08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Total Management System (TQM) merupakan sistem  manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan (Customer focused) dengan melibatkan semua karyawan dalam melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan.

Total Management System (TQM) menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk mengintegrasikan kedisplinan kualitas ke dalam budaya dan kegiatan perusahaan. Secara singkat, Total Management System (TQM) merupakan pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui Customer Satisfaction atau kepuasan pelanggan.

Semua karyawan perusahaan harus berpartisipasi aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya sehingga menghasilkan kualitas terbaik dalam produk dan layanan. Terdapat delapan elemen pokok pada Total Management System (TQM), diantaranya :

1. Customer Focussed

Pelanggan merupakan pihak yang menentukan apakah kualitas produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan memenuhi kebutuhan atau tingkatan kualitas yang diinginkannya. Meskipun perusahaan melakukan pelatihan karyawan, perbaikan proses, penggunaan mesin canggih ataupun adopsi teknologi terbaru, pada akhirnya pelangganlah yang menentukan apakah upaya-upaya yang dilakukan tersebut bermanfaat atau tidak.

2. Total Employee Involvement

Dapat diartikan sebagai keterlibatan karyawan secara keseluruhan. Karyawan merupakan sumber daya perusahaan yang penting dalam mencapai tujuan yang direncanakannya. Sehingga, keterlibatan karyawan secara keseluruhan dapat mendukung perusahaan dalam melakukan peningkatan proses dan kualitas. Dalam pemberdayaan karyawan, diperlukan pelatihan dan peningkatan terhadap keterampilan karyawan.

3. Process-centered

Proses merupakan serangkaian langkah-langkah yang dimulai dari penerimaan INPUT dari supplier dan mengtransformasinya menjadi OUTPUT yang akan dikirimkan ke pelanggan.

4. Integrated System

Semuanya memerlukan suatu sistem yang terintegrasi dengan baik agar visi, misi, strategi, kebijakan, tujuan dan  sasaran perusahaan dapat dikomunikasikan dengan jelas kepada semua karyawan.

5. Strategy and Systematic Approach

Proses ini biasanya disebut dengan perencanan strategi ataupun manajemen strategi yang melakukan perumusan dan perencanaan strategi dalam mengintegrasikan konsep kualitas ke dalam strategi perusahaan secara keseluruhan.

6. Continual Improvement

Peningkatan yang berkesinambungan mendorong perusahaan untuk melakukan analisis dan menciptakan cara yang lebih bersaing dan efektif dalam mencapai tujuan perusahaan dan memenuhi harapan semua pihak.

7. Fact-based Decision Making

Untuk mengetahui sejauh mana kinerja suatu perusahaan, diperlukan data untuk mengukurnya. Total Management System (TQM) mewajibkan perusahaan untuk mengumpulkan dan melakukan analisis data secara berkesinambungan agar keputusan yang diambil akurat dan tepat sasaran.

8. Communications

Dalam operasional, perusahaan pasti mengalami perubahan baik dalam strategi, kebijakan, jadwal maupun metode pelaksanaan. Perubahan yang terjadi perlu dikomunikasikan dengan karyawan. Komunikasi yang baik, akan memunculkan motivasi dan semangat kerja dalam mencapai tujuan perusahaannya.

Keuntungan Perusahaan Ketika Menerapkan TQM

Penerapan Total Management System (TQM) membantu organisasi dalam merampingkan proses dan memastikan sistem kerja proaktif yang siap untuk mengatasi penyimpangan dari kondisi ideal. TQM membahas bidang masalah utama seperti kesalahan dalam proses kerja, proses yang berlebihan, tugas yang tidak perlu, serta pekerjaan yang terduplikasi.

Manfaat jangka panjang dari Total Management System (TQM) berkaitan dengan kepuasan pelanggan. Namun selain itu, perusahaan mendapat banyak keuntungan lain dari implementasi Total Management System (TQM). Antara lain :

#1. Cost Reduction

Ketika diterapkan secara konsisten dari waktu ke waktu, TQM dapat mengurangi biaya di seluruh organisasi, terutama di bidang scrap, rework, layanan lapangan, dan pengurangan biaya garansi.

#2. Kepuasan Pelanggan

Karena perusahaan memiliki produk dan layanan yang lebih baik dibandingkan kompetitor, dan interaksinya dengan pelanggan relatif bebas dari kesalahan, seharusnya lebih sedikit keluhan. Tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dapat menyebabkan peningkatan pangsa pasar.

#3. Defect (Mengurangi Cacat)

TQM memiliki penekanan kuat pada peningkatan kualitas dalam suatu proses, daripada memeriksa kualitas menjadi suatu proses. Sehingga dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan.

#4. Peningkatan Moral Karyawan

Keberhasilan TQM yang dapat terus dirasakan, karena partisipasi karyawan dalam keberhasilan tersebut dapat mengarah pada peningkatan yang nyata dalam moral karyawan.

#5. Membuat Perusahaan dapat Berkompetisi

TQM sangat membantu dalam memahami persaingan dan juga mengembangkan strategi yang efektif dalam menghadapi kompetisi. TQM membantu dalam memahami pelanggan serta pasar. Ini memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memenuhi kompetisi dengan menggunakan teknik TQM.

 

Ingin Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp