08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Setiap harinya pasti selalu saja bermunculan bisnis online baru di Indonesia. Oleh sebab itu, setiap pengusaha perlu meng-update strategi pelayanan dan pemasaran produk atau jasa yang mereka miliki. Tapi ada strategi menarik yang akhir-akhir ini digunakan. Yaitu strategi kolaborasi atau partnership dengan brand lain dengan tujuan memperluas pasar dan meningkatkan penjualan.

 

Cari Bentuk Kolaborasi yang Sesuai

Ada berbagai macam cara menjalin kolaborasi atau partnership dalam usaha meningkatkan penjualan Anda. Antara lain:

 

#1. Bekerja Sama dengan Marketplace

Cara menjalin kolaborasi atau partnership yang pertama adalah bekerja sama dengan marketplace. Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda di platform marketplace yang banyak tersedia saat ini. Marketplace akan mempermudah Anda untuk bertemu dengan calon pembeli. Melalui marketplace, Anda akan memperoleh keuntungan yaitu konsumen semakin banyak yang mengenal brand Anda.

 

#2. Melakukan Aliansi

Cara menjalin kolaborasi atau partnership yang kedua adalah dengan aliansi. Melakukan aliansi artinya melakukan ikatan kerja sama antara dua atau lebih brand untuk tujuan meningkatkan penjualan. Misalnya Anda memiliki usaha dibidang fashion baju muslimah, Anda dapat menjalin aliansi dengan brand yang menjual produk fashion seperti jilbap, perlengkapan ibadah, dan lainnya.

 

#3. Menggunakan Reseller

Cara menjalin kolaborasi atau partnership yang ketiga adalah dengan membentuk reseller. Reseller bertugas memasarkan kembali barang yang Anda jual. Mereka akan membeli barang Anda dalam jumlah banyak dan dengan harga khusus.

#4. Memberikan Promo atau Diskon

Cara selanjutnya dalam menaikkan penjualan Anda adalah dengan sistem promosi berupa voucher atau kupon diskon bisa jadi pilihan. Misalnya, Anda menjual produk minyak rambut dan menjalin kerja sama dengan suatu salon ternama. Bagi pelanggan di salon itu berhak mendapat sebuah voucher diskon untuk membeli minyak rambut di toko online Anda. Sistem kerja sama ini tidak akan merugikan, namun akan membuat Anda semakin banyak mendapatkan pelanggan.

 

#5. Co-Brand

Cara menjalin kolaborasi atau partnership selanjutnya adalah Co-brand. Dalam sebuah pasar usaha, ketika melakukan kolaborasi tidak selalu dengan segmentasi yang sama. Selain Anda wajib mengeluarkan produk atau jasa menarik dan lebih fresh, Anda dapat melakukan kolaborasi co-branding.

Konsep ini memungkinkan Anda dapat berkolaborasi dengan siapa saja, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Misalnya:

Kolaborasi co-brand antara Samsung X BTS yang menghadirkan smartphone spesifikasi kelas atas.

Atau ada kolaborasi Indomaret X Berbagai Bank, yang merujuk pada bisnis pembayaran dan untuk mempermudah transaksi.

Ada juga kolaborasi yang belum lama ini fenomenal, yaitu Oreo X Supreme, yang menghadirkan Oreo berwarna merah hasil kolaborasi dengan Supreme dan merupakan produk super limited edition.

Dan masih banyak lagi contoh kolaborasi dari beberapa bidang, produk, jasa, dan perusahaan. Anda dapat berkolaborasi dengan brand lain dan public figure atau influencer yang memiliki traffic.

Kira-kira kolaborasi atau partnership apa yang cocok untuk usaha Anda?

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis