08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah dalam pelaksanaannya bisnis yang Anda bangun akan berjalan sesuai rencana? Dalam perjalanannya, akan ada rintangan yang akan menguji Anda. Banyak hal yang perlu Anda miliki dan kuasai demi kelancaran bisnis dan usaha yang Anda bangun. Selain memerlukan kemampuan yang mumpuni, Anda juga dituntut untuk memiliki sikap tangguh dan pantang menyerah. Sebab rintangan yang Anda hadapi akan membawa dua dampak, menjadi pebisnis yang handal atau justru menjadi pebisnis yang gagal.

Ketika Anda merintis sebuah bisnis atau usaha, artinya Anda sedang memulai untuk belajar. Sehingga banyak yang perlu Anda lakukan dan selesaikan. Misalnya menguji produk, menentukan target pasar, hingga melakukan pengembangan produk. Ketika Anda melakukan kesalahan dan gagal, jangan putus asa, sebab hal tersebut merupakan bagian penting dalam proses.

Namun apakah benar sebuah kesalahan akan membuat Anda belajar dan menjadi lebih produktif? Sayangnya jawabannya adalah belum tentu. Sebab tidak sedikit pebisnis yang justru suka mengulang kesalahan yang sama dan tidak dapat belajar dari kasus sebelumnya. Apa kesalahan yang seringkali dilakukan pebisnis pemula?

 

1. Tidak Belajar dan Asal Berinvestasi

Ada pebisnis yang cenderung langsung berinvestasi tanpa belajar, inilah kesalahan paling banyak dilakukan para pebisnis pemula. Mungkin Anda sering mendapatkan ide bisnis yang cemerlang dan luar biasa. Tapi semenarik apapun ide tersebut, Anda tetap perlu melakukan validasi. Lakukan validasi sebelum Anda menginvestasikan uang dan waktu Anda untuk mewujudkan ide bisnis Anda. Belajarlah untuk mengadaptasi apa yang konsumen potensial butuhkan. Anda juga dapat mengkonsultasikan ide bisnis Anda kepada Coach, ahli gizi, atau komunitas pengusaha.

 

2. Lama Merealisasikan Ide

Meskipun Anda harus belajar dan melakukan validasi, tetapi hal terpenting selanjutnya tentu saja adalah realisasi. Banyak pebisnis pemula yang gagal karena terlalu lama merealisasikan ide bisnisnya. Anda dapat mewujudkan ide bisnis Anda secara strategis. Fokus dan kembangkan produk Anda, kemudian luncurkan ke pasaran. Hal selanjutnya adalah amati bagaimana respon para konsumen. Ambil satu ide yang paling potensial untuk Anda bangun dalam satu waktu, karena jika membangun berbagai gagasan dalam satu waktu justru tidak akan optimal.

 

3. Tidak Tahu Kapan Harus Bertindak

Ketika Anda sudah melakukan validasi dan merealisasikan ide Anda, Anda bisa saja berhadapan dengan kondisi khusus. Anda dituntut untuk fleksibel dan mampu menentukan model bisnis baru untuk mencegah kegagalan. Beberapa pebisnis justru ada yang sukses ketika dia mampu beradaptasi dan mengubah jalan bisnisnya.

 

4. Tidak Peka Saran Bisnis yang Potensial

Saran dari orang lain bisa membuat bisnis Anda berhasil, bisa juga membuat bisnis Anda gagal. Sehingga Anda tidak dapat mengabaikan begitu saja saran-saran yang masuk. Perbanyak hubungan Anda dengan para pebisnis yang juga menekuni dan membangun industri yang sama. Pilihlah saran yang tepat dari para pebisnis yang bergerak di bidang usaha Anda.

 

5. Tidak Memikirkan Strategi Pemasaran

Apakah Anda adalah pebisnis yang berfikir bahwa ide bisnis akan berkembang sendiri? Sayangnya, sehebat apapun ide Anda, Anda tetap perlu memiliki strategi pemasaran. Anda dapat menguatkan pemasaran online, misalnya dengan mengoptimalkan search enginee agar produk Anda mudah ditemukan di internet.

 

6. Tidak Memikirkan Konsumen

Produk yang bagus, pemasaran yang fantastis, tetap tidak ada artinya jika Anda tidak mampu memberikan kepuasan pada konsumen. Untuk itu Anda perlu mengenali kebutuhan konsumen sebelum meluncurkan produk Anda, tujuannya agar konsumen merasa terpuaskan oleh produk Anda. Setelah konsumen menggunakan produk Anda, tugas Anda selanjutnya adalah tetap menjaga kepercayaan mereka.

 

7. Jaringan Bisnis Sedikit

Bukan rahasia jika kesuksesan juga bergantung pada orang-orang yang Anda kenal. Anda akan mendapatkan banyak peluang jika mampu bicara dengan konsumen, ahli industri, relasi bisnis, investor, dll. Untuk itu, Anda perlu memperluas jaringan bisnis Anda.

 

8. Mempekerjakan Tim yang Salah

Bagaimana orang-orang yang bekerja dengan Anda? Mampu mengimbangi ide dan arah bisnis Anda atau justru menghambat bisnis Anda? Meski Anda memiliki ide yang luar biasa, namun tanpa tim yang tepat, maka kesuksesan akan sulit diraih. Sebaliknya ketika Anda bekerja dengan tim yang memiliki banyak ide, maka akan mudah bagi Anda untuk maju meraih kesuksesan.

Sebagai seorang pebisnis, Anda berhak memilih siapa yang tepat dan mampu bekerja bersama Anda. Anda tentu tahu kemampuan apa yang Anda butuhkan untuk mendukung usaha dan bisnis Anda. Selamat membangun bisnis, semoga kesalahan-kesalahan di atas dapat Anda hindari.

 

Webinar Akeyodia

Berikut adalah dokumentasi kegiatan Webinar CSR bersama Rumah BUMN Rembang – yang mengusung tema “Metamorfosis Diri – Sukses dalam Bisnis dan Hidup Bahagia di Masa Pandemi”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 16 Agustus 2021, pukul 09.00 WIB – selesai.

Hubungi Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210 jika tertarik mengadakan webinar CSR dan training.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp