08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Cara Membuat Goal Setting – Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai pentingnya membuat Goal Setting untuk kesuksesan hidup dan kesuksesan karier. Selanjutnya pada artikel ini kita akan membahas mengenai Cara Membuat Goal Setting. Semoga Anda mudah mengimplementasikan dan memberikan dampak baik bagi Anda. Apa saja Cara Membuat Goal Setting yang perlu dipelajari?

 

1. Menetapkan Tujuan

Cara Membuat Goal Setting yang pertama kali perlu dilakukan adalah menetapkan tujuan. Namun dalam menetapkan Anda perlu menimbang bahwa tujuan Anda memenuhi kaidah Spesific, Measurable, Achievable/Attainable, Realistic, dan Timely atau biasa disebut konsep SMART.

-. Specific: Sudah jelas bahwa tujuan atau target Anda harus jelas dan rinci. Tujuannya agar mudah bagi Anda untuk menyusun serta melaksanakan langkah untuk mewujudkannya.

-. Measurable: Target atau tujuan Anda harus terukur atau ada tolak ukur ketercapain tujuan. Hal ini dimaksudkan agar Anda memiliki alat penilaian yang terukur untuk menyatakan tujuan tersebut sudah tercapai, belum tercapai, atau sampai di mana progress. Adanya tolak ukur pencapaian tentu akan lebih memotivasi Anda meraih impian.

-. Achievable: Target atau tujuan Anda bukan sebuah impian semu saja tetapi dapat dicapai karena Anda sudah memiliki modal kemauan maupun modal kemampuan. Ketika menetapkan target atau tujuan, pertimbangkan kebutuhan, kemampuan, dan kapasitas diri Anda.

-. Realistic: Target atau tujuan Anda harus relistis atau memiliki kewajaran. Ketika Anda menetapkan target, Anda sudah tahu kemampuan, kemauan, minat, dan akses untuk mengapai target tersebut.

-. Timely: Target atau tujuan Anda memiliki tenggat waktu. Misalnya perlu dicapai seminggu, sebulan, pertiga bulan, perenam bulan, setahun, dst. Hal ini membantu Anda untuk serius dan fokus mencapai tujuan yang ditentukan. Tanpa ada tenggat waktu, Anda bisa saja menunda-nunda suatu hal dan semangat kian menurun.

 

2. Membuat Rencana

Cara Membuat Goal Setting setelah menetapkan tujuan adalah membuat rencana. Ketika Anda sudah membuat tujuan yang berkaitan dengan karier, pendidikan, atau kehidupan yang memiliki tenggat waktu. Maka selanjutnya membuatlah daftar rencana yang mencakup cara dan langkah yang akan digunakan.

Misalnya Anda memili goal bahwa seminggu harus membuat postingan Instagram tiga buah dengan animasi. Dari goal tersebut Anda dapat membuat rencana yang memuat langkah untuk menggapai goal yang Anda buat. Misalnya dengan membuat daftar topik, garis besar pembahasan, konsep animasi, rencana waktu pengerjaan, dan seterusnya.

 

3. Perjelas Goal Anda

Cara Membuat Goal Setting setelah menetapkan tujuan dan membuat rencana adalah memperjelas goal Anda. Goal yang tertulis dengan jelas akan lebih terasa dekat dengan Anda dan akan selalu menjadi pengingat diri. Tulis goal dengan menggunakan kata yang membuat Anda termotivasi.

 

4. Evaluasi

Membuat Goal Setting yang keempat tentu melakukan evaluasi hal-hal yang Anda lakukan. Ketika semua sudah terencana dengan baik dan Anda juga sudah mempraktikkan setiap rencana dengan matang. Maka selanjutnya evaluasi setiap pencapaian Anda. Apa yang perlu ditambah dan apa yang perlu diusahakan lagi.

Jadi Membuat Goal Setting tentu hal utamanya adalah jangan menjadikan cita-cita Anda berakhir sebagai sebuah catatan angan-angan semata. Segera buat rencana, tetapkan tujuan, Let’s Do It. Lakukan tindakan dan evaluasi secara konsisten agar tujuan Anda terwujud satu-persatu. Anda juga perlu selalu menyertakan Tuhan dalam setiap langkah Anda, berdo’a dan berprasangka baik akan membuat Anda lebih powerful.

Apakah Anda masih tidak mudah menentukan goal setting? Apakah Anda ingin seluruh tim Anda dapat membuat goal setting untuk diri sekaligus perusahaan? Silakan hubungi kami di 08112652244 atau 08112652210 sekarang juga.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis