08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bisnis dan Entrepreneur

 

Siapa yang tidak mengetahui arti kata bisnis, bisnis merupakan sebuah usaha dimana setiap orang atau kelompok harus siap untung maupun rugi. Sebuah bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang saja, tetapi banyak faktor yang mendukung misalnya keahlian, ilmu, dan relasi yang dapat menjadi modal bisnis. Sedangkan orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Entrepreneur. Sebagai seorang entrepreneur, anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah business plan.

Business plan atau  perencanaan bisnis merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan/pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha (business opportunities) yang terdapat di lingkungan eksternal perusahaan, menjelaskan keunggulan kompetitif usaha (competitive advantage), serta menjelaskan berbagai langkah yang harus dilakukan untuk menjadikan peluang usaha menjadi suatu bentuk usaha yang nyata.

 

Apa Isi Umum Sebuah Business Plan?

Dapat dikatakan bahwa business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh perusahaan/pengusaha yang menggambarkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memulai pada waktu usaha. Isi business plan sering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan, operasional dan sumber daya manusia.  Secara umum isi business plan menjelaskan tentang :

-. Penjelasan mengenai bisnis yang dijalankan : Meliputi aspek legalitas dari bisnis, seperti kerja sama dengan siapa, lisensi yang dimiliki atau perizinan yang telah dimiliki. Jenis bisnis, seperti perdagangan atau manufaktur atau jasa

-. Penjelasan mengenai produk atau jasa yang dihasilkan : Meliputi penjelasan tentang bisnis yang lakukan apakah termasuk bisnis baru, pengambilalihan (takeover), perluasan, franchise, atau keagenan. Di sini juga harus dapat menjelaskan tentang mengapa bisnis yang jalankan menguntungkan dan bagaimana peluangnya, serta bagaimana hubungan dengan para pemasok, pihak perbankan, dan distributor. Pada penjelasan mengenai produk atau jasa yang hasilkan, di jelaskan secara terperinci keunggulan produk dan jasa yang hasilkan dari kacamata konsumen.

-. Penjelasan mengenai lokasi bisnis yang dijalankan : Lokasi bisnis yang di jalankan juga memegang peran penting bagi tingkat keberhasilan usaha. Faktor-faktor yang diperlukan berkenaan dengan lokasi yang dipilih misalnya terkait luas bangunan, alasan mengapa lokasi tersebut dipilih, tentang fasilitas yang ada apakah lokasi dilengkapi saluran pembuangan, di pinggir jalan utama, dilalui oleh transportas umum, dll.

Pada bagian depan business plan, sebaiknya memberikan informasi mengenai nama perusahaan, alamat, nomor telepon, penjelasan mengenai hal-hal yang spesifik dan unik dari bisnis yang sedang dijalakan, dan semua informasi, termasuk misi serta tujuan mengapa terjun di bisnis ini, semua harus disajikan secara jelas.

Dokumentasi  : In House Training : Entrepreneurial Management and Entrepreneurship Business Plan – Universitas PGRI Yogyakarta – Kamis & Jumat, 15 & 16 Oktober 2015

 

“Sangat bermanfaat untuk membangun pondasi bisnis saya dan saya menjadi lebih paham dan peka akan kebutuhan pasar.” (Ayunda Silvia D.E.)

“Disini saya mendapatkan ilmu untuk pengembangan kewirausahaan. Pada kegiatan ini kita diajak untuk lebih aktif dan mampu mengembangkan diri, sehingga kedepannya dapat menjadi orang yang bermanfaat.” (Murdo Hernowo A.)

 

Silakan ikuti agenda kami melalui website dan media sosial kami di Instagram @akeyodia atau hubungi marketing 08112652244 / 08112652210

 

Training Entrepreneur : Sukses dengan Business Plan Training Entrepreneur : Sukses dengan Business Plan Training Entrepreneur : Sukses dengan Business Plan



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp