08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Ada sebuah kalimat, “Great things never came from comfort zones”. Artinya “Hal-hal hebat tidak pernah datang dari zona nyaman”. Lalu Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman?. Comfort zone alias zona nyaman sering dianggap sebagai sesuatu yang negatif. Anda seolah-olah jauh dari kesuksesan jika betah berlama-lama berada dalam zona ini. Padahal, zona nyaman merupakan fenomena yang dapat membantu Anda membuat perubahan besar dalam hidup.

Benarkah keluar dari zona nyaman adalah satu-satunya cara untuk berkembang? Lalu Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman? Bisakah Anda meraih tujuan tetapi dengan memanfaatkan zona nyaman itu sendiri? Mari simak pembahasan berikut.

 

Pengaruh Zona Nyaman dalam Hidup

Istilah Comfort zone alias zona nyaman dipopulerkan pertama kali oleh Alasdair White. Dia adalah seorang pencetus teori manajemen bisnis, pada tahun 2009. Menurut Alasdair White, zona nyaman adalah keadaan saat segalanya terasa akrab dan mudah sehingga Anda tidak mengalami banyak stres. Zona nyaman memberikan Anda rasa aman dan perasaan familier saat menjalani suatu aktivitas. Mengapa mencari cara Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman jika sebenarnya sudah menimbulkan hal yang baik?

Kita akan ulas perlahan-lahan. Memang benar bahwa zona nyaman membuat Anda bisa beristirahat dan memulihkan energi usai bekerja keras. Ini disebabkan oleh otak yang memproduksi senyawa dopamin dan serotonin ketika Anda merasa nyaman. Kedua senyawa ini menimbulkan perasaan bahagia dan mood baik.

Sebaliknya, area di luar zona nyaman adalah tempat yang dapat menimbulkan stres dan rasa cemas. Tempat itu penuh dengan risiko dan banyak hal yang tidak pasti. Anda pun tidak mudah memperkirakan bagaimana cara merespons hal baru itu. Inilah yang membuat beberapa orang enggan belajar tentang Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman.

Haruskah kita keluar dari zona nyaman untuk menjadi sukses? Anda tidak harus bermusuhan dengan zona nyaman untuk bisa sukses. Hanya saja jika Anda tidak pernah mencoba keluar dari zona nyaman karena malas, maka Anda tidak berkembang.

Keluar dari zona nyaman adalah sebuah pilihan. Ada orang yang merasa harus keluar dan mengambil keputusan untuk mendapatkan pengalaman. Ada yang memilih di zona nyaman karena merasa sudah cukup. Tetapi ada juga yang ingin keluar dari zona nyaman, namun kesulitan memulainya. Berikut adalah Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman yang dapat Anda terapkan.

 

#1. Kumpulkan Informasi

Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman? Tentu saja Anda harus memiliki banyak informasi terlebih dahulu tentang jalan yang ingin Anda ambil. Rasa takut muncul karena tidak tahu apa yang akan dihadapi kedepannya. Maka carilah informasi dan bila perlu, bertanyalah kepada orang yang memahaminya.

 

#2. Buatlah Rencana

Sebelum mengambil langkah awal, Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman yang tepat adalah membuat sebuah rencana. Tentukan dahulu tahapnya, uraikan target besar menjadi beberapa target kecil. Selanjutnya buat motivasi untuk mencapai target tersebut. Dari informasi yang sudah Anda cari tadi, coba pahami tantangan apa yang akan Anda hadapi nanti.

 

#3. Berani Mencoba

Bagaimana Anda tahu hasilnya jika melangkah saja Anda takut. Jadi kunci utamanya adalah mencoba, setidaknya sekali seumur hidup. Tanpa mencoba, Anda tidak akan pernah tahu sejauh mana Anda sudah belajar.

 

#4. Pahami yang Anda Suka dan Tidak

Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman juga berhubungan dengan bagaimana memahami diri. Setelah mencoba beberapa kali, tanyakan kepada diri Anda. Apakah menimbulkan rasa cemas, atau justru semangat? Jika merasa cemas, mungkin itu memang tidak cocok untuk Anda.

 

#5. Ukur Kemampuan Diri Anda

Berhasil keluar dari zona nyaman merupakan sebuah pencapaian, meski akan ada stres yang harus dihadapi. Ukur kemampuan diri Anda, bagaimana jika Anda dilanda stres. Karena stres yang dibiarkan berlarut-larut, dapat menurunkan performa kerja dan memicu rasa cemas. Jadi jangan paksakan diri Anda selama proses keluar dari zona nyaman. Anda dapat istirahat sejenak ketika Anda merasa tertekan.

Itulah lima hal terkait Bagaimana Cara Keluar dari Zona Nyaman. Zona nyaman memang tempat yang sesuai untuk berkegiatan tanpa stres. Akan tetapi, Anda akan sulit berkembang bila terjebak di dalamnya. Meski tidak mudah keluar dari zona nyaman, cobalah melangkah untuk meraih impian Anda yang belum tercapai.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Silakan hubungi kami untuk Anda yang memiliki komunitas dan ingin menyelenggarakan webinar free dengan Akeyodia.

Untuk memahami tentang Meraih Kesuksesan silakan cek video kami :  “ CARA SUKSES DI USIA MUDA | 100% BERHASIL”




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp