08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebagai orangtua di era 4.0, Anda dituntut lebih jeli dalam hal apapun. Mengingat era 4.0 adalah era dimana manusia mempunyai tingkat kemudahan yang lebih dalam mengakses apapun secara langsung, dengan media apapun. Disini peran sebagai orang tua diuji, apakah mampu menjadi filter bagi anak mereka atau justru membiarkan anaknya. Sebagai orang tua di era 4.0, hal-hal yang harus Anda perhatikan adalah :

#1. Lingkungan Tempat Tumbuh Kembang Anak

Lingkungan adalah awal terbentuknya pengetahuan anak, mulai dari apa yang dilihat, dirasakan dan dipelajari, entah baik ataupun buruk. Lingkungan yang baik bukan berarti perumahan mewah, namun lingkungan yang dihuni banyak kepala keluarga dengan interaksi sosial yang baik seperti kerukunan, solidaritas, dan semua hal yang bersifat kekeluargaan. Dari lingkungan yang baik, anak akan beradaptasi dengan hal positif yang sering dilihat dan rasakan, kemudian lambat laun akan menjadi kebiasaan.

#2. Pendidikan Agama dan Moral sebagai Pedoman untuk Anak

Sebuah kewajiban bagi orang tua untuk mengenalkan seorang anak untuk mempercayai Tuhan dan kekuatan Tuhan, agar anak memiliki iman dan pedoman untuk menjalani hidup. Dengan beragama bukan berarti mengekang seseorang, tetapi dengan beragama seseorang menjadi mempunyai peraturan sesuai dengan kepercayaan, yang di dalamnya mengajarkan tentang kebaikan, moral, kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.

#3. Tidak Membiasakan Memanjakan Anak

Bagi orangtua memberi kasih sayang kepada anak bebas dan tidak terbatas merupakan hal wajar. Baik dalam bentuk semacam perhatian, pelayanan, uang, pendidikan, dan fasilitas seperti gadget, leptop dan kendaraan bermotor. Tidak bisa dipungkiri, anak kecil bermain dengan gadget dan leptop sudah menjadi pemandangan disegala tempat. Orangtua yang cerdas bukan hanya memberikan fasilitas, namun mereka yang sadar akan porsi kebutuhan anak terhadap fasilitas tersebut. Hal ini karena terkadang anak memiliki dunianya sendiri dengan fasilitas tersebut, tanpa melihat dunia nyata yang lebih konkrit. Sehingga tumbuh kembang dan interaksi sosial anak akan berkurang atau anak hanya berkutat di dunianya.

#4. Berlibur atau Berkumpul Bersama

Saat Anda dan keluaga Anda berlibur, maka moment-moment selama berlibur dan berkumpul dapat menjadi salah satu faktor penunjang dalam mendidik anak. Tidak perlu jauh dan mewah, Anda hanya perlu makan malam bersama, atau sekedar berkumpul menghabiskan waktu di akhir pekan. Kebersamaan akan mencerminkan sebuah keluarga yang harmonis, disana anak akan belajar tentang kehidupan bersosial dan mampu menjalin hubungan antara orang tua dan anak yang baik sehingga dapat saling memahami.

#5. Beri Anak Kepercayaan dan Tanggung Jawab

Memberikan kepercayaan dan tanggung jawab terhadap anak seperti memberikan sugesti pada diri sendiri bahwa anak tidak melakukan hal negatif dan Anda mampu berprasangka baik terhadap apa yang dilakukan anak tanpa pengawasannya langsung, sehingga akan memunculkan energi postif dari anak atas kepercayaan dan tanggungjawab yang diberikan kepadanya. Perkenalkan anak dengan dunia yang lebih luas namun tetap berikan pendidikan moral di dalamnya. Tidak ada orangtua yang ingin melihat anaknya gagal, namun semua butuh proses yang tidak mudah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang anak, seperti dari lingkungan rumah, pergaulan di sekolah dan pengalaman dengan teman sebayanya. Sebuah kewajiban bagi Anda sebagai orangtua untuk mendidik dan memberikan kehidupan yang baik untuk anak, agar anak tidak terjerumus ke dalam kehidupan yang negatif (semacam menggunakan narkoba, meminum miras, seks bebas dan lain-lain).

Tugas orang tua itu tidak ringan, orangtua adalah sebagai  cermin yang menggambarkan anaknya dan sebaliknya, apa yang di ajarkan orang tua pasti di cerminkan oleh perilaku anak. Semua nilai dan kebiasaan positif dikeluarga Anda dimulai dari pendekatan yang baik dari hati ke hati agar anak lebih leluasa menerima pendidikan atau anjuran dari orang tua.

Anda ingin berkonsultasi dengan Coach Akeyodia? Langsung saja cek jadwal coach dengan mengkonfirmasi kepada tim di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp