08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Dalam dunia kerja, kerja sama merupakan salah satu elemen penting dalam hal meraih tujuan. Kerja sama tim tidak hanya bisa menyelesaikan tugas-tugas kecil, namun bisa meraih tujuan tim. Kerja sama tim yang efektif tentunya akan memberikan sebuah pengalaman yang berharga dan merupakan tempat untuk belajar dalam mengatasi kendala dalam pekerjaan. Tentu saja setiap orang mempunyai cara bekerja yang berbeda, ada yang terbiasa bekerja sendiri dan yang lebih menyukai kerja bersama-sama dalam menyelesaikan tugas.

Apakah Kerja Sama Perlu Dilatih?

Untuk Anda yang belum terbiasa bekerja bersama orang lain, maka mulailah membiasakan diri bekerja sama dalam tim. Sebab dengan bekerja sama dalam tim maka akan menghasilkan output yang lebih besar dibandingkan dengan bekerja secara individu.

Membangun kerja sama itu penting dalam bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Anda tentunya memerlukan sinergi setiap tim antar departemen untuk mencapai target secara keseluruhan. Hal ini hanya bisa terjadi dengan membangun kerja sama.

Disamping itu, kerja sama tim bermanfaat juga bagi perkembangan setiap individu karena dapat saling bertukar ide dan memberikan umpan. Membangunkan kerja sama dalam tim yang solid dan efektif kadang merupakan tantangan. Sebuah instansi atau perusahaan tidak akan berkembang menjadi lebih baik jika di dalamnya tidak ada kerja sama tim yang solid. Membangun tim yang solid tidaklah mudah, berikut hal-hal yang perlu di pertimbangkan Dalam Membangun Sebuah Tim Yang Solid :

 

#1. Kesamaan Visi dan Misi dalam Instansi atau Perusahaan

Kesamaan visi dan misi dengan orang-orang yang berada di dalam sebuah tim dalam instansi atau perusahaan akan menciptakan kerja sama tim yang solid. Dengan persamaan visi dan misi kemudian akan membentuk satu tujuan yang sama sehingga apa yang menjadi tujuan akan lebih cepat tercapai.

 

#2. Terbuka Terhadap Gagasan Baru

Percayalah bahwa terkadang gagasan baru bisa saja muncul dari seseorang yang tidak terduga sebelumnya. Oleh karena itu Anda harus percaya bahwa tim Anda akan selalu memberikan yang terbaik termasuk menggali gagasan potensial yang baru. Berikan ruang kreatifitas mereka tumbuh dan berkembang dengan baik sebab kebebasan beropini akan membuat mereka mendapatkan ide yang “out of the box”.

 

#3. Memberikan Contoh

Pernahkah Anda mendengar kalimat, “Satu tindakan lebih baik daripada seribu ucapan”. Setiap orang yang terlibat dalam sebuah tim kerja tentu selalu membutuhkan sosok yang bisa dijadikan sebuah motivasi bagi mereka. Motivasi tersebut bisa diterapkan dalam sebuah tim kerja agar menjadi semakin solid. Motivasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah kerja tim, namun suatu contoh tindakan nyata akan lebih berguna.

 

Perlunya Saling Menghormati dalam Sebuah Tim

Jangan lupa juga satu kunci utama dalam membangun tim kerja yang solid, yaitu saling menghormati setiap individu dalam tim kerja Anda. Untuk membangun tim kerja yang solid maka Anda harus memulai sikap positif dan saling menghormati sehingga aura positif akan menyebar ke tim kerja Anda. Hal yang harus Anda pahami adalah tiap pribadi dalam tim memiliki kapasitas, karakter, kemampuan, dan pengalaman yang berbeda.

Setelah Anda fokus pada kerja sama tim, jangan lupa untuk mengkaji ulang performa, ekspektasi dan tujuan tim. Mintalah umpan balik dari rekan-rekan tim Anda untuk mengukur apakah pencapaian kinerja tim Anda sudah optimal. Dari sini Anda bisa melihat apa yang kurang dan selanjutnya memperbaiki kinerja untuk proyek tim selanjutnya.

Apa yang Bisa Kami Lakukan?

Berbeda pendapat dalam sebuah tim adalah hal yang biasa, Anda bisa melihat dari sisi positifnya yaitu dapat memperkaya tim dengan gagasan baru. Kami sudah berpengalaman melakukan training tentang kehidupan dan tim yang solid.

Berikut adalah dokumentasi In House Training : Improve your Life pada PD BPR Bank Daerah Karanganyar yang diselenggarakan pada Sabtu, 20 September 2014.

“Kami lebih lega mengetahui potensi yang mungkin belum kami sadari selama ini. Bisa lebih terbuka antar keluarga. Dan untuk pekerjaan kami lebih bisa mengeluarkan kemampuan kami”. (Anang Wahyu S.)

“Membuat diri saya lebih semangat lagi dalam menjalani hidup dan bekerja. Saya lebih bisa memahami apa artinya hidup dan menghargai teman”. (Aris Sunarto)

“Menambah ilmu pengetahuan lebih bisa mengaktualisasi diri saya sendiri dan menambah semangat kerja agar lebih baik lagi”. (Riva Marta P.)

 

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp