08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Percaya diri memang menjadi kewajiban bagi kita. Sebab dengan percaya diri, Anda akan lebih mudah tampil dan menjalankan impian dengan penuh keyakinan. Tetapi apa jadinya jika rasa percaya diri itu berlebihan atau overconfidence? Overconfidence justru membuat Anda kesulitan dalam bersosialisasi, dan menjadi alasan munculnya gangguan kepribadian narsistik atau Narcissistic Personality Disorder (NPD). Anda dapat mengenali apakah itu hanya rasa percaya diri atau overconfidence dengan mengenali dari hal-hal berikut:

 

#1. Teropsesi dengan Kekuasaan

Anda dapat mengetahui apakah rasa percaya diri atau overconfidence dengan melihat cara pandang dia terhadap kekuasaan dan pekerjaan. Anda perlu berhati-hati ketika ada perasaan terlalu terobsesi dan gila kekuasaan sehingga dapat melakukan hal yang amoral. Bisa jadi hal tersebut menandakan bahwa itu bukan rasa percaya diri, tetapi overconfidence yang memunculkan NPD.

 

#2. Merasa Diri Paling Penting

Anda juga dapat mengetahui apakah rasa percaya diri atau overconfidence dengan melihat bagaimana dia memandang dirinya. Ketika dia merasa paling penting dan spesial dalam kelompok, hingga membuat orang lain tidak nyaman, maka bisa jadi hal tersebut overconfidence yang muncul dari gangguan kepribadian.

 

#3. Mudah Bereaksi Negatif

Ketika seseorang sudah overconfidence dan mulai mengarah pada NPD, biasanya mereka mudah bereaksi. Misalnya mudah tersinggung, marah, dan melawan ketika ada yang berkata kasar menurut persepsinya.

 

#4. Angan-Angan Kosong

Setiap orang ingin menjadi sukses, namun mereka dengan NPD selalu menginginkan semua kesuksesan untuk dirinya. Sayangnya, dia tidak memberikan usaha yang optimal pada setiap mimpi yang dia harapkan. Mereka berfantasi dan berangan-angan tentang kesuksesan, dan jarang mampu meraihnya

 

#5. Berprasangka Terlalu Buruk

Ketika seseorang sudah overconfidence dan mulai mengarah pada NPD biasanya akan membuat jengkel orang lain. Mereka cenderung merasa orang melakukan sesuatu karena iri. Mereka juga tidak menganggap kebaikan yang sudah dilakukan orang lain kepadanya.

Ketika seseorang sudah overconfidence dan mulai mengarah pada NPD, mereka akan menetapkan tujuan yang tidak masuk akal. Mereka juga kurang peka terhadap perasaan orang lain dan selalu perfikiran negatif.

 

Hindari Semua yang Berlebihan

Semua yang berlebihan itu tidak baik, dan dapat menjebak Anda dalam situasi yang menyusahkan. Sama halnya dengan rasa percaya diri yang berlebihan atau overconfidence. Ketika Anda dan orang sekitar sudah merasa Anda bergejala overconfidence, Anda dapat langsung mencari ahli untuk menangani kecenderungan NPD yang dialami. Ketika overconfidence belum pada tahap yang membahayakan, Anda dapat melakukan hal-hal berikut:

 

-. Membuka Wawasan

Agar rasa percaya diri lebih positif dan bukan overconfidence, maka bergaul-lah, buka diri, dan perbanyak wawasan. Mengapa pergaulan perlu diperluas? Sebab lingkar pergaulan yang kecil akan membuat sesorang sudah merasa cukup dan bangga. Padahal di luar lingkupnya tentu ilmu dan wawasan lebih banyak lagi.

 

-. Mengambil Hikmah Dari Pencapaian Diri

Semua pernah berada di puncak kesuksesan. Ketika Anda tidak mampu mengelola kebahagiaan Anda, maka akan kepercayaan diri yang berlebihan. Agar tidak terjebak dalam overconfidence, maka ingatlah bahwa posisi Anda saat ini bukan hanya dari usaha yang Anda lakukan, tetapi juga karena ada bantuan orang lain.

 

-. Peka Terhadap Pendapat Sekitar

Banyak yang suka dengan orang yang semangat dan penuh percaya diri, namun bagaimana dengan orang yang overconfidence? Peka dan sadarilah bahwa overconfidence bukan sifat yang disukai, justru orang lain akan muak dengan sifat tersebut.

 

-. Paham Bahwa Ahlinya Ahli Pasti Ada

Tentu Anda pernah mendengar kalimat, “Di atas langit tentu saja masih ada langit lagi”. Ketika Anda memahami kalimat tersebut, Anda akan lebih bijak dan dewasa dalam bersikap. Sesukses apapun Anda, pasti ada yang lebih sukses dari Anda. Kesadaran ini akan mengontrol dan meminimalisir sifat overconfidence yang muncul dalam diri Anda.

Seseorang yang mengalami overconfidence tentu berkaitan erat dengan sifat sombong. Dan sifat sombong bukanlah sifat yang disukai oleh semua orang.

Kita dianjurkan untuk memiliki sifat percaya diri, tapi jangan sampai overconfidence dan membuat orang lain tidak nyaman. Gunakan waktu untuk introspeksi diri dan memaknai setiap kejadian.

Anda ingin melakukan sesi konsultasi offline maupun online? Hubungi kami di 08112652244 atau 08112652210.

Begini Cara Tetap Percaya Diri dan Terhindar dari Rasa Overconfidence




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp