08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah Anda menggunakan testimonial dalam strategi pemasaran Anda? Jika tidak, Anda siap-siap kehilangan alat yang ampuh dan dapat meningkatkan penghasilan Anda. Salah satu alasan orang membeli produk dan layanan Anda adalah karena mereka tahu orang lain telah menggunakannya dan menyukainya. Itu disebut bukti sosial (social proof), dan itu termasuk testimonial.

Testimonial adalah tentang kepercayaan. Kata-kata yang menunjukkan bahwa pelanggan puas. Walau kata-kata seperti ini merajalela di dunia marketing online. Sementara itu, tidak sedikit orang berasumsi bahwa testimonial yang ditemukan di dalam pesan pemasaran suatu produk adalah ‘dibuat-buat’ dan tidak asli.

Belum lagi kalau suatu hari kita ingin membeli produk atau jasa. Kita mencari review di internet. Hasilnya sangat beragam. Beberapa review kurang lengkap, hanya menyebutkan ‘hal-hal di permukaan’ atau malah menyebutkan baik-baiknya saja. Manusia juga cenderung ‘menghindari konflik’ dengan cara memberi jawaban yang paling menyenangkan, yang membuat sulit mendapat feedback yang clear. Kita tanyakan ke teman sendiri, misalnya mereka pernah jadi konsumen, jawabannya pun belum tentu valid karena faktor subjektivitas.

 

Mulai dengan Ajukan Pertanyaan yang Tepat

Kapan bisa menemukan waktu yang lebih baik untuk bertanya pada customer selain pada saat menawarkan? Saat yang tepat ketika mereka telah menggunakan produk Anda dengan sukses. Setiap produk, layanan, ataupun kursus online membutuhkan testimonial. Adalah tugas business creator untuk meminta mereka. Jika Anda tidak meminta, Anda tidak mendapatkan, jadi mengapa tidak memulai untuk bertanya untuk mendapatkan testimonial yang bisa dipercaya?

 

Sosok yang relevan, bukan hanya populer

Kuncinya adalah menampilkan sosok yang relevan, seperti tokoh-tokoh otoritas yang sudah dipercaya orang dan mendorong mereka untuk ‘mengangkat nama baik’ produk yang dimaksud. Sebagian besar brand tampaknya menunjukkan bahwa testimonial dari tokoh otoritas cenderung bekerja jauh lebih baik daripada testimonial dari orang-orang pada umumnya.

Alih-alih meminta testimoni dari seseorang hanya karena mereka populer, penting untuk memilih testimoni dari seseorang yang akan dianggap relevan. Ini tidak sama dengan dukungan dari seorang selebritas. Pada akhirnya, itu bukan tentang popularitas. Sebaliknya, ini tentang otoritas.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp