08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Apakah Anda termasuk orang yang mudah kehilangan konsentrasi dan fokus ketika melakukan suatu? Misalnya bagi Anda yang pelajar, ketika di kelas bukan mendengarkan penjelasan guru tetapi malah memikirkan hal lain. Atau jika Anda pekerja, bukannya produktif dan fokus bekerja tetapi malah memikirkan jam istirahat dan jam pulang kerja.

Contoh lainnya misalnya seorang pengusaha yang seharusnya fokus memikirkan strategi usaha yang tepat, tetapi sayangnya malah memikirkan rencana di luar usaha. Sebetulnya pikiran di luar fokus seperti itu memang sering dialami setiap orang. Bisa jadi ketika Anda membaca tulisan ini, Anda sedang tidak fokus membacanya karena pikiran Anda memikirkan hal lain.

 

Bagaimana Agar Mampu Mengelola Fokus?

Banyak yang penasaran tentang bagaimana agar bisa fokus dan sadar tentang apa yang sedang terjadi, sehingga kita dapat memberikan perhatian lebih pada hal tersebut. Jika Anda ingin ‘hadir’ sepenuhnya dan sadar, Anda perlu memahami tentang Mindfulness. Mindfulness berarti ‘hadir’ secara sadar dan dalam kesadaran penuh pada masa sekarang.

Contohnya ketika Anda membaca tulisan ini bisa dengan serius dan mengabaikan hal sekitar, itu berarti Anda sedang dalam keadaan Mindfulness. Jika ingin menerapkan Mindfulness, Anda perlu memahami karakteristik Mindfulness. Apa sajakah karakteristiknya?

-. Sadar penuh: artinya Anda mampu memberikan pusat perhatian dan kesadaran diri terhadap aktivitas yang Anda sedang lakukan saat itu.

-. Penerimaan diri: Artinya Anda mulai terbuka dan menerima sensasi yang berada dilingkungan itu sendiri.

 

Meditasi Membantu Mindfulness

Sebenarnya Mindfulness juga bisa didapatkan dari bermeditasi, karena meditasi adalah salah satu training in attention (latihan fokus). Dalam meditasi, Anda akan melatih perhatian dan kesadaran hingga dapat mencapai keadaan mental yang tenang dan stabil. Metode meditasi sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengasah Mindfulness adalah:

 

1.Carilah Tempat yang Tenang

Untuk bermeditasi agar bisa melatih Mindfulness, Anda dapat perlu mencari tempat atau ruangan yang sepi. Duduklah dengan nyaman dan rileks kan badan Anda.

 

2. Mulailah Mengatur Napas

Setelah duduk dengan nyaman dan merilekskan badan, mulailah atur napas. Anda dapat metarik napas dan lepaskan napas secara beraturan dengan fokus dan mata terpejam.

 

3. Tetaplah Fokus

Ketika Anda merilekskan pikiran, badan, dan sudah mulai nyaman dalam mengatur nafas, pasti akan ada pikiran yang muncul di otak Anda. Biarkan pikiran itu muncul, tetapi jangan terlalu lama memikirkannya. Cukup perhatikan dan sadari saja, lalu kembalilah fokus pada tarikan napas yang Anda lakukan.

Lakukan meditasi secara konsisten dan rutin kurang lebih sepuluh menit. Anda akan lebih terlatih ketika menghadapi stress, sehingga lebih cepat memulihkan diri dari perasaan negatif. Ketika semua sibuk urusan masing-masing, Anda sekarang sudah bisa mengandalkan diri untuk melakukan Mindfulness sehingga mampu mengendalikan pikiran yang kacau.

 

Mindfulness Bermanfaat untuk Diri

Saat Anda mampu memberikan perhatian penuh, Anda akan lebih bersyukur dan bisa mendapatkan kepuasan batin. Mindfulness dapat Anda lakukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin mengelola fokus, yuk ikuti cara mengelola fokus dengan Mindfulness berikut ini:

 

#1. Atur Napas

Cara mengelola fokus dengan Mindfulness yang pertama adalah dengan mengatur napas. Sebelumnya sudah dijelaskan cara meditasi dan mengatur napas. Luangkan waktu untuk memfokuskan pikiran ketika menarik napas lewat hidung serta ketika mengeluarkan udara lewat mulut.

 

#2. Perhatikan Pancaindra

Cara mengelola fokus dengan Mindfulness yang kedua adalah perhatikan pancaindra Anda. Terkadang saat sibuk Anda bisa melupakan detail yang ada di sekitar. Misalnya tentang suara, aroma,  tekstur, dan rasa.

 

#3. Menghirup Udara Segar

Cara mengelola fokus dengan Mindfulness yang ketiga adalah pergilah keluar. Luangkan waktu untuk pergi ke luar dan menghirup udara segar. Anda akan merasa lebih tenang dan bisa mendapatkan inspirasi baru.

 

#4. Terapi Syukur

Cara mengelola fokus dengan Mindfulness yang keempat adalah dengan menulis hal-hal yang disyukuri. Saat Anda menulis hal-hal yang disyukuri, Anda perlu waktu khusus baik pagi atau sore hari.

 

#5. Komunikasi dengan Diri

Cara mengelola fokus dengan Mindfulness yang kelima adalah memahami bagaimana cara Anda berkomunikasi pada diri sendiri. Hal ini menyangkut tentang apakah Anda memperlakukan diri dengan baik, apakah sudah berbicara dengan penuh cinta pada diri, apakah sudah memaafkan diri sendiri, atau justru dalam berkomunikasi dengan diri cenderung negatif.

Yuk mulai melatih fokus dengan Mindfulness agar lebih tertata dan menjalani hidup dengan luar biasa.

 

Info Webinar Mindfulness

Ketika Anda kesulitan untuk fokus dan selalu merasa gagal untuk mencurahkan pada hal-hal penting. Anda dapat mengikuti webinar kolaborasi antara Akeyodia dengan Laboratorium IMT – UGM dengan tema “Practicing Mindfullness in Daily Life: Mengelola Fokus dengan Mindfullness”. Dalam webinar tersebut akan dibahas lengkap tentang pengertian Mindfulness, fungsi melakukan Mindfulness, hingga menerapkan Mindfulness dalam keseharian.

Webinar akan dilaksanakan pada Senin, 7 Maret 2022, Pukul 09.00 WIB – selesai. Anda akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan e-sertifikat. Untuk pendaftarakn klik link berikut ini: https://bit.ly/RegPracticingMindfullness

Cara Mengelola Fokus dengan Mindfullness




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis