08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Ternyata masih banyak pengusaha yang bingung tentang cara manajemen waktu yang baik. Meski sudah disediakan waktu 24 jam, namun merasa masih tetap kurang. Hal ini terjadi karena mereka memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Pengusaha biasanya memiliki rutinitas konsisten di pagi hari, misalnya olahraga, terapi syukur, membaca, menulis, dan lain sebagainya. Kegiatan rutin tersebut membuat mereka terbiasa bangun lebih awal untuk memaksimalkan produktivitas diri.

Guna memaksimalkan produktivitas, ada beberapa cara manajemen waktu yang bisa dilakukan. Manajemen waktu bagi pengusaha menjadi alasan penting. Sebab manajemen waktu akan berkaitan dengan kerja keras, prioritas, dan tanggung jawab.

 

Belajar Cara Manajemen Waktu

Manajemen waktu bukan hal yang sulit, sayangnya ada beberapa pengusaha yang masih belum menerapkan dalam keseharian. Akhirnya masih ada pengusaha yang merasa kelabakan mengurus keperluan dan membagi waktu. Berikut adalah cara manajemen waktu yang bisa segera Anda terapkan.

 

#1. Anda Bukan “Pahlawan”

Anda pengusaha dan bukan pahlawan, artinya bukan berarti apa-apa bisa Anda lakukan seorang diri. Anda perlu mengetahui prioritas dan kapan perlu meminta bantuan. Anda akan memahami cara manajemen waktu ketika sungkan berlebihan Anda hilang.

Contohnya ketika urusan Anda terlalu banyak, dan tidak dapat diselesaikan sendiri, cobalah untuk meminta tolong kepada orang yang Anda rasa tepat. Dengan begini, Anda akan mampu mengatur waktu dengan lebih efektif sehingga tidak mengganggu prioritas lainnya.

 

#2. Mendelegasikan Tugas

Cara manajemen waktu selanjutnya adalah tahu porsi tugas dan pekerjaan. Meminta tolong dan mendelegasikan tugas sedikit berbeda. Dalam mendelegasikan tugas, Anda dapat membagi tugas dengan tim-tim Anda. Tujuannya agar waktu lebih efisien dan membuat anggota tim lebih fokus dalam satu tugas.

 

#3. Percayalah pada Tim Anda

Cara manajemen waktu selanjutnya tidak akan terwujud ketika Anda tidak percaya akan kemampuan tim Anda. Ketika Anda memiliki tim yang tepat, taruhlah kepercayaan kepada mereka. Ketika Anda tidak mempercayai tim, Anda cenderung mengerjakan semua tugas seorang diri. Akibatnya Anda sendirilah yang kewalahan dengan segudang tugas.

 

#4. Membuat Daftar

Cara manajemen waktu keempat adalah membuat daftar serta tugas yang akan Anda dan tim selesaikan. Disiplinlah terhadap daftar yang dibuat, sehingga waktu yang Anda miliki benar-benar optimal.

 

#5. Jaga Pola Tidur

Meski seorang pengusaha terlalu sibuk mengurus dan membangun bisnisnya, namun tetap perlu menjaga pola tidur. Meskipun disibukkan dengan tugas yang menumpuk, kesehatan tetap harus diutamakan.

 

#6. Buang Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Selesaikan tugas dan pekerjaan lebih awal dan berhenti menunda-nunda. Dengan begitu, ketika Anda sibuk untuk memantau tugas yang lain, tugas Anda yang utama dan penting sudah terselesaikan.

 

#7. Manajemen Stress

Dalam bisnis, pasti selalu muncul tekanan. Hal buruk ketika tekanan tersebut berubah menjadi stress, karena akan membuat seseorang sulit untuk berpikir jernih. Stress berpengaruh pada performa kerja dan berpengaruh pada manajemen waktu yang telah Anda buat. Dampak stress akan berbeda tergantung bagaimana individu melakukan manajemen stress. Namun ketika Anda mampu melakukan manajemen stres, secara otomatis kemampuan manajemen waktu Anda juga akan berkembang.

Pada akhirnya, jadilah pengusaha yang fleksibel. Jangan terlalu kaku yang justru membuat Anda dan tim memforsir kemampuan diri. Ketika Anda memforsir diri, yang terjadi justru gangguan kesetan dan bukan terselesaikannya pekerjaan. Sah-sah saja jika Anda ingin bekerja keras demi impian Anda, namun ingatlah bahwa pikiran dan badan perlu waktu untuk istirahat.

Yuk hubungi tim Akeyodia di nomor 08112652244 atau 08112652210 untuk mengetahui banyak program pelatihan kami.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis