08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Mendapatkan karyawan yang kompeten merupakan impian bagi perusahaan. Karyawan yang kompeten dapat berkontribusi besar untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan. Oleh sebab itu, mempertahankan karyawan berkompeten adalah salah satu tantangan terbesar sebuah perusahaan. Terlebih, pada masa pandemi ini, kondisi perusahaan yang tidak stabil akan memicu kekhawatiran para karyawan. Perusahaan perlu memikirkan secara khusus bagaimana mempertahankan karyawan terbaiknya. Bukan tidak mungkin, kompetitor juga mengincar karyawan terbaik Anda atau akan menawarkan sesuatu yang lebih baik.

Seperti yang diketahui, banyak perusahaan yang terpaksa mengurangi jumlah karyawannya sebagai akibat dari pandemi. Biasanya manajemen terpaksa melepas pekerja harian dan tidak memperpanjang karyawan kontrak. Sehingga tersisa karyawan yang sudah senior dan mumpuni.

Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan karyawan terbaik. Agar mereka tetap termotivasi bekerja dengan Anda di tengah situasi pandemi.

 

#1. Caring

Berikan waktu lebih untuk memberikan perhatian. Dengarkan kesulitan yang dihadapi dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika mereka bekerja dari rumah, sediakan alat dan kelengkapan untuk lebih mempermudah mereka. Seperti pulsa untuk komunikasi atau laptop. Pastikan juga bahwa karyawan Anda masih memiliki motivasi bekerja. Dan yang paling penting, pastikan Anda dapat menjembatani kebutuhan karyawan dan kebutuhan perusahaan dengan baik.

#2. Reassurance

Pada masa pandemi, mulai dari manajemen hingga lapisan karyawan paling bawah akan merasakan kekhawatiran. Berita bahwa pemberhentian karyawan serentak yang banyak terjadi akan membuat karyawan berpikir, “Apakah saya masih akan dipekerjakan?”.

Anda perlu memberikan informasi yang meyakinkan kepada karyawan mengenai perkembangan situasi di perusahaan dan menjaga agar komunikasi tetap terjaga secara kekeluargaan.

#3. Responsibility

Tunjukkan bahwa perusahaan memercayai kemampuan mereka. Berikan tanggung jawab lebih kepada karyawan, agar karyawan merasa kemampuannya dipercaya oleh perusahaan. Dengan begini, secara psikis akan membuat karyawan tetap termotivasi untuk selalu memberikan performa lebih baik. Karyawan akan merasa dipercaya oleh perusahaan dan akan semakin loyal terhadap perusahaan.

Dalam situasi normal, banyak ide yang dapat dilakukan agar perusahaan mampu mempertahankan karyawan terbaiknya. Seperti memberikan insentif, bonus tahunan, benefit, dll. Namun saat pandemi ini, pemberian apresiasi sederhana dapat dilakukan dengan memberikan perhatian menyeluruh kepada karyawan. Ciptakanlah lingkungan kerja yang nyaman dengan menyesuaikan kapasitas perusahaan, karakter karyawan, dan value perusahaan.

Karyawan selalu ingin tumbuh, berkembang, dan mencapai target setinggi mungkin. Berikan mereka alasan dan motivasi untuk mewujudkannya.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp