08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebelum membahas lebih jauh tentang Selling-Closing. Anda perlu memahami pengertian marketing, selling, dan closing. Marketing secara singkat adalah pemasaran. Tujuannya jelas, untuk memasarkan produk Anda sehingga dikenal orang dan meningkatkan permintaan pasar. Selling artinya jualan dan closing berarti penutupan. Tujuan dari selling adalah menjual produk kepada target pasar. Sehingga dapat diketahui bahwa Marketing dan selling saling berkaitan.

Ketika marketing memasarkan produknya agar semakin dikenal luas dan meningkatkan permintaan dari pasar, kemudian tugas selling adalah mengeksekusi penjualan. Lalu dimana posisi closing? Perbedaan Selling dan Closing Adalah pada posisinya. Karena closing di dalam selling, artinya adalah menutup penjualan atau terjadi transaksi. Sehingga sebenarnya, closing merupakan bagian dari selling. Dalam selling pasti mengunakan teknik-teknik tertentu yang berujung kesepakatan pembelian atau transaksi.

 

Perbedaan Selling dan Closing Adalah

Apa yang membuat seseorang hebat dalam selling dan yang lainnya tidak begitu hebat? Itu terletak pada perbedaan sederhana tentang pemahaman antara selling dan closing.

Di dalam selling berarti ada pengembangan penjualan, memahamkan konsumen tentang produk, memotivasi konsumen untuk membeli dan mencoba membuat konsumen dekat dengan Anda.

Meski tujuannya agar ada transaksi namun di dalam selling fokus Anda pada menawarkan. Selling adalah proses yang mengarah pada transaksi, itulah perjalanannya. Selling mencapai titik ketika mereka ingin membeli dan berakhir ketika mereka benar-benar membeli.

Lalu apa artinya closing? Beberapa orang mengatakan closing merupakan keputusan dan komitmen untuk membeli. Tetapi keputusan atau komitmen untuk apa? Contoh mudahnya, apabila ada lima katak di batang kayu dan kelima katak tersebut memutuskan untuk melompat. Berapa banyak jumlah katak di batang kayu? Jawabannya “Lima”. Mengapa? Karena katak-katak itu ‘tidak benar-benar melompat’. Mereka hanya ‘memutuskan’ akan melompat.

 

Selling itu Bukan Perkara Mudah

Hal di atas menunjukkan betapa tidak mudahnya pekerjaan salesperson. Apakah menurut Anda closing mengikuti proses seperti katak tadi? Apa yang perlu dilakukan agar closing? Haruskah langsung masuk pada proses penjualan atau banyak bertanya terlebih dahulu?

Pahamilah terlebih dahulu siapa yang menjadi konsumen Anda. Pahami dan tanya dengan cara yang sangat professional. Tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda tidak punya banyak waktu untuk disia-siakan dan mereka juga tidak punya banyak waktu untuk disia-siakan. Jadi Anda akan memanfaatkan waktu itu untuk menggunakan sales skills Anda dengan optimal.

Namun jika konsumen belum bersedia melakukan transaksi dengan Anda, jangan lupa untuk memberikan pertanyaan klarifikasi. Contohnya, “Baiklah jika Anda belum siap membeli. Namun bolehkah saya tahu mengapa/alasan apa yang membuat Anda belum siap membeli? Mungkin ada saran untuk kami?” dan berikan kontak Anda agar mereka mudah menghubungi Anda.
Ini akan lebih baik dari pada Anda memaksa mereka untuk tetap membeli atau memaksa mereka untuk mendengarkan penjelasan Anda tentang apa yang Anda tawarkan. Hal ini membuat tidak nyaman dan beberapa menganggap Anda terlalu agresif.

Ketika Anda telah membangun hubungan baik, maka suatu ketika konsumen akan mengingat produk atau jasa yang Anda tawarkan saat dia membutuhkannya.

 

Kesimpulan

Belajar dari kasus lima katak tadi maka Perbedaan Selling dan Closing Adalah pada hasil akhirnya. Proses selling mencapai puncak pada saat saat katak-katak tersebut ‘memutuskan’ akan melompat. Sedangkan proses closing berarti katak-katak tersebut ‘tidak benar-benar melompat’ dari batang kayu ke dalam air.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Silakan hubungi kami untuk Anda yang memiliki komunitas dan ingin menyelenggarakan webinar free dengan Akeyodia.

Untuk memahami tentang Closing silakan cek video kami :  “How To Fast Closing In Selling | CARA CEPAT CLOSING! BUAT CALON CUSTOMER MEMBELI YANG ANDA TAWARKAN!”.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp