08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Ketika Anda memiliki sebuah bisnis, Anda perlu rencana dan memastikan bahwa rencana tersebut berjalan sesuai tujuan yang sudah Anda tetapkan. Rencana tersebut disebut Business Plan dan menjadi acuan bagi Anda dan tim. Untuk mencapai tujuan. Sayangnya belum banyak bisnis yang mampu mewujudkan Business Plan yang dibuat secara optimal. Ada beberapa alasan mengapa Business Plan belum mencapai tujuan yang diharapkan.

Agar Business Plan Anda berhasil, Anda perlu menghindari beberapa kesalahan. Kesalahan-kesalahan yang menjadi penyebab Business Plan gagal dan akhirnya membuat bisnis tidak berkembang antara lain:

 

#1. Anda Belum Memahami Situasi

Saat ini banyak perubahan yang terjadi, mulai dari kebijakan, arah bisnis, dan lain sebagainya. Apakah hal ini sudah Anda masukkan dalam Business Plan Anda? Ada baiknya Anda juga memperhatikan perubahan situasi yang terjadi untuk rencana yang Anda buat.  Sehingga Anda perlu memahami situasi yang terjadi untuk menyusun Business Plan Anda. Tujuannya agar target yang Anda tetapkan untuk tahun depan akan terwujud.

 

#2. Belum Memahami Cara Menyikapi Kompetitor

Entah itu kompetitor yang Anda kenal atau yang ada di sekeliling Anda, bagaimana Anda menyikapinya selama ini? Apakah Anda mengabaikan saja dan mengerakkan bisnis seperti biasa? Atau sibuk menanggapi hingga lupa tujuan bisnis? Suatu ketika Anda perlu memperhatikan gerak kompetitor, belajarlah dari mereka, barangkali akan ada tambahan untuk Business Plan Anda agar lebih matang.

 

#3. Tidak Memahami Ancaman Ekonomi

Dalam membuat Business Plan demi tujuan bisnis, Anda tidak dapat menutup mata tentang ancaman krisis ekonomi yang berkembang. Ketika negara mengalami krisis ekonomi, tentu akan berdampak bagi bisnis Anda, sehingga Anda perlu langkah yang tepat ketika krisis terjadi. Dalam membuat Business Plan, hal-hal semacam ini perlu diperhatikan karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam waktu singkat.

 

#4. Data yang Dimiliki Sedikit

Dalam membuat Business Plan untuk tahun depan, Anda perlu memiliki data lengkap tahun kemarin dan tahun yang sedang berjalan. Mulai dari laporan keuangan, laporan, laporan customer, laporan survey, dll. Jika Anda tidak memiliki data yang lengkap, apa yang akan Anda tulis dalam Business Plan? Tanpa data, Anda bukan menciptakan Business Plan tetapi hanya membuat proyeksi kegagalan.

 

#5. Percaya Diri Melangkah Sendiri

Dalam menjalankan Business Plan memang dibutuhkan rasa optimis dan percaya diri. Namun sama seperti belajar menyetir mobil, Anda perlu didampingi oleh orang yang sudah ahli dalam hal menyetir mobil. Dalam bisnis, Anda perlu coach atau mentor yang bertugas untuk pendamping atau pembimbing. Coach atau mentor akan menjadi motivator ketika Anda sedikit goyah dan membantu Anda menganalisa hal yang terjadi dalam bisnis Anda. Seorang coach atau mentor akan memberikan kita pandangan dari perspektif yang berbeda dari penglihatan Anda.

 

#6. Kurang Memahami Timnya

Sumber daya manusia dari tahun ke tahun memiliki karakter dan cara berpikir yang berbeda. Sekarang coba Anda tengok dalam bisnis Anda, bagaimana karakter dan cara pikir tim Anda? Apakah Business Plan yang Anda buat sudah sesuai dengan kemampuan dan cara pandang mereka? Atau Business Plan hanya Anda buat berdasarkan karakter yang Anda miliki sendiri?

Ketika Anda membuat Business Plan tanpa melibatkan tim dan coach atau mentor, maka bisa dipastikan Business Plan yang Anda buat akan sama seperti Business Plan yang Anda buat ditahun-tahun sebelumnya.

Dan yang lebih tidak menyenangkan adalah, tim Anda akan merasa tidak memiliki bertanggung jawab dengan rencana yang sudah Anda buat. Hal ini terjadi karena Business Plan tersebut hanya bergantung Anda saja, dan tim Anda hanya sebagai figuran. Jadi tim merasa Andalah yang bertanggung jawab untuk mewujudkan Business Plan tersebut.

Namun Business Plan akan berjalan sukses luar biasa ketika Anda membuatnya bersama tim dan coach atau mentor, dengan bersumber data serta analisis yang tepat. Jadi benahi Business Plan Anda agar tidak merencanakan suatu kegagalan lagi.

Itulah kesalahan dalam membuat Business Plan yang dapat Anda hindari. Jika Anda membutuhkan Coach untuk bisnis Anda, Anda dapat menghubungi Tim Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210.

 

bisnis plan




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp