08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Banyak yang menanyakan tentang Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process berjalan. Tentunya Anda tahu bahwa dalam bisnis maupun interaksi pribadi, negosiasi menjadi pendekatan efektif untuk menangani konflik. Hasil dari sebuah negosiasi memiliki potensi untuk mengubah arah bisnis, karier, serta kehidupan. Meningkatkan keterampilan negosiasi dalam kehidupan pribadi, sosial, dan dalam kehidupan professional memang diperlukan.

Negosiasi sendiri merupakan keterampilan hidup, bukan sekedar keterampilan untuk menangani situasi komersial saja. Dalam pasar yang kompetitif sekarang, keterampilan negosiasi menjadi kunci keberhasilan. Karena perlunya negosiasi dalam proses penjualan, maka Anda perlu belajar Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process digunakan.

 

Tujuan Sebuah Negosiasi

Guna memahami Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process, Anda perlu memahami tujuannya terlebih dahulu. Di dalam negosiasi, ada dua pihak atau lebih terlibat. Mereka berada dalam permasalahan tertentu, memiliki sudut pandang yang berbeda, dan memiliki solusi untuk masalah mereka. Mereka akan bernegosiasi guna mendapatkan keputusan akhir yang umum dan bermanfaat untuk kedua belah pihak. Saat sudah ada keputusan, maka pertemuan akan berakhir.

Jika sekarang Anda dihadapkan dengan transaksi bisnis, negosiasi menjadi pendekatan terbaik untuk menangani konflik kepentingan. Karakteristik dari lingkungan bisnis, terutama produsen, adalah fokus pada pengembangan hubungan yang sehat dan kompetitif. Hubungan persaingan yang sehat dimulai dari meja perundingan. Ini yang terkadang dilewatkan oleh tim sales Anda, mereka gagal karena mengabaikan Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process.

 

Kesalahan Negosiasi oleh Tim Sales

Pahami kesalahan negosiasi oleh tim sales dulu, agar paham Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process yang tepat. Tim Sales memerlukan kemampuan bernegosiasi yang handal. Sebab di zaman sekarang, baik konsumen atau perusahaan pembeli banyak yang agresif ketika bernegosiasi dengan persyaratan penjualan yang banyak.

Tim sales sering berfokus pada negosiasi saja, tanpa memahami apa yang dimaui calon atau pelanggan mereka. Tim sales terus menawarkan apa yang mereka punya, padahal sekarang pembeli lebih cerdas. Artinya, mereka sudah membuat kesalahan karena calon atau pelanggan akan merasa tidak nyaman. Ini menjadi bukti bahwa Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process di awal saja sudah gagal.

Selanjutnya, Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process agar berjalan tanpa kegagalan? Berikut adalah beberapa hal agar tim sales dapat terhindar dari kesalahan fatal saat bernegosiasi :

 

#1. Harga Bukan Alasan

Tim sales mudah gagal jika percaya bahwa harga merupakan alasan utama mengapa seseorang membuat keputusan membeli. Benar jika harga merupakan salah satu faktor dalam penjualan. Namun itu hanyalah faktor pendorong di balik keputusan akhir seseorang untuk memilih sebuah produk. Lalu Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process-nya? Pastikan Anda memahami manfaat produk Anda dan kualitas seperti apa yang dapat Anda tawarkan. Berikan nilai lebih pada produk Anda yang itu tidak ada pada produk kompetitor meski itu sejenis.

 

#2. Keterampilan Bertanya

Seorang sales membutuhkan kemampuan bertanya yang mumpuni. Mereka harus dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan cerdas tetapi bukan seperti menginterogasi. Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process pada poin ini? Ajak calon pelanggan berbincang-bincang ringan agar mereka percaya dan nyaman. Luangkan waktu untuk memahami kebutuhan calon pelanggan sebelum menawarkan produk. Tangkap dan kumpulkan informasi dengan baik. Sehingga Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada calon pelanggan dengan tepat. Dengan begitu Anda dapat bernegosiasi secara lebih efektif.

 

#3. Tetap Obyektif dan Kelola Ego

Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process selanjutnya? Setiap sales pasti memiliki sisi idealisme. Anda memang perlu percaya diri dalam menawarkan produk Anda. Perlihatkan bahwa produk tersebut menjawab permasalahan mereka. Namun bagaimana agar kepercayaan diri tersebut tidak terkesan menyombongkan diri? Tetaplah obyektif agar dapat melihat hal-hal lain dari dua sisi. Sisi Anda sebagai pembawa produk dan sisi calon pelanggan sebagai pengguna.

 

#4. Perencanaan yang Tepat

Apakah perencanaan juga masuk pada Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process? Pahamilah bahwa, “Kegagalan merencanakan, berarti Anda sudah merencanakan untuk gagal”. Luangkan waktu untuk merencanakan pendekatan Anda kepada calon pelanggan. Pilih strategi yang akan Anda gunakan, dan informasi apa yang masih perlu Anda negosiasikan untuk hasil terbaik.

 

#5. Tenang

Terakhir, Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process mampu berjalan lancar adalah tenang. Tim sales tidak diperkenankan membuat keputusan penting tanpa pemikiran yang tepat. Dan tidak diperkenankan juga membuat keputusan dalam keadaan emosi atau buru-buru agar segera mendapatkan kesepakatan bersama. Ambil waktu untuk berpikir tentang sebab, akibat, ataupun keuntungan yang perlu Anda garis bawahi.

Bagaimana Teknik Negosiasi dalam Sales Process berjalan lancar tergantung pada kemampuan Anda. Tingkatkan kemampuan Anda dan jadilah yang terbaik.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Untuk memahami tentang Customer Interested silakan cek video kami :  “How to Make Customers Interested? | CARA MENARIK CUSTOMER! ANDA WAJIB TAHU”




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp