08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Seiring berjalannya waktu, sudah tentu tuntutan pekerjaan juga semakin berkembang. Tugas dan pekerjaan mulai tidak dapat dikerjakan sendiri, artinya perlu melibatkan orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Untuk itulah dibutuhkan program meningkatkan kompetensi guna meningkatkan kompetensi karyawan di perusahaan Anda. Karyawan tetap perlu terus dikembangkan. Tujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja, memberikan kesempatan berkarier, hingga menemukan potensi terbesar karyawan tersebut.

Sebagai pimpinan, Anda adalah orang yang perlu tahu program meningkatkan kompetensi apa yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan ke depannya. Tetapi masih ada pimpinan yang belum memahami program meningkatkan kompetensi apa yang sesuai untuk karyawannya. Apabila Anda juga masih belum memahami program meningkatkan kompetensi yang sesuai, berikut adalah beberapa caranya.

 

#1. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Pelatihan

Pelatihan adalah program umum pengembangan tenaga kerja. Bentuknya berupa pelatihan di dalam perusahaan atau disebut internal training. Bisa juga berupa pelatihan di luar perusahaan atau disebut external training.

Internal training terkadang juga disebut in house training, disini Anda dapat menggunakan Coach dari perusahaan sendiri atau luar perusahaan/vendor. Sedangkan untuk external training biasanya dengan mengirimkan karyawan ke instansi atau lembaga pelatihan tertentu.

 

#2. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Pendidikan

Untuk program ini, biasanya bersifat khusus dan ditujukan untuk karyawan terbaik yang dianggap perlu mengembangkan pendidikannya. Misalnya karyawan Anda lulusan D3, kemudian mendapat tugas kuliah S1 agar keterampilan dan pengetahuannya meningkat. Tempat kuliahnya tergantung pada kebijakan perusahaan Anda.

 

#3. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Magang

Magang kerja dapat dilakukan di dalam maupun di luar perusahaan. Jika di dalam perusahaan, contohnya bisa lintas departemen dengan durasi satu sampai tiga bulan. Magang internal ditujukan untuk menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan untuk magang eksternal dapat Anda lakukan di perusahaan induk atau perusahaan lain.

 

#4. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Job Enrichment

Job enrichment secara singkat maksudnya penambahan tugas dan tanggung jawab di posisi yang sama. Misalnya karyawan mendapat tugas atau projek khusus di departemennya atau lintas departemen. Bisa juga dengan menugaskan karyawan menggantikan pimpinannya yang sedang dinas luar kota. Program job enrichment ini ditujukan untuk karyawan yang menonjol. Namun Anda juga dapat melakukan job enrichment kepada semua karyawan yang berada dalam satu level. Tujuannya adalah demi memeratakan kesempatan mereka untuk berkambang.

 

#5. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Benchmark

Benchmark atau studi banding tujuannya adalah mengevaluasi serta membandingkan sesuatu dengan standar yang ada. Studi banding ini bisa menyangkut terhadap peralatan kerja, keselamatan kerja, prosedur kerja baku, situasi kerja, dan lain-lain.

 

#6. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Online Learning

Pengembangan karyawan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja karena adanya kemajuan teknologi. Online learning dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, misalnya menonton YouTube menggunakan aplikasi, atau kursus online. Anda dapat meminta karyawan Anda mengikuti online learning dengan topik tertentu sesuai kebutuhannya. Setelah itu Anda dapat mendiskusikan isi online learning yang dipelajari sebelumnya.

 

#7. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Rotasi kerja

Rotasi kerja bisa di satu departemen atau bahkan antar departemen. Tujuannya banyak mulai dari menyiapkan karyawan yang akan mendapat promosi, memberikan tantangan baru kepada karyawan, atau menambah keterampilan karyawan.

 

#8. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Coaching

Coaching dapat diberlakukan pada karyawan yang memiliki kinerja baik dan yang memiliki kinerja buruk, tergantung tujuan Anda. Coaching akan meningkatkan kualitas kerja, meningkatkan kuantitas kerja, menambah pengetahuan, menambah keterampilan, dan mendekatkan hubungan kerja.

 

#9. Program Meningkatkan Kompetensi Berbentuk Promosi

Program promosi ini selain menghargai kinerja bagus karyawan, juga bertujuan mengembangkan keterampilan karyawan dan mempertahankan karyawan bertalenta. Promosi dilakukan jika ada posisi kosong, ada posisi baru, atau karyawan tersebut memenuhi kualifikasi posisi.

Dengan mengetahui beberapa bentuk Program Meningkatkan Kompetensi di atas, Anda dapat membuat program yang sesuai. Dampak pengembangan karyawan akan terlihat ketika Anda sebagai pimpinan memperhatikan tindak lanjut di tempat kerja.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di nomor 08112652244 / 08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Program Meningkatkan Kompetensi.

Berikut dokumentasi salah satu kegiatan kami:




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp