08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anak adalah pembelajar alami dan memiliki kemampuan yang cepat dalam menangkap hal-hal disekitarnya. Anak akan meniru perilaku orang tuanya. Maka sebisa mungkin Anda selalu menunjukkan perilaku yang baik. Sebagai orang tua, Anda adalah guru pertama bagi mereka. Anda adalah orang yang menuntun anak untuk menentukan mana yang baik dan buruk. Banyak Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik untuk anaknya.

Mendidik anak bukanlah perkara mudah. Kesalahan orang tua dalam menerapkan pola asuh dapat memengaruhi perilaku anak. Sehingga, penting bagi orang tua untuk mempelajari prinsip pendidikan yang benar agar bisa membentuk karakter positif pada anak.

 

Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik

Lalu bagaimana Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik?

Cara yang tepat adalah menerapkan pola asuh yang dapat membantu menumbuhkan rasa kepedulian, kejujuran, kemandirian, dan keceriaan pada diri anak. Cara pendidikan yang baik juga dapat mendukung kecerdasan anak dan melindungi anak dari rasa cemas, depresi, dan pergaulan bebas.

Berikut adalah Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik yang dapat Anda terapkan :

 

#1. Menjadi Panutan

Anak akan meniru apa yang orang tua lakukan. Oleh karena itu, menjadi panutan adalah salah satu Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik anak. Ketika Anda ingin menanamkan karakter positif, berilah contoh pada mereka. Ketika Anda selalu berkata jujur, berperilaku baik dan santun terhadap orang lain di depan Anak Anda, maka anak juga akan berperilaku demikian.

 

#2. Sayangi Bukan Berarti Memanjakan

Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik bukan dengan memanjakannya. Mungkin terkadang Anda tidak sadar bahwa selama ini selalu menuruti kemauan anak. Mulailah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Misalnya, ketika anak menangis atau tantrum karena ingin menonton televisi padahal sudah waktunya tidur malam, maka jangan mudah menurutinya. Mendisiplinkan anak juga merupakan bentuk kasih sayang yang dilakukan orang tua dalam membentuk karakter pada anak.

 

#3. Ada Waktu Luang untuk Anak

Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik adalah dengan memberikan waktu luang untuk bertukar cerita. Anak yang kurang mendapatkan perhatian dapat melakukan tindakan tidak baik. Biasanya, mereka melakukan tindakan itu untuk mendapatkan perhatian. Jadi, sesibuk apa, selalu luangkan waktu untuk terlibat dalam kehidupannya. Bukan berarti Anda harus terus di sampingnya. Misalnya meluangkan waktu untuk menjalin kegiatan berkualitas, seperti sarapan bersama, mengantarnya ke sekolah, datang ke setiap acara yang dilakukan anak, atau berbincang sebelum tidur.

 

#4. Menumbuhkan Kemandirian Anak

Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik adalah dengan menumbuhkan kemandirian anak. Melatih anak mandiri dapat ditanamkan dengan cara memberikan kepercayaan, kesempatan, dan apresiasi. Contohnya adalah mengajarkan anak untuk merapikan mainan atau tempat tidurnya sendiri. Belajar mandiri tidak mudah bagi anak. Jadi, tunjukkan apresiasi pada setiap usahanya.

 

#5. Jelaskan Peraturan di Rumah Beserta Alasannya

Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik adalah dengan membuat peraturan di rumah. Peraturan bisa membantu anak belajar mengendalikan diri dan membedakan perilaku baik dan buruk. Namun saat membuat peraturan, jelaskan alasan mengapa peraturan tersebut dibuat. Contohnya, menggunakan listrik seperlunya untuk menghemat biaya.

Cara Bagi Orang Tua untuk Mengajari Perilaku yang Baik adalah dengan konsisten. Pastikan Anda konsisten dalam menerapkan peraturan yang dibuat. Jika tidak konsisten, anak akan merasa bingung dan meremehkan peraturan tersebut.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Untuk memahami tentang Menemukan bakat Anak silakan cek video kami :  “ Ways to Identify Talent in Your Children | CARA MENEMUKAN BAKAT ANAK SEJAK DINI 100% VALID”.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp