08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Setiap tenaga penjualan memiliki waktu terbatas dengan calon customer atau kliennya, bahkan untuk calon klien yang paling berpotensi menuai hasil terbaik karena bekerja sama. Mereka pun memiliki waktu terbatas, dan kadang-kadang kesabaran yang terbatas juga. Jadi, jika Anda adalah tenaga penjual, itu adalah misi Anda untuk menciptakan nilai bagi mereka selama setiap interaksi menuju deal.

Kedengarannya cukup mendasar. Tetapi bagaimana Anda menciptakan suasana yang memudahkan klien untuk maju bersama Anda? Cara termudah dan terbaik adalah melayani mereka sesuai kebutuhan. Perhatikan tahapan penting berikut sebelum deal dengan klien. Berikut adalah 2 jenis klien dan cara terbaik menghadapinya.

 

Klien yang Merasa Baik-baik Saja

Ketika target klien Anda sudah ‘bahagia’ dan baik-baik saja, Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada yang perlu dilakukan lagi dengan mereka. Tetapi di sinilah perbedaannya. Tenaga penjualan terbaik bisa membuat menemukan titik di mana mereka masih merasa ada yang kurang. Bahagia tapi tidak benar-benar tidak senang atau puas.

Bantu mereka memahami hal-hal baru yang bisa mereka lakukan untuk menghasilkan yang lebih baik sekarang. Apa yang perlu mereka ketahui? Apa yang mereka perlu ubah untuk meningkatkan pencapaiannya? Berbagi ide-ide ini membantu mereka melepaskan diri dari perasaan ‘baik-baik saja’.

 

Klien Yang Khawatir dan Terlalu Hati-hati Mengambil Keputusan  

Ketika calon klien Anda tahu apa yang mereka butuhkan, mereka bisa mencari bantuan yang dibutuhkan dan memahami semua opsi yang tersedia. Tidak mudah untuk mengatakan ‘bahwa mereka mungkin butuh sesuatu’ sambil membawa solusi langsung yang mereka butuhkan. Kecuali Anda adalah orang yang sudah dikenal dan bisa mereka percayai.

Ketika prospek Anda mengevaluasi opsi-opsi yang Anda bawa, ciptakan kesan yang membantu mereka memahami pilihan-pilihan terbaik. Anda juga menciptakan nilai bagi mereka agar penawaran Anda tidak memaksa.

Ketika calon klien maupun customer Anda sedang memutuskan apa yang akan dibeli dan dari siapa akan membeli, mereka mencapai tahap di mana mereka menangani ketakutan dan kekhawatiran mereka. Mereka bisa saja khawatir: “Apakah ini akan berhasil?” Mereka bertanya-tanya: “Apakah kita membuat keputusan yang tepat?”, atau “Bisakah kita mempercayai orang-orang ini untuk melakukan apa yang mereka katakan?” Biasanya mereka terus mencari untuk sampai pada jawaban terbaik. Apalagi ketika keputusan itu besar, mahal, rumit atau berisiko.

Pada tahap ini, ciptakan nilai dengan membantu klien Anda menyelesaikan masalah mereka. Berikan bukti di mana bukti itu dibutuhkan. Anda memberikan jawaban atas pertanyaan yang menyebabkan keraguan yang masih ada di benak mereka. Dan Anda memberikan referensi atau apa pun, sehingga calon klien Anda harus 100 persen percaya diri untuk maju bersama Anda.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp