08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Ketika Anda sedang mencari langkah-langkah menjadi pengusaha sukses, maka jangan lewatkan membaca artikel ini sampai selesai. Karena kita memang tidak banyak belajar tentang bagaimana menjadi pengusaha sukses saat sekolah. Sehingga kita harus belajar secara mandiri untuk menjadi pengusaha sukses. Semua orang mencari langkah-langkah menjadi pengusaha sukses, tapi apakah mereka benar-benar melakukannya?

Untuk menjadi pengusaha sukses, dibutuhkan kemampuan dalam mengalkulasi risiko yang akan terjadi. Oleh karena itu, maka jumlah pengusaha sukses tidak cukup banyak. Jika Anda salah stau yang ingin menjadi pengusaha sukses, yuk segera tiru langkah-langkah menjadi pengusaha sukses berikut ini:

 

1. Apakah Usaha Tersebut yang Anda Cintai?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses tentu dengan menjalankan usaha yang benar-benar Anda sukai. Anda harus memiliki hasrat dan benar-benar menyukai produk atau jasa yang dirintis, sehingga ketika menjelaskan kepada orang lain bisa dengan lancar. Karena ketika mencintai usaha tersebut, maka Anda akan menjalani masa memperhatikan ceruk pasar hingga menemukan unique selling point (USP) dengan sepenuh hati.

 

2. Apakah Tahu yang Anda Inginkan?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses adalah tahu apa yang diinginkan dan fokus menjalankannya. Anda perlu fokus dan mencurahkan kemampuan untuk mengembangkan usaha yang dibangun.

 

3. Apakah Selalu Memiliki Inovasi?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses adalah dengan berfikir ‘luar biasa’. Orang-orang cenderung menyukai inovasi dan sebuah keunikan. Namun yang perlu Anda dipikirkan adalah inovasi dan keunikan tersebut harus dipikirkan dengan matang serta strategi pasar yang jelas dan tepat.

 

4. Apakah Sudah Belajar Tentang Model Bisnis?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses adalah dengan mengikuti aturan model bisnis yang diakui. Selain unik dan penuh inovasi, bastikan model bisnis yang Anda gunakan dapat mencerminkan pangsa pasar Anda.

 

5. Apakah Anda Mampu Melakukan Manajemen Waktu?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses tentu dengan melakukan manajemen waktu. Sebagai pengusaha, pastikan bahwa Anda dapat melakukan manajemen waktu dengan baik sehingga tidak terlalu memaksakan diri. Buatlah perencanaan dan persiapan matang untuk usaha dan kehidupan Anda.

 

6. Apakah Anda Sudah Menulis Tujuan?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses adalah dengan menulis tujuan secara jelas. Ketika Anda sudah menulis tujuan, Anda dapat fokus dan bersemangat menjalankan ide bisnis Anda. Ketika terjadi suatu hal, Anda dapat mundur selangkah dan melakukan evaluasi tentang apa yang telah dilakukan. Ketika Anda sudah menulis tujuan secara jelas, fokuslah pada realitas menjalankan bisnis. Perhatikan keadaan pasar, untung dan rugi, hingga sumber daya yang ada. Ketika semua hal tersebut sejalan dengan tujuan Anda dan mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda dapat terus melakukan inovasi.

 

7. Apakah Anda Memiliki ‘Guru’?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses adalah dengan menemukan guru, coach, atau mentor yang berpengalaman. Pertimbangkan saran dari guru, coach, atau mentor tersebut dengan tetap menonjolkan visi, misi, dan budaya yang sudah Anda bentuk.

 

8. Apa Media yang Digunakan?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses tentu dengan menggunakan media promosi dengan benar. Ketika bisnis Anda memiliki USP, Anda dapat menggunakannya sebagai pengait untuk menonjolkan sebuah cerita. Media sosial dapat menjadi media promosi yang sangat sukses ketika Anda tahu cara mengolah cerita sehingga orang-orang akan melirik usaha atau produk Anda.

 

9. Bagaimana Anda Memandang Diri?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses adalah dengan menghargai diri sendiri. Saat ini mungkin Anda sangat semangat, penuh energi, dan memiliki perencanaan matang, tetapi kenyataannya menjalankan bisnis bisa saja menjadi hal yang melelahkan. Untuk itu gunakan waktu senggang untuk diri Anda sendiri dengan mensyukuri hal-hal yang sudah Anda capai dan pelajari.

 

10. Bagaimana Sikap Anda Berusaha?

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses adalah dengan meningkatkan sikap positif dalam diri. Ketika Anda memulai usaha sendiri, sudah dipastikan Anda adalah orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Sikap berharga ini perlu diimbangi dengan ketekunan, kejujuran, leadership, dan pantang menyerah.

Nah itu tadi sepuluh langkah-langkah menjadi pengusaha sukses. Selain kesepuluh langkah-langkah di atas, pertimbangkan juga cara mengembangkan merek dan produk atau layanan. Mulailah untuk membuat merek pribadi, yang mencerminkan kepribadian dan citra profesional yang Anda ingin tampilkan dalam usaha.

 

Dokumentasi Webinar Bersama PLUT KUMKM Kota Surakarta

Beberapa waktu lalu Akeyodia bekerja sama dengan PLUT KUMKM Kota Surakarta mengadakan webinar dengan tema Mengubah Ekspektasi Menjadi Apresiasi (Accepting Yourself). Webinar ini dilaksanakan pada Senin, 21 Februari 2022 dengan Bapak Teguh Setyahadi sebagai moderatornya. Bapak Teguh Setyahadi sendiri adalah Koordinator Kunsultan PLUT KUMKM Kota Surakarta. PLUT KUMKM sendiri merupakan singkatan dari Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis