08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Ternyata banyak yang perlu Anda pelajari ketika memilih terjun di dunia bisnis. Tak terkecuali tentang teknik closing penjualan. Sekedar informasi, closing penjualan sendiri adalah tindakan atau proses untuk mengakhiri transaksi antara penjual dan pembeli yang melibatkan produk atau jasa dan uang. Apa saja Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari? Dan apakah closing penjualan penting?

Closing penjualan tentu saja penting, karena dengan closing, Anda sebagai penjual akan mendapatkan transaksi pembelian. Terkadang ada pembeli yang bertanya, tetapi tidak sampai ada transaksi. Hal ini belum tentu salah pembelinya, tetapi kadang penjualnya tidak melakukan closing dengan benar. Untuk itu Anda perlu tahu Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari dan praktekan.

 

#1. Closing Penjualan : Alternatif

Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari yang pertama adalah Closing penjualan dengan alternatif. Ketika ada calon konsumen yang bertanya tentang produk Anda dan bertanya lebih dari satu produk yang sejenis, artinya calon konsumen tersebut masih bimbang. Mereka belum menemukan pilihan yang tepat. Jika Anda biarkan, tipe konsumen ini biasanya tidak jadi membeli karena masih ragu. Teknik closing penjualan dengan alternatif ini maksudnya, Anda dapat memberikan pilihan produk kepada konsumen. Intinya, Anda memberikan dua pilihan produk kepada konsumen agar dipilih.

Misalnya ada konsumen ingin membeli kurma, teknik closing-nya bisa dengan memberikan pilihan “Kurma jenis A ada yang 500gram atau 1000gram?”

 

#2. Closing Penjualan : Asumsi

Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari yang kedua adalah dengan asumsi. Penjual dapat memberikan “What If” kepada konsumen sebagai penguat alasan untuk bisa bertransaksi. Inti teknik ini adalah perlu adanya kondisi tertentu.

Misalnya ketika ada konsumen yang ingin membeli produk Anda, tetapi ternyata sedang kosong. Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberikan alasan, “Kami akan mengecek untuk stoknya, jika ada kami akan segera kirim ke Anda”.

Atau ketika konsumen membeli produk Anda tetapi ada masalah dengan packing. Anda dapat menawarkan untuk memperbaiki kualitas yang lebih baik. Misal, “Terima kasih masukannya. Kami akan perbaikinya, berapa jumlah yang akan Anda pesan nantinya?”

 

#3. Closing Penjualan : Batasan Waktu

Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari yang ketiga adalah menggunakan batasan waktu. Closing ini cukup memberikan dampak yang signifikan untuk penjualan. Apalagi jika produk yang Anda miliki benar-benar berkualitas dan dibutuhkan pasar. Teknik ini memberikan batasan waktu yang membuat calon konsumen menjadi ‘terburu-buru’ untuk segera membeli. Karena apabila Anda mengulur waktu, Anda akan kehabisan atau tentu akan naik.

Contohnya, “Penawaran Terbatas. Hanya tersedia Saat Ini!” atau “Harga naik 2x mulai senin depan!”, dll

 

#4. Closing Penjualan : Stok Barang

Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari yang keempat adalah dengan mengandalkan stok barang untuk membuat calon konsumen segera membeli.

Contohnya, “Terbatas! Hanya Tersedia 50 pcs”, atau “Untuk 10 Pembeli Pertama Dapat Produk Diskon Khusus”, dll

 

#5. Closing Penjualan : Reward

Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari yang kelima adalah dengan memberi reward. Konsumen senang jika mendapatkan bonus pembelian. Ini dapat menjadi salah satu teknik closing yang menguntungkan.

Misalnya, bonus celemek lucu untuk pembelian oven listrik tertentu. Anda juga dapat menerapkan sistem Buy One Get One Free. Atau memberikan gratis ongkos kirim untuk pembelian minimal Rp 50.000, dll.

 

#6. Closing Penjualan : Kenaikan Harga

Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari yang keenam adalah dengan kenaikan harga. Konsumen suka produk dengan harga yang murah, dan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat strategi closing penjualan.

Misalnya, “Hanya Hari Ini, Harga Terjun Bebas. Besok Naik!”, atau “Pre-Order Sekarang, Harga Lebih Murah Meriah!”, dll

Itulah keenam Teknik Closing Penjualan yang Wajib Dipelajari dan dapat Anda coba. Semuanya memang terlihat mudah, tetapi butuh strategi dan riset. Ketika Anda memberikan diskon harga, tentu Anda perlu memikirkan marginnya dan stok yang bisa disediakan untuk diskon tersebut. Hal itu akan membuat Anda terhindar dari kerugian dan meningkatkan omzet penjualan.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Silakan hubungi kami untuk Anda yang memiliki komunitas dan ingin menyelenggarakan webinar free dengan Akeyodia.

Untuk memahami tentang Closing silakan cek video kami :  “How To Fast Closing In Selling”.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp