08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Menyebut tentang pelanggan, artinya kita membahas tentang orang-orang yang begitu berarti untuk berlangsungnya bisnis Anda. Mereka datang bukan tanpa tujuan, melainkan ingin memenuhi kebutuhannya. Tentu saja mereka ingin dilayani dengan layanan yang terbaik. Tidak hanya lip service saja, yang terdengar manis di luar. Berikut ini adalah kebutuhan pelanggan yang paling basic. Apakah Anda sudah mengetahuinya?

 

1. Mereka Ingin Dimengerti

Pelanggan juga manusia. Bagaimana mereka ingin diperlakukan adalah tidak jauh berbeda dengan bagaimana Anda ingin diperlakukan. Untuk memenuhi hak pelanggan, berikan empati dan pemahaman kepada mereka. Ada baiknya seorang yang menawarkan atau menjual produk kepada pelanggan dapat menempatkan diri pada posisi mereka.

 

2. Diperlakukan dengan Ramah

Tidak menciptakan jarak. Kita semua tentu senang untuk diperlakukan dengan tulus seperti seorang teman. Menunjukkan sikap ramah dan bersahabat di depan pelanggan bisa dilakukan tanpa mempersoalkan status. Seorang pelanggan seharusnya lebih berhak mendapat perlakuan ramah karena mereka memberi banyak benefit bagi bisnis Anda.

 

3. Informasi dan Edukasi

Sejak awal, sadari bahwa pelanggan Anda adalah orang yang memiliki waktu berharga. Memang Anda perlu berusaha meyakinkan mengapa ‘mereka harus membeli’, tapi jangan menyia-nyiakan waktu berharga itu dengan memberikan apa yang tidak mereka butuhkan. Lebih dari urusan transaksional, pelanggan juga membutuhkan informasi dan edukasi tentang suatu produk maupun seputar hal umum yang dibutuhkan, yang mana produk Anda bisa membantu jadi solusi. Daripada hanya menjual, lakukan yang lebih dari itu.

 

4. Perlakuan yang Adil

Semua orang ingin diperlakukan dengan adil. Tidak ada orang yang mau untuk dijadikan sebagai nomor dua. Pelanggan juga berperasaan, dan mereka bisa kesal ketika tidak memperoleh haknya atau sesuatu yang dicarinya. Apalagi kalau sudah membayarkan sejumlah biaya. Perlakukan pelanggan dengan adil, bukan hanya lip service yang terkesan baik-baik di luar.

 

5. Beri Pilihan dan Alternatif yang Berharga

Untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar pelanggan Anda, berikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pelanggan berhak mendapatkan solusi, pilihan, atau alternatif untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sadar bahwa tidak selalu bisa menyediakan sesuatu yang dicari oleh pelanggan, karena itu mengapa tidak memberi pilihan dan alternatif kepada pelanggan.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp