08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apa yang menjadi pertimbangan Anda saat membeli sebuah produk? Apakah karena kualitasnya bagus, karena promosinya menarik, atau karena rekomendasi teman yang sudah lebih dahulu memakainya?

Saat membahas tentang penjualan, memang banyak tips dan strategi untuk mendatangkan pengunjung dan akhirnya cepat closing. Tips itu misalnya; untuk meningkatkan skill seperti copywriting, desain grafis, manajemen, komunikasi, dan seterusnya. Kali ini kita akan berfokus kepada skill yang paling penting dan cenderung tidak terlihat dari luar. Ini masih terkait dengan komunikasi.

 

Seperti apa komunikasi yang berhasil itu?

Keberhasilan komunikasi ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara orang yang terlibat dalam komunikasi. Untuk mencapai kesamaan pemahaman, ada empat kuncinya; kejelasan pesan yang disampaikan, cara Anda menyampaikan pesan, perilaku Anda saat berkomunikasi, dan situasi saat berkomunikasi. Saat komunikasi dilakukan secara langsung, lebih baik bersikap fleksibel dalam berkomunikasi dengan lawan bicara. Bisa jadi orang di depan Anda itu sedang tidak mood saat berkomunikasi.

 

Komunikasi yang dibutuhkan dalam sales dan marketing

Pernahkah Anda mendapati seorang sales yang terlalu agresif dalam menawarkan? Alhasil, customer jadi risih. Atau yang hanya menunggu sangat lama? Pencapaiannya pun tidak maksimal karena hanya menunggu datangnya order. Ketika seorang salesman nyerocos melulu tentang produk, ini bukan komunikasi yang baik. Mereka bicara tentang produk, seolah customer tidak diberi kesempatan untuk bertanya atau menyampaikan pemikiran tentang produk yang dijelaskan oleh sales tadi. Bagaimana perasaan Anda kalau bertemu yang seperti itu?

Di kesempatan lain, mungkin Anda juga bertemu seorang sales yang terlalu banyak menjanjikan. Mereka membuat orang memiliki ekspektasi yang sangat tinggi. Tapi, karena tidak realistis, orang yang mendengar jadi terkesan “Kok kayaknya impossible ya?” Ini juga bukan jenis komunikasi terbaik yang dibutuhkan dalam penjualan.

 

Skill bertanya dan mendengar

Ada hal penting yang kadang tidak disadari banyak orang. Ini tentang skill mendasar dalam sales dan marketing, yaitu bertanya dan mendengar. Bukankah bertanya dengan tepat bisa membuat kita lebih memahami orang lain? Begitu juga dalam hal penjualan kepada calon customer. Yang kita maksud bertanya bisa dilakukan secara langsung maupun melalui survei kebutuhan calon target market.

Selain bertanya, kemampuan yang kita butuhkan berikutnya adalah mendengar. Closing penjualan artinya ketika customer mendapat solusi atas masalah atau kebutuhannya. Jadi apa yang harus dilakukan dalam komunikasi sebagai seorang penjual? Selain bertanya, sales juga perlu mendengar. Ingat bahwa Tuhan menciptakan 2 telinga dan satu mulut. Jadilah lebih banyak mendengar daripada bicara.

Jika Anda mengemban tugas dalam bidang penjualan, apa yang Anda lakukan sejauh ini? Setelah Anda bertanya untuk menggali kebutuhan customer, tugas Anda adalah mendengar mereka. Begitu anda paham maka kemungkinannya closing jadi lebih maksimal.

Kami mengerti bahwa Anda ingin mendapatkan penjelasan lengkap dan terpercaya tentang strategi sales dan marketing yang berhasil. Karena itu, kami siap membantu Anda untuk lebih berkembang.

 

Silakan sampaikan kebutuhan Anda kepada kami di nomor 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp