08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Situasi pandemi yang tidak stabil tentu membuat Anda cemas dan kesulitan berfikir positif. Berpikir positif tentu tidak akan mengakhiri pandemi begitu saja. Namun tidak dapat dipungkiri jika pikiran yang positif dan realistis membantu Anda dapat berpikir dengan jernih sebelum mengambil keputusan.

Sebenarnya wajar jika Anda memiliki perasaan cemas. Sebab rasa cemas merupakan reaksi normal otak ketika berada dalam sebuah tekanan. Sayangnya, reaksi tersebut justru menimbulkan emosi negatif saat Anda tidak mampu mengelolanya. Anda tentu ingin dapat berpikir positif sehingga mampu mengelola rasa khawatir dan rasa cemas yang ada di pikiran Anda. Tujuannya tentu agar sehat mental dan juga sehat secara fisik. Berikut cara yang dapat Anda lakukan:

#1. Pahami Bahwa Kontrol Ada Dalam Diri Anda

Bisakah Anda mengontrol emosi, pikiran, dan perbuatan orang lain? Ini juga berlaku pada pertanyaan bisakah Anda mengontrol situasi maupun berita buruk di berita hari ini? Tentu tidak mudah. Mereka bukan dalam kendali Anda. Ketika semua berita atau informasi baik fakta maupun HOAX masuk dalam pikiran Anda, tentu akan membuat semuanya terasa lebih menakutkan.

Anda tidak bisa mengendalikan orang lain dan media masa, namun bukan berarti Anda tidak berdaya. Ada hal-hal yang dapat Anda kontrol. Misalnya kegiatan apa yang perlu Anda lakukan, makanan apa yang perlu Anda konsumsi, informasi apa yang ingin Anda lihat, sosial media mana yang perlu Anda buka, dan lain sebagainya. Sebisa mungkin, alihkan fokus Anda pada hal-hal yang dapat Anda kendalikan.

#2. Kontrol Berita yang Ingin Anda Lihat

Demi mendapat informasi terbaru, Anda tanpa sadar terus melihat berita melalui smartphone maupun televisi. Memang hal tersebut bermanfaat, tetapi bagi beberapa orang yang mudah cemas dan panik, berita tersebut justru membuat pikiran mereka jadi kewalahan hingga memunculkan pikiran negatif.

Apalagi jika yang dilihat adalah berita buruk yang bertubi-tubi tentang pandemi, tentu berita tersebut malah dapat menghalangi Anda dari berpikir positif.

Jadi jika Anda adalah orang yang mudah merasa takut atau cemas saat membaca berita, coba istirahat sejenak pikiran Anda. Alihkan pada berita yang lebih positif, misalnya tentang orang-orang yang sembuh, gaya hidup sehat, anak-anak yang berdonasi, atau warga yang saling membantu ketika ada yang melakukan isolasi mandiri di lingkungannya.

#3. Buat Lingkungan yang Membahagiakan

Berpikir positif tentu tidak mudah, apalagi bagi Anda yang terdampak pandemi secara langsung. Jadi buat lingkungan yang membahagiakan, artinya jangan terlalu sibuk menyendiri dan bersedih. Anda dapat membaca berita yang positif, berbagi cerita dengan keluarga, menyapa teman melalui video call, makan makanan favorit, atau menonton film. Bangun pikiran menjadi lebih optimis, sebab semua berpengaruh besar terhadap kesehatan pikiran Anda. Kelilingi diri Anda dengan kegiatan yang menyenangkan dan membuat Anda nyaman.

#4. Lihat Orang-Orang yang Juga Berjuang

Ketika Anda membaca berita tentang tenaga medis yang kewalahan, opini tentang pemerintah, kebijakan yang berubah, obat yang kurang, dan lainnya. Seolah-olah ada banyak hal yang membuat keadaan terlihat semakin buruk. Tetapi coba lihatlah, masih banyak orang-orang yang berjuang dan sedang mengusahakan yang terbaik demi berakhirnya pandemi. Para ilmuwan sibuk mengembangkan vaksin, petugas medis berusaha merawat para pasien, semua tempat usaha mematuhi protokol kesehatan, dan toko favorit Anda melayani via online. Di manapun Anda berada, Anda pasti menemukan orang-orang yang juga sedang berjuang dan tetap berusaha membantu sesama. Ingatlah bahwa setiap kita memiliki porsi masing-masing dalam menghadapi pandemi. Kita juga memiliki peran masing-masing untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif. Sekarang tinggal bagaimana cara Anda mewujudkannya dan berpartisipasi positif dikeadaan ini.

#5. Pahami Peran Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apapun pekerjaan kita, dimanapun kita berada, kita memiliki peran masing-masing untuk mengakhiri pandemi. Ketika kita menyadari dan menjalani perannya dengan baik, pandemi bisa saja akan berakhir lebih cepat. Anda dapat berperan aktif mencegah penularan. Bisa dengan menahan diri untuk tidak bepergian, mencuci tangan dan menggunakan masker, menjaga kebersihan di rumah, dan menerapkan karantina mandiri ketika merasa bergejala.

Berpikir positif memang membutuhkan waktu dan tidak bisa dilakukan secara instan, apalagi di tengah pandemi yang penuh ketidakpastian. Namun, Anda dapat mengawali dengan langkah sederhana di atas. Sekecil apa pun usaha Anda, tetap semangat dan tanamkan pikiran positif agar imunitas dalam diri meningkat.

Event IPEBI Talk

Untuk membangun imunitas tubuh dengan berfikir positif, maka Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur mengadakan event IPEBI Talk bersama Akeyodia dengan Tema “Let’s Build The Psychological Immunity”. Event tersebut dilaksanakan pada Minggu, 25 Juli 2021 pukul 09.00 WIB melalui Zoom Meeting. IPEBI Talk dipandu oleh Mbak Nur Qomariyah (BI Jatim) dan dibuka oleh Bapak Difi Ahmad Johansyah selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp