08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Saat Anda membangun bisnis atau usaha, bagaimana cara Anda mendapatkan modal? Ketika pertama membuka bisnis atau usaha, diperlukan dana yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membangun dan mengembangkan bisnis. Meski terkadang ada bisnis atau usaha yang bisa dirintis tanpa modal seperti menjadi reseller, dropshipper, atau lainnya. Tetapi Anda perlu tahu cara pengusaha mendapatkan modal.

Dalam menentukan modal, jangan sampai Anda membabi-buta dalam mengembangkan bisnis atau usaha hingga salah dalam menggunakan modal. Jika sudah terjadi, bukan menghasilkan untung tetapi justru kesulitan dalam perencanaan keuangan.

Agar bisnis atau usaha yang Anda bangun bisa berkembang dan sukses, berikut cara pengusaha mendapatkan modal yang bisa diterapkan.

 

#1. Bonus yang Anda Tabungkan

Cara pengusaha mendapatkan modal dapat menggunakan uang bonus. Jadi ketika Anda mendapatkan uang lebih atau bonus, bisa Anda sisihkan. Cara ini merupakan cara paling mudah karena menggunakan tabungan sendiri sebagai modal tanpa perlu memikirkan utang ketika bisnis atau usaha berjalan.

Dalam penggunaan tabungan memang harus dengan bijak, Anda perlu mengingat bahwa tetap perlu menyisihkan uang minimal satu tahun biaya hidup. Tujuannya jika misalnya sampai terjadi gejolak keuangan, Anda masih bisa bertahan dalam hal membiayai hidup.

 

#2. Menggunakan Aset yang Dimiliki

Cara pengusaha mendapatkan modal bisa dengan menggunakan aset yang dimiliki. Ketika rencana sudah matang, target pasar sudah jelas, produk sudah siap, dan Anda sudah tidak sabar membangun bisnis, Anda dapat menggunakan aset pribadi.

 

#3. Mengajukan Pinjaman

Cara pengusaha mendapatkan modal bisa dengan menggunakan pinjaman modal. Ketika Anda terpaksa melakukan pinjaman ke bank, pahami betul aturannya, bunga, dan cicilan yang ditanggung. Namun dalam pengajuan pinjaman, Anda perlu bijak, memahami aturan, dan memahami kemampuan diri. Jangan sampai keuntungan yang Anda dapatkan setiap bulan hanya cukup untuk mencicil pinjaman.

 

#4. Pembayaran Di Awal

Cara pengusaha mendapatkan modal dapat dilakukan dengan menerapkan pembayaran di awal. Ketika Anda memiliki usaha atau bisnis di bidang konveksi, sablon, catering, dan sebagainya, Anda bisa mendapatkan modal dari pembayaran awal yang dilakukan customer.

Anda dapat menggunakan uang pembayaran awal tersebut untuk memproduksi pesanan. Anda dapat menentukan sendiri aturan untuk usaha atau bisnis Anda. Misalnya harus melakukan pembayaran penuh, pembayaran setengah harga, atau hanya uang muka.

 

#5. Partnership

Cara pengusaha mendapatkan modal bisa dengan partnership. Anda dapat mengajak teman yang memiliki visi dan minat yang sama. Anda juga dapat melakukan diskusi untuk menemukan ide terkait pengembangan bisnis dengan teman Anda. Namun pastikan Anda dan teman Anda sudah membahas rencana bisnis atau usaha secara rinci, strategi bisnis yang jelas, goal yang akan dicapai, pembagian keuntungan, dan sebagainya.

 

#6. Investor

Cara pengusaha mendapatkan modal bisa melalui investor. Anda dapat mencari suntikan dana melalui investor, cara ini sangat membantu pengembangan bisnis Anda. Tunjukkan kesan yang profesional untuk bisnis Anda dan yakinkan mereka bahwa bisnis Anda layak untuk mendapatkan modal.

Carilah calon investor modal yang sekiranya mau berinvestasi di industri yang sesuai dengan bisnis atau usaha Anda. Selalu ikuti lembaga atau workshop yang biasanya melakukan pelatihan atau memberikan akses dalam mencari modal usaha.

 

#7. Ikut Program Pemerintah

Cara pengusaha mendapatkan modal yang banyak dicari adalah mengikuti program yang pemerintah adakan. Ada banyak modal usaha mulai dari hibah atau subsidi pemerintah. Ada banyak UMKM yang dinaungi badan usaha milik negara dan instansi pemerintah. Anda harus proaktif untuk mendatangi instansi atau lembaga yang menaungi dan mendidik UMKM guna mencari tahu lebih banyak informasi tentang pendanaan usaha.

Itulah tujuh cara pengusaha mendapatkan modal yang dapat Anda ikuti. Ketika Anda mencari modal di luar dana pribadi atau bantuan pemerintah, misalnya meminjam atau mencari insvestor, maka pastikan dulu ide bisnis Anda sudah cukup matang. Sehingga lembaga yang meminjamkan modal atau investor akan yakin menanamkan modal pada bisnis yang Anda tawarkan.

Ingin melakukan pelatihan untuk tim Anda? Segera hubungi kami di 08112652210 atau 08112652244 untuk informasi lengkapnya.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis