08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Dalam menjalankan bisnis baik dilakukan tatap muka ataupun online, harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Tujuannya agar setiap pelaku bisnis dapat memperoleh keuntungan serta mendapatkan pencapaian yang optimal. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, perlu metode khusus untuk meningkatkan penjualan. Yuk belajar mengenai hal – hal yang berkaitan dengan strategi pemasaran. Sehingga, Anda dapat memiliki target dan tujuan bisnis yang tepat terutama melalui bisnis online.

Strategi pemasaran merupakan perencanaan serta penyusunan program untuk mencapai suatu target pasar. Dari target pasar tersebut, nantinya akan diubah menjadi konsumen. Dengan strategi tersebut, maka Anda dapat menentukan target utama bisnis dan dapat membidik konsumen secara spesifik. Anda juga akan lebih mudah dalam mengkoordinasikan antar tim berkaitan dengan pemasaran produk.

Anda membutuhkan strategi bisnis yang tepat agar langkah dan program yang dijalankan berjalan baik. Hal penting yang perlu Anda perhatikan terkait membuat strategi bisnis adalah:

 

#1. Membangun Brand Awareness

Mengapa perlu membangun brand awareness? Ketika target pasar lebih mengenal produk dari brand Anda, maka target pasar tersebut akan menjadi konsumen produk Anda. Ketika Anda mengenalkan nilai jual produk Anda, maka semakin besar kesempatan konsumen untuk mengingat brand produk Anda. Tentu saja hal ini akan membawa dampak positif bagi kredibilitas bisnis Anda.

 

#2. Tepat Membidik Pasar

Menentukan target pasar yang sesuai dengan produk yang dimiliki merupakan sebuah kewajiban para pelaku bisnis. Ketika Anda memiliki target pasar yang jelas, maka Anda akan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Anda dapat melakukan riset kebutuhan konsumen, hingga riset tentang kompetitor dari bisnis Anda. Tujuannya agar Anda dapat memperkirakan peluang dari persaingan bisnis yang mungkin akan terjadi.

 

#3. Pengoptimalan Sumber Daya yang Dimiliki

Perlu diketahui bahwa strategi pemasaran produk juga perlu memperhatikan sumber daya yang dimiliki. Anda dapat melakukan penghematan dana dan tidak membelanjakan dana untuk hal yang bukan menjadi prioritas.

 

#4. Membangun Reputasi

Membangun reputasi merupakan hal terpenting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Sebab ketika kredibilitas perusahaan meningkat maka tingkat kepercayaan konsumen juga akan ikut meningkat.

 

#5. Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Tujuan strategi pemasaran produk tentu untuk meningkatkan pertumbuhan dari segi keuntungan bisnis. Pemasaran yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan. Hal ini dapat dicapai, ketika manajemen dan koordinasi antar setiap departemen berjalan dengan baik.

 

Pemasaran Online yang Efektif

Setelah memahami strategi pemasaran produk dan tujuan penggunaannya. Berikut strategi pemasaran online yang dapat Anda gunakan:

  1. Email: Anda dapat menggunakan email untuk menjangkau konsumen.
  2. Search Engine Optimization / SEO: Anda dapat melakukan optimasi SEO untuk dapat meningkatkan peringkat halaman situs Anda pada mesin pencari.
  3. Content Marketing: Anda harus meyakinkan konsumen dengan bantuan konten yang sesuai. Konsumen akan tertarik dengan penyampaian konten Anda dan pada akhirnya menginginkan produk Anda.
  4. Google Bisnisku: Fitur Google Bisnisku diciptakan oleh Google untuk membantu setiap pengusaha mandiri, UKM, maupun perusahaan besar untuk mengembangkan dan memperkenalkan bisnis mereka.
  5. Social Media Ads: Platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah media sosial yang paling banyak digunakan. Platform tersebut juga memiliki fitur layanan iklan bisnis (ads).
  6. Riset Keyword: Ketika Anda membuat situs website, penting untuk membuat strategi konten yang baik, menggunakan target keyword yang tepat, dan sesuai kebutuhan produk Anda.
  7. Tujuan dan Anggaran: Di awal Anda perlu melakukan riset pasar, memperhtikan tujuan, dan memperhatikan anggaran yang Anda miliki. Lakukan manajemen keuangan dan berdiskusi dengan stakeholder terkait tujuan utama perusahaan.
  8. Membangun Jaringan: Strategi pemasaran produk yang terakhir yaitu mengembangkan jaringan dan relasi. Mengembangkan jaringan dapat dilakukan melalui media sosial, website, iklan, atau face to face. Tunjukkan citra atau kredibilitas yang baik kepada konsumen Anda.

Anda perlu melakukan perencanaan program agar dapat mencapai target pasar yang tepat dan nantinya dapat menjadi konsumen produk Anda. Dalam membangun bisnis, pastikan untuk membuat perencanaan matang dan riset pasar terlebih dahulu. Selanjutnya baru membuat strategi bisnis yang sesuai dengan produk Anda.

Yuk kepoin Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210, untuk tahu info in house training, seminar, dan webinar bersama Akeyodia.

Simak juga pembelajaran: TRIK MARKETING MASA KINI! SUDAH TAHU?- VLOG 33




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis