08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Istilah pendapatan dan penghasilan sebenarnya biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya kadang diartikan sama, bahkan bisa jadi gaji, upah, penjualan, keuntungan, komisi, bunga pinjaman, dll. Dalam istilah kamus bahasa Indonesia pendapatan adalah hasil kerja (usaha atau sebagainya). Sedangkan pendapatan dalam kamus manajemen adalah uang yang diterima oleh perorangan, perusahaan dan organisasi lain dalam bentuk upah, gaji, sewa, bunga, komisi, ongkos dan laba.

 

Perbedaan Makna

Sebenarnya jika dalam ilmu ekonomi secara umum, terkadang income diartikan juga sebagai pendapatan. Namun dalam ilmu akuntansi pengertian income (penghasilan) akan berbeda dengan revenue (pendapatan).

Pendapatan seseorang juga dapat didefinisikan sebagai banyaknya penerimaan yang dinilai dengan satuan mata uang yang dapat dihasilkan dalam periode tertentu. Dalam pengertian maupun dalam perlakuan ilmu akuntansi, pendapatan dan penghasilan memiliki arti yang sangat berbeda. Lalu menurut Akuntansi apa itu revenue (pendapatan) dan apa itu income (penghasilan)?

 

1. Revenue (Pendapatan)

Pengertian revenue (pendapatan) adalah pernyataan yang berhubungan dengan uang atau keuangan dari keseluruhan hasil usaha pokok produk atau jasa-jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu periode. Secara sederhana revenue merupakan jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari hasil penjualan produk (barang atau jasa) dari pelanggan dan tidak berasal dari penanaman modal.

 

2. Income (Penghasilan)

Pengertian income (penghasilan) adalah jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan dalam jangka waktu tertentu yang telah kurangi dengan harga pokok penjualan (HPP), beban dan biaya-biaya lainnya. Income (penghasilan) lebih menitik beratkan pada pengertian pendapatan bersih (net income).

Pada dasarnya income dapat diperoleh dari kelebihan revenue atas biaya-biaya yang tidak dapat digunakan lagi untuk mendatangkan keuntungan pendapatan di masa mendatang (expired cost).

Dengan demikian, income dapat diartikan pendapatan bersih atau laba bersih dari hasil usaha setelah dikurangi beban biaya, sedangkan revenue dapat diartikan pendapatan kotor atau laba kotor dari usaha yang belum dikurangi beban biaya.

 

Bagaimana Contoh Nyatanya?

Guna memberikan gambaran tentang pengertian revenue (pendapatan) dan apa itu income (penghasilan) dalam kehidupan sehari-hari, berikut contoh sederhananya.

Contoh 1 :

Bunga menjual 10 ikat rambut yang dibeli dari pasar seharga Rp 1.000,- per biji.

Ikat rambut yang dibeli Bunga harganya Rp 500,- per biji (harga pokok penjualan).

Biaya operasional penjualan Rp 1000,-

Jadi :

Pendapatan Bunga dari penjualan ikat rambut adalah Rp 10.000,-, dari semua ikat rambut yang telah terjual.

Penghasilan Bunga dari penjualan ikat rambut hanya sebesar Rp 4.000 (laba/income).

Diperoleh dari :

Total penjualan : 10 x Rp 1.000,- = Rp 10.000,- dikurangi

Pokok penjualan : 10 x Rp 500,- = Rp 5.000,-  dikurangi

Biaya operasional = Rp 1.000,-

Sehingga : Rp 10.000 – (Rp 5.000 + Rp 1000) = Rp 4.000,-

Contoh 2 :

PT Maju Sejahtera memiliki usaha penjualan tikar. Pada tahun 2019 jumlah uang yang masuk kas dari hasil penjualan tikar sebesar Rp 700.000.000,-.

Namun PT Maju Sejahtera juga memperoleh penghasilan dari luar usaha penjualan tikar yaitu dari sewa pickup yang digunakan untuk mengangkut tikar sebesar Rp 60.000.000,-

Jadi :

Revenue (Pendapatan) dari PT Maju Sejahtera adalah Rp 700.000.000,-

Bukan Rp. 760.000.000,-

Sebab Rp 60.000.000,- tidak termasuk operasional PT Maju Sejahtera

Sedangkan

Income (penghasilan) PT Maju Sejahtera bukan Rp 700.000.000,- karena masih dikurangi biaya produksi, upah kerja, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Sudah paham perbedaannya?

 

Apa Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp