumen. Saat ini, konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk berdasarkan ulasan dari sesama pembeli.

Alasan di atas sudah cukup jelas menjelaskan tentang pentingnya dari penguasaan literasi bagi para pelaku usaha. Ketiga literasi di atas tidak bisa dipahami dan dikuasai secara terpisah. Ketiganya merupakan satu hal padu yang bisa memberikan dampak nyata.

 

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mendapatkan pendampingan oleh seorang coach.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp