08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Banyak yang mencari informasi tentang penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal perekonomian dan bisnis, sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu tentang Ekonomi Pancasila. Ekonomi Pancasila adalah sistem ekonomi yang berlandaskan ideologi pancasila, berdasarkan atas asas kekeluargaan dan kegotongroyongan nasional. Sistem ekonomi yang berlandaskan ideologi Pancasila memberikan kebebasan kepada setiap warga negara untuk berusaha atau membangun usaha perekonomian dengan batasan dan syarat-syarat tertentu.

 

Apa Kelebihan Sistem Ekonomi Pancasila?

Kelebihan dari sistem Ekonomi Pancasila adalah hak milik perorangan diakui selama pemanfaatannya tidak bertentangan dengan kepentingan masyarakat. Selain itu, potensi inisiatif dan kreasi setiap warga negara dapat dikembangkan sepenuhnya selama tidak merugikan kepentingan umum. Warga negara juga mempunyai kebebasan dalam memilih pekerjaan yang sesuai atau yang dikehendaki.

 

Bagaimana Implementasi Sistem Ekonomi Pancasila dalam Bisnis?

Apapun sistem ekonomi yang dianut suatu negara, tentu ada tujuan yang ingin dicapai. Hal-hal yang diharapkan dapat tercapai oleh sistem ekonomi yang dianut tersebut diantaranya : kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. pertumbuhan ekonomi, dan kestabilan ekonomi dengan kesempatan kerja yang luas. Di dalam dunia bisnis, implementasi dari sebuah sistem ekonomi pancasila sangatlah luas dan beragam. Misalnya:

 

#1. Implementasi sila ke-1

Melibatkan iman di dalamnya. Misalnya pengelolaan sistem keuangan yang baik akan menjauhkan dari kemungkinan kerugian dan potensi terjadinya penyalahgunaan keuangan perusahaan yang bertentangan dengan nilai agama atau ketuhanan yang diimaninya.

 

#2. Implementasi sila ke-2

Melibatkan prinsip keadilan dalam memimpin timnya. Sebagai contoh, memberikan gaji dan fasilitas karyawan sesuai dengan tingkat kinerja, tanggung jawab dan risiko yang diberikan pada perusahaan. Hal tersebut merupakan implementasi dari nilai kemanusiaan yang adil dan beradab.

 

#3. Implementasi sila ke-3

Seluruh masyarakat Indonesia tentu tahu bahwa negara ini adalah negara yang majemuk dan memiliki banyak kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu dalam menghasilkan produk usaha terbaik, seharusnya tidak bertentangan dengan nilai dan norma masyarakat sekitar dan tentunya bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan produk yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang, maka Anda bisa berharap bahwa produk tersebut bisa digunakan dan tidak menimbulkan masalah dalam pemanfaatannya.

 

#4. Implementasi sila ke-4

Wujud dari sila ke-4 adalah mengutamakan adanya permusyawaratan. Dengan adanya kebersamaan dan musyawarah dalam perusahaan untuk memutuskan segala masalah yang menyangkut usaha, maka nantinya keputusan akan dapat memfasilitasi semua pihak yang terlibat.

 

#5. Implementasi sila ke-5

Implementasi dari sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia misalnya proses distribusi yang baik kesemua penjuru dan produk tersebut bisa dimanfaatkan banyak pihak. Dengan demikian akan berdampak pada pemerataan pemasaran terhadap produk hasil usaha Anda.

Jadi apakah Anda siap memberi warna Indonesia pada usaha yang Anda bangun? Jangan ragu untuk menghubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, untuk 1on1 Business Coaching maupun In House Training.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp