08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Membuat sistem bisnis dari awal dapat menjadi tugas yang menantang. Anda mungkin duduk di depan layar komputer, menatap halaman kosong, dan bertanya-tanya: harus mulai dari mana? Sebelum menuliskan prosesnya satu persatu, coba simak ciri-ciri sistem bisnis yang efektif berikut ini.

 

1. Mulailah dengan Dasar yang Kuat

Kunci untuk menerapkan sistem bisnis yang efektif sangat bergantung pada pemahaman Anda tentang bisnis Anda sendiri. Sebelum Anda mulai menentukan bagaimana bisnis Anda berjalan, penting untuk mengumpulkan semua informasi dasar tentang bisnis Anda. Ini termasuk hal-hal seperti siapa pelanggan Anda, di mana Anda berada, bagaimana klien dapat menghubungi Anda pada jam operasional.

 

2. Identifikasi Proses dan Prosedurnya

Setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi proses dan sistem yang akan diterapkan. Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu perusahaan Anda luar dan dalam. Ketika menuliskan proses bisnis Anda, sangat penting untuk memastikan bahwa semua orang dalam tim memahaminya. Bahasa yang terlalu rumit akan membuat tim Anda tidak mengikuti prosedurnya. Cara terbaik untuk memastikan proses diikuti adalah untuk membuat tim Anda terlibat dalam menulis sendiri proses dan prosedur mereka.

 

3. Jangan Buang Waktu untuk Hal-hal Kecil

Tidak ada salahnya dengan keinginan untuk menampilkan yang terbaik. Tapi hati-hati dengan sisi perfeksionis Anda. Boleh saja Anda ingin membuat dokumen Anda terlihat seperti sebuah karya seni, tapi percayalah: Jangan memusingkan hal-hal kecil. Segera mulai hal-hal esensial. Anda dapat merapikan dokumen Anda nanti, misalnya mengganti font dan tata letak yang tepat.

 

4.Dapatkan Umpan Balik dari Tim Anda

Bisnis bukanlah urusan pribadi, tapi dibutuhkan banyak tangan untuk menciptakan kesuksesan. Tim Anda adalah orang-orang yang akan menjalankan proses bisnis Anda, dan masukan mereka tentang hal ini sangat berharga. Suatu proses akan sering melalui serangkaian evaluasi sampai Anda melakukannya dengan benar. Itulah pentingnya umpan balik dari tim Anda.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp