08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Ada banyak jalan agar lebih sukses dalam membangun bisnis, salah satunya dengan bekerjasama yang saling menguntungkan. Bentuk kerjasama bisnis itu sendiri bisa berupa kepemilikan, kerja sama karena transaksi, pengelolaan harta/modal, jasa iklan, sponsorship, dll. Perhatikan hal-hal ini sebelum membangun kerjasama bisnis agar saling menguntungkan.

 

Apa Tujuan Kerjasama?

Hal pertama yang perlu Anda perjelas terkait kerjasama bisnis yang akan dijalankan adalah tujuan kerjasama yang ingin dijalin. Setelah mengetahui tujuan, tentukan langkah-langkah kerja yang mesti dilakukan setiap pihak. Melalui langkah-langkah tersebut, apa hasil akhir yang diharapkan? Jika itu berupa materi, bagaimana pembagian hasilnya? Tentunya Anda dan pihak partner juga harus menyetujui berapa lama kerjasama bisnis akan dijalankan.

Pada saat mulai membuat proposal bisnis, tentukan sistem yang diinginkan kedua pihak. Apakah sistem yang disepakati ini bersifat sementara, jangka pendek, atau berlanjut untuk jangka panjang. Pertimbangkan juga sistem bagi hasil yang mungkin akan mendukung perusahaan untuk jangka panjang.

 

Jenis Perusahaan yang Akan Bekerjasama

Saat Anda ingin menyusun proposal kerjasama untuk kolaborasi dalam bidang tertentu, hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah jenis perusahaan yang akan bekerjasama tersebut. Buat kerjasama yang mendukung peningkatan produktivitas dari masing-masing perusahaan dalam jangka panjang. Dengan bekerjasama dengan partner bisnis yang sesuai, tentunya tujuan kerjasama lebih mudah tercapai sesuai target. Kerjasama bisnis tak lain adalah tentang pencapaian visi yang besar. Karena itu memulai kerjasama dengan pihak lain yang performanya selama ini lebih baik dari Anda dalam bidang tertentu.

 

Survey Kebutuhan Pasar

Lakukan survey juga terkait kebutuhan pasar yang disesuaikan dengan produk yang Anda miliki. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan bahwa Anda bisa membangun kerjasama dengan perusahaan lain yang akan meningkatkan daya bisnis Anda. Misalnya saja, Anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang jasa bimbingan belajar online, maka Anda perlu bekerjasama dengan perusahaan lain yang menyediakan aplikasi pembelajaran.

 

Pelajari Tingkat Persaingan

Selanjutnya, hal yang seharusnya diperhatikan adalah tentang tingkat persaingan di pasar yang menjual produk atau jasa yang sejenis. Pengajuan kerjasama harus diterima oleh pihak lain, jika Anda ingin produk atau jasa Anda semakin memiliki daya saing di masyarakat.

 

Tunjukkan Bahwa Mereka Adalah Mitra Eksklusif

Sekarang, setelah Anda memiliki konsep yang lebih jelas tentang cara membangun kerjasama bisnis yang saling menguntungkan, usahakan jangan menjual diri Anda dengan berlebihan. Bagaimana maksudnya? Begini, saat Anda mengajar kerjasama pastinya harus menunjukkan keunggulan pihak Anda agar partner setuju bekerjasama.

Tapi, alangkah lebih baik fokuslah untuk mencapai ‘win-win solution’ untuk kedua belah pihak, dan jangan ragu untuk meminta feedback secara jujur dari pihak yang Anda ajak kerjasama. Ingatlah bahwa Anda menawarkan kepada perusahaan-perusahaan ini peluang baru. Untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda, beritahu setiap partner bahwa mereka adalah mitra eksklusif, meski Anda punya banyak partner.

Akeyodia sebagai lembaga pelatihan bisnis membuka kesempatan kerjasama bisnis, untuk mendukung setiap klien untuk bertumbuh, memiliki keselarasan dalam menjalankan bisnis sebagai individu dan tim. More info: 0811-265-2244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp