08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pengalaman pelanggan (customer experience) merupakan tanggapan dari pelanggan secara internal serta subjektif. Hal tersebut didapatkan ketika pelanggan melakukan interaksi dengan agen bisnis. Pengalaman pelanggan (customer experience) dapat menstimulasi motivasi pelanggan serta meningkatkan nilai produk dan jasa. Hal tersebut merupakan hasil interaksi secara fisik dan emosional antara pelanggan dengan perusahaan. Dibenak mereka kemudian akan tercipta persepsi yang nantinya mempengaruhi penilaian terhadap perusahaan.

Perusahaan yang mempelajari pengalaman pelanggan (customer experience) akan dapat mengetahui beberapa hal. Antara lain tentang keefektifan strategi bisnis, feedback dari pelanggan, tingkat kepuasan dan kenyamanan pelanggan, serta loyalitas pelanggan. Namun ada faktor penting pengalaman pelanggan (customer experience) yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

 

#1. Faktor Kebermanfaatan

Lihat bisnis Anda dan pikirkan apakah konsumen merasa terbantu oleh hadirnya produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan Anda. Hal tersebut terkait terpenuhinya semua hal, mulai dari produk, layanan, dan juga kebutuhan informasi.

 

#2. Faktor Penyelesaian Masalah

Pengalaman pelanggan (customer experience) dipengaruhi juga oleh apa yang dialami mereka ketika berinteraksi. Di mana saat interaksi dengan produk atau jasa Anda, mereka mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi.

 

#3. Faktor Perlakuan

Pengalaman pelanggan (customer experience) yang positif juga dipengaruhi oleh bagaimana konsumen merasa dia diperhatikan oleh perusahaan Anda ketika melakukan interaksi.

Membangun Customer Experience

Interaksi secara langsung maupun tidak langsung dengan konsumen merupakan cara membangun kedekatan pelanggan agar menghasilkan pengalaman pelanggan (customer experience) yang positif. Feedback dari pelanggan akan mempengaruhi citra perusahaan dan berdampak bagi kelangsungan perusahaan. Ketika Anda dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, otomatis akan membantu meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) juga.

 

Membangun pengalaman pelanggan (customer experience) memiliki banyak manfaat, antara lain:

-. Meningkatkan Kualitas

Ketika Anda membangun pengalaman pelanggan (customer experience) dengan mendengarkan pelanggan, Anda justru dapat melakukan proses pengembangan produk. Pengembangan produk tersebut digunakan untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat diterima masyarakat.

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang dapat menciptakan produk atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Perusahaan yang dapat menggabungkan tanggapan pelanggan dengan pengembangan produk akan memiliki keunggulan produk kompetitif dan mampu meraih loyalitas serta dukungan pelanggan.

 

-. Tolak Ukur Kepuasan Produk/Jasa

Ketika Anda membangun pengalaman pelanggan (customer experience) yang positif, maka akan dapat mengukur kepuasan mereka terhadap produk atau jasa yang Anda ciptakan. Anda dapat mengukur pengalaman pelanggan (customer experience) secara langsung, atau tidak langsung misalnya melalui email, telpon, website, dan lainnya.

 

-. Meningkatkan dan Mempertahankan Konsumen

Dalam bisnis, Anda perlu mengumpulkan tanggapan dan pengalaman pelanggan (customer experience) demi membangun dan mempertahankan pelanggan. Ketika Anda menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan, maka akan membuat pelanggan kembali kepada Anda. Cara menciptakan pengalaman tak terlupakan adalah dengan menanyakan apa yang mereka inginkan guna menciptakan suatu hal yang lebih baik.

 

-. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Mengumpulkan tanggapan dan pengalaman pelanggan (customer experience) dapat membuat Anda mengetahui apakah mereka senang atau tidak dengan produk dan layanan Anda. Ketika pelanggan puas, mereka akan loyal, menjadi pelanggan tetap, dan tidak mudah pindah ke kompetitor.

 

-. Data Pengembangan Usaha

Mengumpulkan tanggapan dan pengalaman pelanggan (customer experience) akan membuat Anda memiliki data. Data tersebut dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang terbaik bagi pengembangan usaha. Data tersebut juga dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk mengambil keputusan operasional maupun marketing. Data yang Anda kumpulkan merupakan data nyata tentang apa yang konsumen pikirkan tentang produk atau jasa Anda.

Untuk itu tidak perlu ragu untuk meminta penilaian dan testimonial dari pelanggan. Tanggapan mereka dapat memberikan Anda pemahaman yang berharga terkait produk atau layanan Anda. Wawasan yang Anda dapatkan membantu Anda menciptakan produk yang sesuai harapan pelanggan.

 

Dokumentasi Webinar Akeyodia

Berikut adalah dokumentasi-dokumentasi kegiatan webinar kami. Ada yang bersama Rumah BUMN Temanggung dengan tema “Meningkatkan Skill Penjualan agar Mudah Closing” yang dilaksanakan pada Senin, 11 Oktober 2021. Dan ada pula yang bersama Laboratorium Ilmu Makanan Ternak – UGM dengan tema “The Secret to a Happy Life: Perbaiki Tujuan Hidup dengan Konsep IKIGAI” yang dilaksanakan pada Senin, 4 Oktober 2021. Ingin melaksanakan webinar CSR untuk komunitas Anda? Hubungi nomor 08112652244 /08112652210.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp